Cara Mengajukan Aplikasi Visa Korea Selatan

Cara Mengajukan Aplikasi Visa Korea Selatan

Cara Mengajukan Aplikasi Visa Korea Selatan

Bagaimana tips and tricks rahasia sukses mengajukan aplikasi visa ke Korea Selatan agar disetujui baik untuk kepentingan liburan, wisata, jalan-jalan, traveling, ataupun keperluan lainnya? Chitika – salah satu member di TravelHemat.com – menuliskannya untuk Anda.

Traveling hemat dan mandiri ke Korea Selatan belakangan ini semakin marak dan populer untuk sebagian masyarakat Indonesia. Saya juga baru saja berhasil mendapatkan Visa Korea Selatan melalui Kedubes Korea Selatan di Jakarta, dan untuk itu saya hendak membagikan beberapa kiat sukses agar aplikasi kita diterima dan disetujui.

Proses aplikasi visa berlangsung cukup cepat, yakni antara 3-5 hari kerja saja. Anda bisa mengajukan aplikasi secara langsung ke Kedubes Korea Selatan di Jakarta. Biaya aplikasi visa Rp 430.000 (tidak dikembalikan kalau aplikasi visa ditolak).

Syarat aplikasi adalah harus menyertakan paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan sejak hari keberangkatan. Kemudian sertakan juga pas foto terbaru 4×6 cm dengan latar belakang putih.

Yang tak kalah penting adalah melampirkan bukti keuangan pribadi selama 3 bulan terakhir dengan saldo yang mencukupi (tergantung dengan durasi perjalanan yang hendak dilakukan).

Jika Anda sudah bekerja, sertakan surat keterangan kerja dari perusahaan. Jika Anda belum bekerja (masih bersekolah), surat keterangan dari sekolah atau universitas dalam bahasa Inggris juga menjadi salah satu persyaratan lainnya.

Nah, untuk yang sudah bekerja, biasanya juga dimintai bukti pembayaran pajak tahunan (SPT) dan NPWP. Ini persyaratan yang tidak tertulis di situs resmi kedubes Korea Selatan.

Hal lainnya lagi yang mutlak harus disiapkan saat memasukkan aplikasi visa adalah tiket pesawat udara pulang pergi dengan status yang sudah ‘Confirmed’.

Selanjutnya, Anda juga diminta menyerahkan rencana perjalanan harian selama di Korea Selatan, mau ngapain aja dan mau mengunjungi mana saja. Untuk hal yang satu ini, saya beruntung banget telah dibantu oleh tim dari TravelHemat.com setelah saya membaca salah satu serial ebooknya (dalam bahasa Indonesia) yang sangat membantu sekali dalam penyusunan rencana perjalanan saya, yakni serial ebook TravelHemat Korea.

Cover TH Korea 400 white

Kemudian, Anda juga harus menyertakan bukti pemesanan penginapan yang statusnya juga sudah ‘Confirmed’. Untuk pemesanan penginapan HOTEL MURAH, saya mencarinya melalui situs http://www.CompareHotelOnline.org (ini situs bagus sekali karena kita bisa langsung membandingkan harga-harga hotel murah meriah di berbagai kota di seluruh dunia).

Sementara untuk jenis penginapan type HOSTEL MURAH, saya mencarinya di sini. Enaknya kalau melakukan pemesanan hostel via link tersebut adalah bahwa kita hanya cukup membayar DP 10% saja dari harga totalnya untuk bisa mendapatkan bukti konfirmasi pemesanan penginapan, sementara sisanya bisa dilunasi saat tiba di hostel yang bersangkutan. Hal ini sangat membantu agar resiko kerugian secara finansial bisa diminimalisir apabila aplikasi visa kita ditolak oleh pihak kedutaan.

Nah, satu hal lagi yang sebenarnya tidak masuk dalam persyaratan visa, tetapi kerap kali saya lakukan untuk mempermulus proses persetujuan visa adalah dengan membeli ASURANSI PERJALANAN. Memang belum banyak orang yang mengetahui tentang hal ini, namun sesungguhnya, setelah beberapa kali saya mempraktekkan pembelian ASURANSI PERJALANAN saat memasukkan aplikasi visa ke beberapa kantor kedutaan besar asing di Indonesia, terbukti aplikasi visa saya selalu disetujui. Mungkin dengan adanya polis asuransi perjalanan yang sesuai dan memadai, pihak kedutaan besar menganggap kita sebagai traveler yang serius dan sudah memikirkan matang-matang rencana perjalanannya. Sehingga pihak mereka (negara tujuan) tidak beresiko menanggung biaya pengobatan ataupun ganti rugi yang bisa saja terjadi ketika kita sedang berada di wilayah negara mereka dan mengalami kecelakaan, sakit atau kehilangan barang…

5 Comments

  1. Andy Kristono
    May 31, 2011 @ 02:08:12

    Thanks p. Agung, sudah bersedia menulis di Liburan Murah.. Info’nya sangat membantu, buat yg ingin pergi jalan sendiri ke Korea, termasuk saya, hehehe.. 🙂

    Reply

  2. bewen
    Sep 01, 2011 @ 12:47:21

    kalau uang yang ada ditabungan, yg dikatakan relatif itu berapa ya kira-kira agar visa di approve? thanks

    Reply

  3. travelhemat
    Sep 02, 2011 @ 02:22:22

    Hi Bewen,

    utk saldo tabungan sih sekitar Rp 50 jutaan udah cukup utk apply visa korea. namun yang lebih penting adalah bahwa sudah harus ada tiket pesawat pp, bukti pemesanan penginapan, rencana perjalanan dan asuransi perjalanan (sangat membantu utk approval visa) ketika memasukkan aplikasi ke kedubes korea.

    saya sarankan sih Anda baca ebook TravelHemat Korea utk tahu lebih detil tentang merencanakan perjalanan ke Korea ini di http://www.mycheaptravel.info

    ntar kalau setelah membaca ebook korea dan ada yang hendak dikonsultasikan lebih lanjut, bisa manfaatkan fasilitas konsultasi gratis yang disediakan di sana…

    thanks,

    Agung – TravelHemat

    Reply

  4. Febie
    Apr 14, 2012 @ 12:01:35

    kalo misalnya posisi kita sebagai karyawan, trus lampirin surat keterangan kerja / surat sponsor perusahaan, itu apakah pihak embassy bakal telp/hubungi perusahaan tempat kerja kita ya ? maksudnya buat memastikan gitu… padahal sdh ada bukti SPT Tahunan kita pribadi yg mencantumkan nama perusahaan sebagai pihak terpotong, trus juga ada SIUP perusahaan. itukan sdh cukup kuat membuktikan kita karyawan disitu. kira2 apakah pihak embassy masih melakukan penyelidikan ? hehehe…. thanks…

    Reply

    • andykristono
      Apr 16, 2012 @ 03:45:44

      Bisa jadi pak/bu. Jadi sebaiknya menyiapkan data yang akurat & terpercaya..

      Reply

Leave a Reply