Berbagai cara Liburan ke China dengan harga murah..

Berbagai cara Liburan ke China dengan harga murah..

wall photo fb3 Berbagai cara Liburan ke China dengan harga murah..Terinspirasi dari keinginan salah satu teman untuk pergi ke negeri China, maka saya coba merangkum tulisan saya, untuk membantu teman-teman Liburan Murah yang ingin berlibur ke China dengan biaya murah..

Ada 2 alternatif untuk bisa berlibur ke China dengan biaya murah, yaitu:

1. PERGI BACKPACKING / JALAN SENDIRI KE CHINA

Sekarang ini banyak alternatif penerbangan, yaitu bisa dengan:

1. Air Asia yaitu ke :

* Tianjin, trus ke Beijing bisa naik kereta api cepat..

* Hangzhou, trus ke Shanghai bisa naik bus / kereta api cepat..

* Guilin dan Guangzhou..

Untuk Air Asia sendiri, biasanya untuk keberangkatan ke China harus melalui Kuala Lumpur, jadi jadwal flight harus kita atur terlebih dahulu dengan penerbangan dari Indonesia ke Kuala Lumpur..

2. China Eastern Airlines (penerbangan asal China), yang berangkat dari Singapore / Bandara Changi, ke hampir semua kota besar di China..

Naah, untuk keberangkatan yang langsung dari Indonesia ke kota di China, ada berbagai pesawat juga, tapi biasanya sudah lumayan mahal (kecuali kalau pas ada promosi dari airlines tertentu, cuman untuk promosinya sendiri sangat jarang).

Kalau alternatif airlines / penerbangan murah dari Indonesia ke Hongkong, bisa coba Mandala Airlines. Sering promosi juga di website. Misalnya untuk promosi beberapa bulan yang lalu, tiket pesawat Jakarta-Hongkong cuman Rp. 30 ribu sekali jalan !!

Untuk hotel nantinya kita bisa booking dengan Agoda.com atau Asiarooms.com.Atau kalau yang website asli dari negara China, bisa coba booking hotel, flight, tour dll di Travel China Guide, alamat website di: http://www.travelchinaguide.com. Website lain yang sangat membantu untuk perjalanan kita ke China yaitu China Trip, alamat website di: http://english.ctrip.com

Untuk pergi jalan2 di China, kita bisa membawa peta (dibaca=HARUS membawa peta, karena orang di China agak “sulit” apabila kita mau bertanya tentang jalan), dan membaca informasi dari buku Lonely Planet, atau e-book dari Travel Hemat.

2. IKUT TOUR KE CHINA

Untuk harga tour ini sendiri, apabila ingin mendapatkan harga murah, bisa dengan 2 cara:

* Ikut tour dari Indonesia.

Untuk ini, maka kita harus mencari waktu yang tepat. Salah satu cara yaitu ikut tour dengan pesawat charteran, biasanya berangkat dari Bali, yaitu pesawat yang dipakai untuk mengantar turis China yang hendak pergi ke Bali.

Agent tour Indonesia yang sering mengadakan tour murah ke China yaitu TX Travel.

* Ikut tour dari Singapore.

Naah, kalo ini bisa kapan saja, karena range harga waktu high season dengan low season juga tidak terlalu terpaut banyak. Tapi kalo mau yang benar-benar murah, utamakan keberangkatan tour dari Singapore di bulan Februari dan Agustus.

Beberapa agent tour yang lumayan bagus dan terpercaya (menurut pengalaman saya dan beberapa teman di Singapura), yaitu:

* Chan Brothers.

* Dynasty Travel.

* CTC (Commonwealth Travel Service)

Naah, pertimbangan kapan kita jalan sendiri, atau kapan kita ikut tour ?

Ada beberapa pertimbangan kalau menurut saya:

1. Apakah kita travelling dengan teman, keluarga (anak kecil), atau orang tua ?

Kalau travelling dengan teman, mungkin kita akan enjoy aja jalan sendiri tanpa ikut tour, meskipun agak sedikit tersesat, dan tanya jalan sana-sini. Tapi kalau kita travelling dengan anak kecil atau orang tua, perhatikan tingkat kerepotannya. Karena agak kasihan juga apabila kita mengajak anak kecil/orang tua, sementara kita masih harus mencari-cari jalan di peta.

2. Ke daerah mana yang hendak kita tuju di China ?

Untuk beberapa kota besar dan sekitarnya di China, yaitu misalnya di Beijing, Shanghai, Guangzhou, atau Hongkong, sudah tersedia moda transportasi yang cukup lengkap, sehingga kita tidak perlu kuatir tersesat, dan rute perjalanan yang hendak dituju pun cukup mudah, tidak terlalu sulit.

Tetapi kalau kita ke daerah seperti Yunnan atau Jiuzhaigou, yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah, rasanya cukup sulit juga kalau kita tidak ikut tour. Karena area yang cukup luas, sedangkan tranportasi di daerah tersebut juga belum memadai.

3. Apakah anda bisa bahasa Mandarin / Chinese / Inggris ?

Nah, ini yang terakhir, tetapi juga termasuk salah satu unsur penting kalau anda mau ke China. icon smile Berbagai cara Liburan ke China dengan harga murah..

Selain Beijing dan Shanghai yang masih ada petunjuk jalan dalam bahasa Inggris, bepergian sendiri ke kota lain di China tentu sangat sulit bagi anda yang tidak bisa bahasa Mandarin. Hal ini karena kurangnya petunjuk jalan berbahasa Inggris untuk kota2 kecil di China. Jadi apabila anda bepergian ke tempat-tempat di China selain 2 kota besar di atas, sebaiknya anda menggunakan jasa tour.

Untuk tour ke China dengan Travel Agent Singapore, perhatikan juga kendala bahasa ini. Karena umumnya (apabila kita tidak bertanya terlebih dahulu), bahasa yang dipakai dalam tour Singapore ke China ini adalah bahasa Mandarin, kecuali apabila kita request dahulu, meminta tour guide yang bisa berbahasa Inggris. Nah, kendalanya lagi, apabila anda tidak bisa berbahasa Inggris, terpaksa alternatif terakhir harus menggunakan jasa tour dari Indonesia, hehehe.. icon smile Berbagai cara Liburan ke China dengan harga murah..

c

Leave a Reply