8 Tempat Wisata Gratis di Hongkong

8 Tempat Wisata Gratis di Hongkong

8 Tempat Wisata Gratis di Hongkong!

Untuk anda yang sudah beberapa kali ke Hongkong, mungkin bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, seperti the Peak, Ocean Park, atau Hongkong Disneyland. Berikut coba saya ulas tentang alternatif tempat wisata gratis di Hongkong, mulai dari melihat view di roof top bangunan tinggi di Hongkong, sampai dengan rute trekking di berbagai gunung & bukit di Hongkong.

Dalam tahun lalu setelah mendapatkan tiket murah ke Hongkong untuk keberangkatan awal tahun 2016 ini, saya coba googling mencari alternatif tempat wisata gratis di Hongkong. Situs resmi tourism Hongkong sangat membantu saya dalam mencari tempat wisata di Hongkong yang sangat lengkap, termasuk dengan cara menuju ke tempat wisata tersebut.

Tempat Wisata Gratis di Hongkong - Pemandangan Roof Top Hongkong

(1) FREE! Roof Top Hongkong

Beberapa roof top bangunan maupun mall di Hongkong yang menawarkan fasilitas melihat pemandangan secara gratis, antara lain:

  • Roof Top dari Bank of China, yang ini saya belum sempat pergi.
  • Roof Top Two IFC Tower: tepatnya berada di bagian Hong Kong Monetary Authority (HKMA). Caranya kita menuju lobby HKMA di gedung Two IFC lantai dasar, kemudian mendaftar dulu dengan membawa paspor. Baru kemudian kita diberi pass masuk untuk naik lift ke lantai 55 Two IFC, yaitu di Exhibition Area HKMA. Tidak ada biaya untuk melihat pemandangan dari HKMA dan kita bisa bebas berada di sini, tidak dibatasi oleh waktu. Dengan Star Ferry: anda bisa naik Star Ferry menuju ke Central. Setelah sampai jalan kaki sepanjang jembatan. Pada sisi kanan jalan nanti akan terlihat entrance masuk menuju ke IFC Mall. Dengan MTR: Central station Exit A2. IFC 55/F, Two International Finance Centre.
  • Roof top garden IFC Mall: selain roof top di Two IFC lantai 55, juga terdapat roof top di IFC Mall. Tidak terlalu tinggi, tapi kita bisa melihat pemandangan ke arah laut & Kowloon. Enaknya kita bisa duduk-duduk di taman roof top sambil melihat pemandangan. Sebelumnya anda bisa membeli camilan di supermarket City Super di IFC Mall, baru kemudian naik ke roof top ini. Transportasi Star Ferry atau MTR sama dengan Two IFC di atas.

Taman di Hongkong

(2) FREE! Theme Park, Playground & Taman di Hongkong

Banyak fasilitas playground gratis di taman-taman di Hongkong. Selain itu ada juga theme park gratis. Meskipun tidak terlalu besar, tapi cukup bisa menyenangkan anak-anak 🙂 Yang menurut saya cukup menarik yaitu:

  • Snoopy World: ternyata ada juga theme park gratis di Hongkong, yang mengambil tema Snoopy. Semua tentunya tahu karakter Snoopy kan? Lebih mirip seperti playground, permainan yang tersedia cuma 1 macam saja. Tapi kita bisa berkeliling Snoopy World ini sambil berfoto dengan berbagai karakter Snoopy. Apabila naik MTR, anda bisa turun di MTR Sha Tin Station, Exit A, yaitu di New Town Plaza Shopping Mall.
  • Avenue of Comic Characater Kowloon Park: semacam icon patung-patung dari komik terkenal di Asia. Cukup menarik untuk ber-foto ria, sambil berjalan-jalan di taman Kowloon. Transportasi ke Kowloon Park: MTR Tsim Sha Tsui Station, Exit A1.
  • Berbagai taman di Hongkong juga menarik untuk dikunjungi. Seperti Kowloon Park dengan Discovery Playground, kemudian Hongkong Park dengan Museum of Teaware, dan untuk keluarga anda yang senang melihat binatang, bisa main ke Hong Kong Zoological and Botanical Gardens.

Berbagai fasilitas gratis untuk anak & keluarga lainnya, anda bisa cek di website www.sassymamahk.com, salah satu website yang membantu saya untuk memilih berbagai lokasi wisata yang menarik untuk anak & keluarga saya 🙂

Museum di Hongkong

(3) FREE! Museum Day!

