Harga Liburan Murah ke Hongkong – Shenzhen – Macau 2012

Harga Liburan Murah ke Hongkong – Shenzhen – Macau 2012

Berbagai tips & perincian harga untuk liburan murah ke Hongkong – Shenzhen – Macau, sebagai berikut..

* FLIGHT *

Coba gunakan berbagai alternatif flight ke Hong Kong, seperti misalnya dengan Air Asia. Dan jangan terpatok di Hongkong saja, melainkan coba kita pertimbangkan alternatif rute penerbangan melalui Macau, untuk kemudian kita dapat naik ferry ke Hongkong..

Alternatif penerbangan murah ke Hongkong atau Macau:

* Air Asia

* Jetstar

* Cathay Pasific (kalau pas promo!)

Saya pergi ke Hongkong kebetulan dengan Air Asia, pas ada promo tiket setahun sebelumnya, dengan harga tiket PP Surabaya-Kuala Lumpur-Hongkong seharga 1,9 juta, termasuk bagasi 15 kg.

Apabila bisa mencari tiket murah, beberapa teman yang suka hunting tiket murah Air Asia, bahkan bisa menemukan harga tiket termurah sampai dengan 1,5 juta pp untuk perjalanan pesawat Surabaya / Jakarta – Kuala Lumpur – Hongkong pp.

* TRANSPORTASI DALAM KOTA *

HONGKONG

Airport Express: 100 HKD sekali jalan, dan 250 HKD untuk group (4 orang)

Bus & MTR: Perjalanan kita ke Hongkong kali ini menggunakan transportasi bus & MTR, yang semuanya dapat dibayar dengan satu kartu, yaitu Octopus Card, yang dapat dibeli di setiap station MTR & di counter Airport Express bandara Hongkong. Kurang lebih kita membeli Octopus Card seharga 150 HKD (50 deposit kartu & 100 isi kartu) + top up / isi ulang sebesar 100 HKD. Refund uang deposit kartu bisa diambil di Aiport juga, yaitu di Terminal 1 Airport Hongkong. Biaya refund cuman sebesar 9 HKD, tetapi deposit untuk kartu sebesar 50 HKD bisa kita terima kembali.

Kereta ke Lo Wu Station di perbatasan Shenzhen & bus no. 23 ke Lantau Island juga dapat dibayarkan dengan Octopus Card ini.

Airport Bus: rute kita waktu itu balik ke Bandara dari Nathan Road, seharga 33 HKD per orang (sekali jalan).

Selain pilihan transportasi di atas, untuk Hongkong sendiri masih ada satu sarana transportasi lain, yang khusus berhenti di setiap tempat wisata di Hongkong. Namanya yaitu BIG BUS TOUR, dimana kita dapat hop-in & hop-off di setiap tempat wisata utama di Hongkong, dan dapat berlaku selama 24 jam atau 48 jam. Untuk rute BIG BUS TOUR dan harga terbaru, bisa dicek di websitenya: www.bigbustour.com

SHENZHEN

Golf Cart di Windows of the World: 350 RMB untuk 10 orang

Metro Shenzhen

Perjalanan Metro kita dari Lou Hu Station, karena hotel kita berada di dekat Luo Hu Station.

Tiket dari Luo Hu Station ke Windows of the World Station: 5 RMB sekali jalan

Tiket dari Luo Hu Station ke Shekou Station (menuju ke Shekou Port Ferry Terminal): 8 RMB sekali jalan

Ferry Shenzhen (Shekou Port) ke Macau (Taipa Ferry Terminal): 180 RMB

MACAU

Bus Hopping: FREE!

Tersedia pilihan bus dari Venetian Resort, City of Dream, Grand Lisboa, dan berbagai pilihan bus lainnya. Rute kurang lebih hampir sama, yaitu dari masing-masing hotel menuju ke Ferry Terminal, dan sebaliknya. Tinggal bagaimana kita mengatur rute dari hotel menuju ke tempat wisata terdekat.

