8 Kuliner UNIK di berbagai negara!

8 Kuliner UNIK di berbagai negara!

Kuliner Unik di berbagai negara

8 Kuliner UNIK di berbagai negara

FoodPandaSummer Travel Blogger Contest

Apakah kuliner unik di berbagai negara, paling menjijikkan, paling bikin ngiler, atau bahkan kuliner paling aneh yang pernah anda makan?

Belum jadi foodie beneran doong, hehe, kalo nggak berani nyobain makanan yang aneh, unik, atau bahkan terlihat menjijikkan. Banyak budaya & kuliner di negara lain, tidak ada salahnya kita mencoba kuliner unik di berbagai negara yang terasa asing bagi kita, padahal makanan tersebut umum dimakan oleh penduduk lokal.

Sedikit berbagi dari pengalaman kuliner Liburan Murah menuju ke beberapa negara di sekitar Asia, seperti di Filipina, India, China, dan Turki. Saya bagi menjadi 3 bagian (PART 1-2-3), yaitu bagian pertama yang mungkin bagi sebagian orang sedikit “menjijikkan” & bikin tidak selera makan, hehe. Bagian kedua kuliner yang dari tampilannya mungkin biasa saja, tapi rasanya cukup nano-nano alias beraneka rasa / full of flavour! Sedangkan bagian ketiga dari kuliner unik, yaitu yang rasanya yummy, taste like heaven!

PART 1: YAIIKS!

Kuliner yang bikin sebagian orang tidak selera makan, mungkin dari tampilannya yang ekstrem ala fear factor, sedikit “menjijikkan”, padahal belum tentu juga tidak enak 🙂

Tamilok – Filipina

Salah satu kuliner yang menurut saya paling aneh bentuknya. Tamilok ini semacam cacing laut, makanan khas di Puerto Princesa.

Kelihatannya aja menjijikkan & bikin ngeri, padahal rasanya woow, enyaaak, mirip seperti oyster!

Tamilok

Lechon Kawali – Filipina

Olahan makanan dengan bahan dasar babi ini merupakan makanan khas orang lokal di Filipina. Yang terlihat menakutkan, yaitu tampilan kepala babi di depan depot / resto di Manila, yang dapat membuat sebagian orang ilfil, tidak nafsu makan. Mungkin mirip seperti tampilan di depot babi guling kalau kita ke Bali..

Lechon Kawali

Sate Kalajengking – China

Paling bikin bergidik kalo kita mampir ke Wang Fu Jing street food di Beijing. Bisa cobain sate kalajengking, sekaligus untuk test keberanian, daripada penasaran gimana rasanya. Saya kasih tau saja, rasanya biasa saja, renyah-renyah gurih asin, karena sudah digoreng super kering.

Sate Kalajengking

PART 2: WOOW!

Kuliner yang buat lidah menjadi menari-nari, rasa masakan yang enak, unik terkadang malah aneh, karena bumbu yang beraneka ragam. Mulai dari campuran bumbu yang full of flavour, sampai rasa makanan yang mix, antara asem, kecut, asin, nano-nano deh rasanya!

 

Indian Thali – India

Indian Thali yaitu masakan India, berupa Indian Platter satu piring besar yang isinya bermacam-macam, dengan berbagai saus terbagi menjadi beberapa mangkok kecil. Rasa beraneka ragam, dengan campuran berbagai bumbu yang kaya rempah-rempah khas India.

Indian Thali

Iskender Kebab – Turki

Sebenarnya Iskender Kebab termasuk salah satu olahan Kebab Turki. Tapi karena rasanya yang unik dengan campuran antara Turkish yoghurt, daging domba & aneka sayuran – asam kecut asin – nano-nano rasanya!

Iskender Kebab

PART 3: YUMMY!

Kuliner yang enak, taste unik & berasa sangat lezaat di lidah!

Kebab Turki

Kalo mengingat kebab di Turki, paling bikin ngiler! Tahukah anda, ada beraneka ragam olahan kebab di Turki, ada chicken kebab yang berbentuk potongan ayam berbumbu yang sudah dibakar (BBQ), kebab berkuah di dalam pot, sampai dengan kebab bola daging (meat balls) yaitu kofte kebab.

Kebab Turki Chicken Kebab Kofte Kebab

Bebek Peking – China

Bebek Peking di Beijing – China ini merupakan salah satu makanan paling enak bagi saya! Sangat empuk dengan bumbu khas Beijing.

Bebek Peking

Turkish Breakfast – Turki

Selain enak, breakfast di Turki ini termasuk sarapan paling sehat yang pernah saya makan! Makan pagi khas orang Turki, yaitu berupa:

  • Roti / ekmek
  • Jam / selai, & madu
  • Keju, butter, & yoghurt
  • Olives, Tomat & Timun
  • Daging (cold meat)
  • Telur
  • Juice
  • Tea / Cay or Coffee

Turkish Breakfast

Semua kuliner unik di berbagai negara di atas sudah pernah saya coba & rasakan sendiri berdasarkan pengalaman traveling ke luar negeri. Kalo bisa mendapatkan hadiah lomba FoodPanda ini, mungkin saya akan mencoba kuliner Asia lain yang belum pernah saya coba, seperti sushi di Jepang, atau kimchi di Korea mungkin? 🙂

2 Comments

  1. adi pradana
    Sep 01, 2015 @ 05:54:43

    Sate kalajengking, ngeri banget. bagaimana dengan racun yang dimilikinya. apakah sudah ilang…

    Reply

    • andykristono
      Sep 01, 2015 @ 06:22:24

      Keliatannya sudah bro Adi, saya ikut makan, sampai sekarang masih sehat walafiat, hehe.. 🙂

      Reply

Leave a Reply