Berbagai Catatan Perjalanan Mandiri Liburan Murah

Berbagai Catatan Perjalanan Mandiri Liburan Murah

Catatan Perjalanan Mandiri Liburan Murah

Berbagai Catatan Perjalanan Mandiri Liburan Murah

Anda ingin keliling dunia? Atau ingin traveling dengan biaya murah?

Itulah impian kita. Belum mengenal perjalanan mandiri, jadi awalnya kita mencari paket tour termurah. Saya cuma pernah 3x ke luar negeri dalam 10 tahun terakhir (2001-2010), itupun masih ikut tour & bisa dihitung jari. Pertama kali mengenal budget airlines Air Asia tahun 2009, saya beranikan melakukan perjalanan mandiri pertama kita dengan booking 1 tahun sebelumnya ke Kuala Lumpur – tepatnya di bulan April 2010. Maklum dapat tiket super murah, cuma 275 ribu nett pulang pergi, jadi nekat jalan sendiri.

Lama-kelamaan, perjalanan mandiri ini menjadi gaya traveling kita, dibandingkan dengan ikut tour. Kita lebih menikmati perjalanan mandiri ini, meskipun sesekali masih ikut day tour. Kenapa? Bukan saja karena harga perjalanan mandiri lebih murah, tapi masih banyak manfaat positif yang kita dapatkan dengan melakukan perjalanan mandiri. Coba baca artikel Liburan Murah (LM): Ikut tour atau Backpacking?

Sekarang travel blog kita mulai lengkap dengan berbagai tips, informasi & catatan perjalanan mandiri Liburan Murah, terutama (untuk sementara waktu) di sekitar Indonesia & Asia. Catatan perjalanan saya tulis dengan detail, lengkap dengan perincian harga. Hal ini menjadi catatan bagi diri saya sendiri dan teman-teman komunitas LM supaya bisa mempelajari itinerary dari saya. Tidak menutup kemungkinan itinerary LM dapat diterapkan & dikembangkan sendiri, sesuai dengan selera traveling masing-masing. Ada yang suka wisata alam, wisata historis, atau gabungan keduanya seperti saya. Saya sendiri mencontek itinerary tempat wisata utama di berbagai negara dari tour & review TripAdvisor, kemudian saya coba gabungkan & pilih yang mana yang kira-kira lebih sesuai untuk saya.

Apabila ada beberapa negara di Asia yang belum diliput di blog, semoga dalam waktu dekat sudah tersedia informasi liburan murah untuk sebagian besar tempat wisata tujuan utama di sekitar Asia. Setelah itu berikutnya semoga bisa terlaksana untuk “impian” Liburan Murah ke Australia, Eropa dan ke mana saja di seluruh dunia.

Berikut semua trip di blog LM – catatan perjalanan mandiri Liburan Murah sejak tahun 2010 sampai 2015, dan bakal terus di-update..

Liburan Murah Turki

Catatan Perjalanan Mandiri Liburan Murah – Jalan Mandiri Pertama ke Luar Negeri

Tahun 2010 – Awal Impian Keliling Dunia!

Flashback catatan perjalanan mandiri Liburan Murah selama 5 tahun ini, saya bersama keluarga & teman komunitas LM sudah melakukan perjalanan ke beberapa kota di negara berikut ini:

