Bus dari Johor Bahru ke Singapore

Bus dari Johor Bahru ke Singapore

Bus Johor Bahru Singapore Bus dari Johor Bahru ke Singapore

Bus dari Johor Bahru ke Singapore

Nama Tempat di Johor Bahru

Sementara mungkin saya jelaskan dulu istilah/nama2 tempat disekitar imigrasi Johor Bahru & Singapore ini, karena dari message teman2 libmur ke saya, ada beberapa yang masih bingung tentang nama tempat ini :

  • JB Sentral = salah satu terminal bus/kereta, bangunan JB Sentral ini terletak di seberang bangunan CIQ (Imigrasi Johor Bahru)
  • Larkin Bus Terminal = salah satu terminal bus besar di Johor Bahru, letaknya di tengah kota Johor Bahru
  • CIQ = jalur imigrasi utama dari Johor Bahru ke Singapore
  • CIQ-2nd link = jalur imigrasi kedua dari JohorBahru ke Singapore. Jadi dari Johor Bahru ke Singapore terdapat 2 akses imigrasi, bisa dari CIQ maupun CIQ-2nd link ini. Tetapi rute bus lebih banyak tersedia di jalur utama yaitu di CIQ (kalau saya tidak salah ya)
  • Bus CW1-CW2-160-170 = tipe-tipe bus yang dapat digunakan dari Johor Bahru ke Singapore dan sebaliknya (CW1 dr JB langsung ke Kranji MRT, CW2 langsung ke Queen Street Bus Terminal. Kalo 160-170 harus berhenti di beberapa stop sepanjang perjalanan di Singapore..)
  • Woodland = jalur imigrasi Singapore dari CIQ (bukan dari 2nd link)
  • Bandara Senai International Airport = airport di Johor Bahru, letaknya sedikit di luar kota,dan sudah tersedia highway ke Senai ini. Sekitar 45 menit dari JB..

*Jalur Senai Airport – JB Sentral – CIQ – Woodland- Singapore*

Jadi misalnya kita langsung dari SenaiAirport ke Singapore, caranya sebagai berikut:

Dari Senai kita bisa naik bus (berbayar maupun gratis kalo naik Air Asia) menuju ke JB Sentral. Kemudian dari JB Sentral tinggal naik ke atas menyeberang jembatan menuju CIQ (imigrasi Johor). Jangan kuatir, papan petunjuk menuju ke CIQ cukup lengkap, jadi tidak mungkin kesasar.

Nah, setelah selesai mengurus imigrasi Johor di CIQ, tinggal ikuti petunjuk saja menuju ke Woodland, waktu itu kita turun ke bawah, dan di sana sudah ada berbagai pilihan bus menuju ke Singapore (CW1-CW2-160-170). Setelah kita naik bus sekitar 10-15 menit dengan menyeberang jembatan, kita sampai di imigrasi Woodland Singapore.

Turun dahulu dari bus, mengurus imigrasi Singapore, dan kemudian naik bus lagi dengan nomer yang sama menuju ke tujuan kita di Singapore, Kranji atau di Queen Street (meskipun nomer sama bus bisa berbeda dengan sebelumnya, jadi setiap kali naik turun bus harap membawa semua barang bawaan anda)

Hal ini juga berlaku sebaliknya yaa, dari Singapore ke JB icon smile Bus dari Johor Bahru ke Singapore

Harga Tiket Bus

Untuk harga: seharusnya bisa free kalo kita naik Air Asia dari Johor Bahru naik Cause Way Link (CW bus), asalkan di tanggal pulang/keberangkatan yang sama, caranya coba klik di: http://www.airasia.com/sg/en/latest-news/jhb-shuttle-bus.page

Catatan: harap dicek lagi untuk tiket gratis Air Asia ini, karena saya terakhir memakai di tahun 2013 kemarin, di tahun 2014 mungkin ada aturan baru icon smile Bus dari Johor Bahru ke Singapore
Berhubung saya waktu balik dari Singapore ke Johor tidak di tanggal penerbangan yang sama, akhirnya kita dikenakan biaya 2,5 SGD per orang untuk bus CW2, rute dari Queen Street Bus Terminal ke Johor Bahru..

Semoga bisa membantu!

Leave a Reply