Ferry Macau ke Kowloon (China Hongkong Ferry Terminal): 140 HKD

TOTAL Biaya Transportasi: sekitar Rp. 700 ribu per orang…

Untuk semua peta jalan, baik di Hongkong Island maupun Kowloon, semua sudah tersedia di dalam peta gratis yang tersedia di bandara Hongkong. Peta jalan ini update tiap bulannya, jadi jangan lupa untuk mengambil peta gratis waktu datang ke Hongkong!

* PENGINAPAN DI HONGKONG *

HONGKONG

Kita menginap di Guest House di Hongkong, yaitu:

Alisan Guest House di Causeway Bay, Hongkong Island selama 2 malam (double room 480 HKD, triple room 680 HKD per malam)

Yiu Fai Guest House di Nathan Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon selama 2 malam (double room 400 HKD, triple room 550 HKD per malam)

SHENZHEN

Prince Inn Hotel: harga cuman Rp. 350 ribu untuk kamar deluxe, dan Rp. 430 ribu untuk triple room.

Hotel cukup OK, dengan lokasi yang sangat strategis, persis di belakang Shangrila Hotel Shenzhen. Tetapi kita ada sedikit masalah waktu check in, karena kamar triple sudah diberikan ke orang lain. Untung akhirnya kamar di-upgrade ke kamar suite 🙂

MACAU

Venetian Resort: meskipun harga kamar cukup mahal, sekitar Rp. 2,1 juta untuk tipe Bella Suite, tapi boleh doong, sekali-sekali menginap di Venetian. Plus di sini kita dapat menginap di tipe Bella Suite, dengan 2 ranjang Queen Bed (untuk 4 orang) & 1 Sofa Bed (untuk 2 orang). Sehingga total untuk tipe Bella Suite di Venetian Resort ini dapat muat sampai dengan 6 orang 🙂

TOTAL Biaya Penginapan: sekitar Rp. 1,9 juta per orang… (termasuk transit di Hotel Radius Bukit Bintang Kuala Lumpur & Tune Hotel di LCCT)

* TEMPAT WISATA DI HONGKONG *

Hongkong Island

The Peak: Peak Tram seharga 65 HKD tiket pp + Sky Terrace untuk tiket standart, dan 31 HKD untuk tiket anak-anak dan orang tua (65 tahun ke atas)

Hongkong Park: FREE!

Repulse Bay: FREE!

Kowloon

Museum Hopping: FREE! (free entry / gratis masuk museum setiap hari Rabu). Ya betul, tiket museum yang biasanya harus membayar, kita dapat masuk ke berbagai museum dengan gratis di Hongkong, setiap hari Rabu.

Avenue of Stars: FREE!

Symphony of Light: FREE!

Lantau Island (Giant Buddha): FREE!

Shenzhen

Tiket Masuk Windows of The World: 140 RMB untuk standart ticket, 70 RMB untuk anak-anak & orang tua (65 tahun ke atas), FREE! untuk orang tua berumur 70 tahun ke atas.

Macau

Senado Square: FREE!

St. Paul Ruins: FREE!

Venetian Resort Walk: FREE!

Tiket The Bubble (pertunjukan Dragon Treasure) City of Dream: 50 HKD tiket standart & 25 HKD untuk anak-anak

TOTAL Biaya Tempat Wisata: sekitar Rp. 300 ribu per orang…

* TEMPAT MAKAN MURAH DI HONGKONG *

YOSHINOYA: salah satu franchise fast food yang cukup banyak di Hongkong, dan dapat dengan mudah ditemukan hampir semua kawasan, baik di Hongkong Island maupun di Kowloon. Harga beef bowl & chicken bowl (dengan nasi) di sini sekitar $33 HKD. Jangan lewatkan paket tea set (setiap jam 3 sore sampai jam 6 malam) dan breakfast set, yang tersedia dengan harga lebih murah, cuman $19 HKD untuk chicken / beef bowl set termasuk minum.

