Antrian Online Membuat Paspor Sendiri

Antrian Online Membuat Paspor Sendiri

Cara Antrian Online Membuat Paspor Sendiri

Antrian Online Membuat Paspor Sendiri

Di tahun 2017 ini, antrian online membuat paspor sendiri jauh lebih mudah ketimbang sebelumnya. Berikut langkah-langkah saya membuat paspor sendiri, mulai dari antri pagi hari (sekarang sudah tidak perlu) sampai dengan paspor jadi.

Langkah Pertama – Antrian Online Membuat Paspor Sendiri

Saya antri mulai pagi hari yaitu di jam 4 pagi, untuk antri nama dahulu di kertas yang sudah disediakan di depan kantor imigrasi Juanda Surabaya. Nomer yang saya dapatkan yaitu di kisaran nomer 20. Tepat jam 5 pagi, kita mulai masuk ke dalam kantor imigrasi dengan melakukan finger print oleh masing-masing pemohon paspor yang bersangkutan & diberikan nomer antrian CS. Jam 6.30 mulai dilakukan pengecekan berkas oleh CS, untuk kemudian jam 8 mulai dilakukan pemanggilan oleh petugas foto & wawancara.

Cara ini sekarang sudah tidak perlu lagi, karena kita bisa antri secara online yaitu di website imigrasi berikut ini: https://antrian.imigrasi.go.id atau bisa install apps yang dapat diunduh di Google Playstore melalui HP Android kita, yaitu Aplikasi Antrian Paspor. Di sana kita dapat mendaftar antrian paspor, sesuai dengan tanggal dan waktu yang kita pilih (apabila tersedia)

Langkah Kedua Datang ke Kantor Imigrasi – Antrian Online Membuat Paspor Sendiri

Datang ke kantor imigrasi sesuai waktu yang Anda pilih dalam Aplikasi Antrian Paspor, atau sesuai antrian manual Anda. Tinggal bawa data sesuai kelengkapan. Data apa saja yang dibutuhkan untuk persyaratan paspor biasa? Bisa dicek di sini: http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/paspor-biasa#persyaratan

Sedangkan untuk fotokopi, harap sediakan fotokopi dari setiap data asli tersebut yang berukuran kertas A4. Siapkan juga 1 meterai Rp. 6.000,- untuk penggantian paspor dewasa dan 2 meterai Rp. 6.000,- untuk penggantian paspor anak.

Apabila semua data sudah siap, tinggal duduk tenang dan setelah dipanggil sesuai antrian untuk pengecekan data, kita mendapatkan nomer baru untuk antrian wawancara dan mengambil foto untuk paspor. Jangan lupa lengkapi data Anda sesuai persyaratan, karena akan langsung ditolak apabila salah satu persyaratan tersebut tidak lengkap. Selain itu jangan lupa menyebutkan pembuatan paspor biasa atau e-paspor, karena ada stempel khusus di map untuk e-paspor ini. Setelah wawancara & foto, kita akan diberikan kertas tanda terima, untuk membayar biaya paspor di bank.

Langkah Ketiga Membayar di Bank – Antrian Online Membuat Paspor Sendiri

Berikutnya kita tinggal membayar di bank. Untuk bank persepsi apa saja yang dapat kita gunakan untuk membayar paspor, dapat dilihat di infografis di bawah ini:

Antrian Online Membuat Paspor Sendiri

(infografis bank dari kantor imigrasi Sukabumi)

Langkah Keempat Mengambil Paspor – Antrian Online Membuat Paspor Sendiri

Terakhir, kita dapat menanyakan by whatsapp (untuk kantor imigrasi di Surabaya) apakah paspor kita sudah jadi. Apabila paspor kita sudah selesai sekitar 7-14 hari, siapa saja yang dapat mengambil paspor tersebut? Kantor imigrasi sudah membuat kemudahan, misalnya saja paspor milik orang tua yang satu KK (Kartu Keluarga) dengan anak. Orang tua tersebut tidak perlu mengambil paspor sendiri, tapi bisa diwakilkan oleh siapa saja, syaratnya harus keluarga yang berada dalam 1 KK (Kartu Keluarga).

Loket Pengambilan paspor mulai buka pukul 13.00 sampai 15.30. Khusus hari jumat sampai jam 16.00.

Nomer whatsapp imigrasi Surabaya: +62 813-3044-2586

Mudah sekali bukan cara antri online membuat paspor sendiri? Bravo untuk kantor imigrasi, sudah membuat sistem baru yang sangat memudahkan bagi pemohon paspor. Semoga dengan semakin banyak orang yang pergi ke luar negeri, pemikiran bangsa Indonesia akan semakin terbuka terhadap perbedaan, dan tentunya akan semakin maju! 🙂

Leave a Reply