Setiap hari Rabu, anda bisa masuk gratis ke sebagian museum di Hongkong tanpa perlu membayar tiket. Sayangnya waktu saya ke sana, museum of Art & Space Museum Hongkong lagi direnovasi sampai dengan tahun depan kalo tidak salah. Jadi hanya sempat masuk ke Science Center Hongkong & Hongkong Museum of History. Kelihatannya 2-3 tahun lagi harus balik lagi deh :p

Lantau Peak dari Wisdom Path

(4) FREE! Trekking & Pemandangan Alam

Yang terkenal yaitu rute trekking Shek O Peak atau disebut juga Dragon’s Back. Selain itu apabila anda mampir ke Lamma Island, bisa mencoba trail hiking di pulau Lamma ini. Sayangnya saya membawa anak kecil, jadi tidak memungkinkan untuk mencoba salah satu rute trekking tersebut. Yang saya coba hanya rute trekking menuju ke Lantau Peak. Tidak sampai ke Lantau Peak, hanya berhenti sampai di Wisdom Path saja, tapi kita sudah bisa melihat puncak Lantau yang indah. Apabila anda suka hiking-trekking dan melihat pemandangan alam, banyak rute trail di Hongkong yang bisa anda coba.

Untuk anda yang senang dengan pemandangan alam yang unik, anda harus mencoba mampir ke Geopark di Hongkong. Selain itu masih ada beberapa nature park & country park lainnya di Hongkong yang bisa anda kunjungi.

Semua rute trekking & nature park di Hongkong, bisa anda lihat di sini:

(5) FREE! Trekking Sejarah – Bangunan Bersejarah

Ada berbagai rute trek berjalan kaki keliling area kota lama yang bersejarah di Hongkong, mulai dari berbagai kuil sampai dengan kampung bersejarah. Seperti misalnya Lung Yeuk Tau Heritage Trail di mana anda akan merasakan kilas balik sejarah klan Tang, salah satu dari lima marga terbesar di New Territories. Apabila anda berminat untuk mencoba berbagai rute trek bersejarah di Hongkong, bisa lihat di: Hongkong Walks

Temple Kuil di Hongkong

(6) FREE! Temple – Kuil di Hongkong

Ada banyak temple di Hongkong yang bisa anda kunjungi. Yang terkenal adalah Ten Thousand Buddha Monastery & Chi Lin Nunnery and Nan Lian Garden di Diamond Hill. Keduanya belum sempat saya kunjungi, tapi sudah masuk dalam catatan saya apabila lain kali balik lagi ke Hongkong. Transportasi ke Diamond Hill: MTR Diamond Hill Station Exit C2, ikuti petunjuk jalan dan jalan kaki sekitar 5 menit.

Pantai di Hongkong

(7) FREE! Pantai di Hongkong

Siapa sangka, ternyata di Hongkong ada pantai juga lho! Dari beberapa pantai, yang paling terkenal menurut saya yaitu Repulse Bay. Pantai yang unik, dengan adanya gedung apartment tinggi di belakang dan kuil Kwan Im di pinggir pantai, menawarkan pemandangan pantai yang indah dikelilingi bukit. Perpaduan antara sisi Hongkong yang modern dengan berbagai gedung apartment, dan sisi tradisional yang masih terjaga, dengan adanya kuil Kwan Im di tepi pantai. Cukup menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga.

Big Budha di Lantau Island

(8) Hoping Island

Hoping island atau mengunjungi beberapa pulau di sekitar Hongkong ini tentunya anda harus membayar biaya ferry antar pulau, atau menggunakan transportasi MTR & bus untuk pulau yang sudah tersedia jembatan & jalur MTR seperti misalnya ke Lantau Island. Tapi setelah itu anda dapat berkeliling tempat wisata di pulau-pulau tersebut, dengan sebagian tempat wisata yang FREE, alias tidak perlu bayar. Yang ingin saya tuju lain kali antara lain keliling pulau Cheung Chau yang terkenal dengan Mini Great Wall. Selain itu masih ada pulau Lamma, & pulau Ma Wan yang terkenal dengan theme park bertema religius, Noah’s Ark. Di sini kita harus bayar tiket masuk menuju ke theme park Noah’s Ark. Masih ada beberapa pulau lain di sekitar Hongkong, anda bisa lihat di website resmi tourism Hongkong.

Situs Resmi Wisata Hongkong

Nah, untuk anda yang sudah tidak sabar menuju ke tempat wisata gratis di Hongkong & masih bingung cara menuju ke sana, di blog ini memang tidak semuanya saya tulis secara detail. Caranya mudah saja, anda tinggal main ke website tourism resmi Hongkong www.DiscoverHongkong.com kemudian lihat di bagian kanan atas, ada tulisan “Ketik kata kunci untuk mencari ……”. Tinggal anda ketikkan tempat wisata yang ingin anda tuju dan voilaaa, tempat wisata tersebut akan langsung muncul di website DiscoverHongkong lengkap dengan cara menuju ke tempat tersebut, apakah bisa dengan MTR atau bus di Hongkong.

Selebihnya untuk tempat wisata lain di Hongkong, anda bisa cek di website resmi tourism HK tersebut. Untuk yang membawa anak, selain SassyMamaHK di atas, situs ini juga bisa membantu anda: www.hkwithkids.com

Leave a Reply