7-Eleven Supermarket: supermarket yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari. Di sini kita juga dapat menemukan berbagai makanan siap saji, hanya tinggal menghangatkan di microwave. Cukup mudah juga, terdapat petunjuk penggunaan microwave di tiap kotak makanan, dan tinggal menekan nomer 1 sampai dengan 5 di microwave. Harga makanan di 7-Eleven sekitar 17-19 HKD untuk menu nasi, dan 14-15 HKD untuk menu mie/spaghetti.

Fast Food: McD, Burger King & KFC: harga rata-rata untuk fast food di Hongkong ini sekitar 30-35 HKD untuk sekali makan per orang. Dan cukup banyak ditemukan gerai fast food Mc Donalds, Burger King & KFC di Hongkong.

Ada juga tempat makan lain seperti restaurant makanan Indonesia, rumah makan Padang dan Warung Chandra di area Causeway Bay, tetapi belum sempat kita singgahi. Terkenal dengan masakan khas Indonesia, dengan harga yang cukup terjangkau.

Cafe De Coral http://www.cafedecoralfastfood.com atau Fairwood http://www.fairwood.com.hk/eng/promotions/promotions.jsp

SHENZHEN

Untuk makan di Shenzhen relatif murah, sekitar 20 – 30 RMB sekali makan.

MACAU

Makan di food court, baik di food court Venetian maupun di City of Dream, biaya sekali makan termasuk cukup mahal, sekitar minimal 50-60 HKD per orang, bahkan bisa lebih sampai dengan 100 HKD.

TOTAL Biaya Makan: sekitar Rp. 500 ribu per orang…

TOTAL Keseluruhan Harga (tiket pesawat + tranportasi + akomodasi + makan + tempat wisata) selama Liburan Murah ke Hongkong-Shenzhen-Macau di tahun 2012 ini :

cuman 5 juta s/d 5,5 juta per orang’nya!

Cukup murah bukan? Dengan rute tempat wisata yang cukup lengkap menuju ke Hongkong, Shenzhen, dan Macau (minus Disneyland & Ocean Park). Baca juga catatan perjalanan liburan kita ke Hongkong-Shenzhen-Macau selengkapnya di sini:

LIBURAN MURAH KE HONGKONG – SHENZHEN – MACAU

Untuk informasi HOTEL MURAH / GUEST HOUSE / HOSTEL di HONGKONG, bisa lihat review di bawah ini:

HOSTEL / GUEST HOUSE / Apartemen di KOWLOON / Nathan Road :

HOSTEL / GUEST HOUSE / Apartemen di HONG KONG ISLAND / Causeway Bay :

12 Comments

  1. Catatan Perjalanan ke Hongkong - Shenzhen - Macau 2012 | Liburan Murah
    Mar 16, 2012 @ 02:02:29

    […] BIAYA & HARGA LIBURAN MURAH KE HONGKONG-SHENZHEN-MACAU […]

  2. Olivia
    Apr 18, 2012 @ 07:47:03

    Ko mau tny gimana caranya booking penginapan yg di Hk? lbh baik via apa ya? Tks sblmnya…. 🙂

    • andykristono
      Apr 19, 2012 @ 15:40:49

      Kalau guest house / hostel, bisa book online dari websitenya, atau bisa juga by email. Kemudian untuk bayar DP biasanya melalui PayPal.

  3. Welis
    Apr 23, 2012 @ 08:23:15

    mau nanya ni
    sy dr singapore ( SG ) ke Hongkong ( HK )
    * misalnya kalo bli brg dr HK plng ke SG brng yg di beli hrs byr GST gk ? ( misalnya bli Laptop )
    * orng indo ke HK gk perlu visa kan ?
    * kalo sy mau ke Hk bru ke Shen Zhen kan hrs pake visa
    kalo visanya sy minta di HK bisa gk ya ?
    * di HK ada Hotel yg mura gk ya ? kira kira dekat mana ?
    * di Shen Zhen hotelnya murah gak ya ? kira kira brp ya ?
    * dr Hk ke Shen Zhen tiketnya mahal gak ya ?