(1) Kuala Lumpur – April 2010
Trip Bersama keluarga ke Kuala Lumpur, Malaysia – pertama kalinya jalan mandiri ke luar negeri!
(2) Shanghai Expo – Oktober 2010
Trip Bersama keluarga ke Shanghai Expo, China. Pengin tau bagaimana hebohnya Expo 5 tahun sekali ini, dimana hampir semua negara berkumpul di satu tempat. Tahukah anda, bahwa menara Eiffel merupakan bangunan Expo yang pertama kali diadakan? Dan sekarang ini menjadi landmark kota Paris.
(3) Bangkok & Pattaya – Januari 2011
Trip Bersama keluarga ke Bangkok-Pattaya, Thailand. Trip yang direncanakan agak mendadak, mumpung ada tiket murah ke Bangkok, dan merupakan penerbangan pertama yang direct dari Surabaya ke Bangkok!
(4) Hanoi, Sapa & Halong Bay – Maret 2011
Trip Bersama keluarga ke Vietnam Utara. Di tahun 2011, mungkin masih jarang orang traveling mandiri ke Vietnam. Gara-garanya waktu browsing google dan lihat foto Halong Bay, langsung menjadi dream list no. 1 saya untuk rute traveling berikutnya!
(5) Hongkong, Shenzhen & Macau – Maret 2012
Trip Bersama keluarga ke Hongkong, Shenzhen, & Macau. Siapa yang tidak kepingin melihat kota Hongkong yang modern & kota judi Macau yang penuh dengan atraksi menarik & bangunan hotel yang keren..
(6) Ho Chi Minh, Mui Ne, Dalat, Nha Trang, Hoi An, Hue & Da Nang – Oktober 2012
Trip Bersama keluarga ke Vietnam Selatan & Vietnam Tengah. Setelah ke Vietnam Utara Hanoi & Halong Bay, rasanya kurang afdol kalo tidak mengunjungi bagian lain dari Vietnam 🙂
(7) Penang & Langkawi – Januari 2013
Trip Bersama keluarga ke Penang-Langkawi di Malaysia. Pengin melihat kota heritage di Penang, dan salah satu dream list lama saya, yaitu naik Star Cruise & cable car di Langkawi!
(8) Beijing & Shanghai – April 2013
Trip Bersama teman arsitek ke Beijing-Shanghai, China..
(9) Manila & Puerto Princesa – Juni 2013
Trip Bersama keluarga ke Manila & underground river Puerto Princesa di Filipina..
(10) Johor Bahru & Singapore -Desember 2013
Trip Bersama keluarga ke Johor Bahru-Malaysia & Singapore
(11) India Golden Triangle – November 2014
Trip Bersama teman ke India, tepatnya ke Kolkata, New Delhi, Agra & Jaipur
(12) Turki – April 2015
Trip Bersama teman sekaligus merupakan trip “hanimun” bareng istri, sekali-sekali bepergian berdua tanpa membawa anak 🙂 Turki ini juga merupakan salah satu negara dreamlist saya.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Liburan Murah Dalam Negeri

(1) Road Trip Jawa Tengah – Desember 2010
Trip Bersama keluarga naik mobil ke Jawa Tengah
(2) Komunitas LM Pulau Sempu – September 2011
Trip Bersama komunitas LM ke pulau Sempu
(3) Komunitas LM Jember – November 2011
Trip Bersama komunitas LM ke Jember
(4) Komunitas LM Pulau Bawean – Juli 2012
Trip Bersama komunitas LM ke pulau Bawean
(5) Komunitas LM Pacet – September 2012
Trip Bersama komunitas LM ke Pacet sekaligus acara halal bihalal
(6) Labuan Bajo & Pulau Komodo – November 2012
Trip Flashpacking & Tour 2D/1N dengan KakiGatel.com
(7) Medan & Danau Toba – Maret 2013
Trip Bersama keluarga ke Medan. Ayo angkat tangan, siapa yang nggak tau danau Toba? Harus lihat dengan mata kepala sendiri, keindahan danau Toba di negara kita, Indonesia.
(8) Karimunjawa – September 2013
Trip Bersama group sepeda CnC (Coffee & Cycling)
(9) Komunitas LM keliling Surabaya – Februari 2014
Trip Bersama komunitas LM keliling kota Surabaya tercinta
(10) Komunitas LM Kawah Ijen – Maret 2014
Trip Bersama komunitas LM ke kawah Ijen
(11) Makassar & Tanjung Bira – Mei 2014
Trip Bersama keluarga ke Makassar & Tanjung Bira
(12) Jogja – Oktober 2014
Trip Bersama keluarga & group sepeda CnC (Coffee & Cycling) ke Jogja
(13) Komunitas LM Pulau Madura & Surabaya – Juni 2015
Trip Bersama komunitas LM ke pulau Madura
(14) Bandung – Juli 2015
Trip Bersama keluarga ke Bandung, Ciwidey & Lembang

Demikian list catatan perjalanan mandiri di blog Liburan Murah dalam & luar negeri yang diposting di travel blog LM, baik secara pribadi, bersama keluarga maupun dengan teman di komunitas LM. Masih belum terlalu banyak & di sekitar Asia saja, paling jauh di tahun 2014-2015 kita ke India & Turki. Mohon doanya supaya impian LM keliling dunia bisa terwujud, untung-untung kalo ada yang mau mensponsori, hehehe 🙂

Leave a Reply