    tlng dijwb ya
    thank’s

    • andykristono
      May 01, 2012 @ 08:38:24

      * pertanyaan ttg GST saya nggak tau, belum pernah beli barang mahal di HK 🙂
      * Orang Indonesia ke HK tidak perlu visa..
      * HK ke Shenzhen pake visa. Sebaiknya urus visa dulu, soalnya Visa on Arrival (VOA) Shenzhen takutnya tidak selalu ada..
      * HK kalo penginapan murah di guest house, daftarnya bisa lihat di sini: http://liburanmurah.info/guest-house-di-hong-kong-hostel-di-hong-kong
      * Shenzhen hotel nggak terlalu mahal, sekitar 500 rb udah bisa dapet hotel bintang 3. Coba cek Prince Inn Shenzhen, lokasi strategis + murah
      * HK ke Shenzhen waktu itu gesek pake Octopus (kartu MTR Hongkong), jadi nggak tau berapa. Mestinya nggak terlalu mahal..

      Semoga bisa membantu 🙂

  4. ratna
    May 20, 2012 @ 07:45:21

    halo waktu saya baca artikelnya terus saya liat web kok ndak bisa buka tarif ?
    waktu itu urus visanya berapa ?
    berarti kalau di sana hanya perlu membeli satu kartu saja octopus card itu bisa digunakan untuk semua tujuan MTR, bus,dll atau hanya wilayah tertentu saja dan harus membeli kartu yang berbeda untuk masuk daerah yang lain soalnya di web hongkong kok ada kartu airport express travel pass, kartu urban day pass, juga kartu new territories day pass… apakah harus membeli 3 kartu / hanya octopus saja.
    kalau penginapan di kuala lumpur itu waktu itu harga berapa 1 malam ? kalau transportasi umum dari LCCT jam 1 malam ke kl central ada ? atau harus bermalam di bandara ? cabang tune hotel kan banyak ? yang harus dipilih yang mana ? terima kasih atas infonya. kalau dari hongkong ke macau tidak naik ferry yang bayar 140 HKD emang tidak ada yang lebih murah ya ? salam sukses.

    • andykristono
      May 24, 2012 @ 09:28:25

      Urus visa waktu itu di Sby, bukan dari VOA, jadi kena hampir 600 rb.
      Kalo octopus card bisa untuk MTR dan bus, tetapi khusus untuk airport express menggunakan kartu yang berbeda dengan MTR. Untuk transportasi MTR sampai ke Lowu Shenzhen, masih bisa menggunakan octopus, sedangkan di Shenzhen kalau naik Metro Shenzhen harus beli kartu lagi.

      Kalau jam 1 mlm kelihatannya tidak ada bus ke KL Central. Jadi harus menginap di Tune yang LCCT, atau di bandara. Cabang Tune di KL cuman ada 2, di downtown (tengah kota) KL dan LCCT.

      Hongkong ke Macau kelihatannya pilihannya cuman naik ferry ini saja.
      Semoga bisa membantu 🙂

  5. kapsul gasa
    Jun 14, 2012 @ 02:35:27

    makaci ya bos infonya
    aku lahap habis
    karena mau main kesana
    tx

  6. silvana
    Feb 15, 2013 @ 08:30:10

    Mohon tanya, kalau saya apply visa on arrival di lo wu masuk shenzhen,
    apakah bisa keluar dari shenzhen lewat airport. soalnya saya sudah terlanjur beli tiket Kuala lumpur-Hong Kong terus keluarnya shenzhen -kuala lumpur.
    Thanks

  7. lia
    Apr 12, 2013 @ 09:47:25

    Hai. Untuk airport express grup beli di mana ya? Baca ketentuannya di website mana? Kalo 5 org brp ya airport express grupnya?

    • andykristono
      Apr 12, 2013 @ 11:21:45

      Beli langsung di bandara HK itu kok. Jadi nanti kalau kita beli utk 4org biasanya langsung dikasih harga utk grup (4org), coba bisa tanya langsung ke petugas airport express bandara HK 🙂 Kalo 5 org, mungkin 4 org yg harga grup, 1 org dihitung harga perorangan..