Cara Membuat Itinerary Rencana Perjalanan Anda

Cara Membuat Itinerary Rencana Perjalanan Anda

Cara membuat itinerary rencana perjalanan anda

Cara Membuat Itinerary Rencana Perjalanan Anda

Apakah itinerary penting untuk anda?

Apabila anda akan melakukan perjalanan mandiri dalam waktu terbatas, tanyakan kepada diri anda sendiri, apakah itinerary menjadi hal yang “wajib” buat anda sebelum berangkat. Tergantung kepada tipe traveler masing-masing orang, apakah anda traveler yang ingin bersantai, tidak terlalu peduli dengan berapa banyak tempat wisata yang akan anda kunjungi, yang penting anda relax & have fun. Atau anda tipe traveler yang ingin mengunjungi banyak tempat wisata dalam waktu terbatas. Kalo anda tipe traveler seperti ini tentunya itinerary merupakan hal yang wajib dipersiapkan!

Itinerary yang diperlukan merupakan rencana perjalanan awal secara sederhana, yaitu misalnya: kota apa saja yang akan anda tuju dalam satu negara atau bahkan lebih dari satu negara, berapa lama anda akan berada di masing-masing kota / negara, sampai dengan tempat wisata apa saja yang masuk dalam list itinerary anda.

CORAT-CORET RUTE PERJALANAN ANDA

Cara membuat itinerary rencana perjalanan anda untuk pertama kali, paling mudah yaitu bisa dengan:

  • mencontek itinerary dari tour / travel agent, atau dari blog catatan perjalanan traveling yang sekarang mulai booming. Tinggal googling dan itinerary ini dapat dengan mudah anda temukan. Dengan catatan: rute perjalanan anda adalah perjalanan mainstream / umum, tempat wisata yang akan anda kunjungi merupakan tujuan utama di negara tersebut.
  • Apabila anda anti mainstream dengan pilihan tempat wisata yang jarang dikunjungi orang, mungkin website seperti Lonely Planet atau TripAdvisor merupakan cara terbaik untuk mengatur itinerary anda, terutama dalam memilih tempat wisata.
  • Sekarang ini anda juga dapat dengan mudah membeli buku panduan perjalanan mandiri, lengkap dengan pilihan Itinerary dan 4 H.E.A.T. (baca postingan saya sebelumnya: TIPS perjalanan mandiri untuk backpacker pemula)

Buku panduan traveling

Yang terpenting dalam cara membuat itinerary rencana perjalanan anda yaitu: kota mana saja atau negara mana saja yang akan anda kunjungi, kemudian lihat peta terlebih dahulu, supaya perjalanan dari satu kota ke kota lain bisa searah, tidak perlu sampai memutar & membuang waktu! Terkadang dalam menentukan itinerary awal ini saya membutuhkan waktu cukup lama karena bingung menentukan pilihan, atau bisa berubah-ubah dalam beberapa hari. Corat-coret, utak-atik itinerary anda, yang mana yang menurut anda paling baik & jangan lupa survei terlebih dahulu, baik dari segi biaya, waktu, maupun pilihan tempat wisata. Jadi luangkan waktu anda untuk berpikir sejenak, supaya tidak menyesal nantinya karena salah pilih rute perjalanan.

3 HAL PENTING dalam cara membuat Itinerary rencana perjalanan anda

(1) WAKTU

WAKTU: berapa lama anda punya waktu untuk traveling kali ini, bisa 1 minggu, 2 minggu atau lebih? Apakah anda ingin traveling santai, atau anda tipe traveler yang ngebut mengejar waktu, supaya bisa mengunjungi banyak tempat dalam 1 hari? Tentunya pilihan berbeda-beda untuk masing-masing orang.

Berapa hari anda akan tinggal di kota tersebut, target anda dalam 1 hari akan melihat berapa tempat wisata utama? Anda harus mengatur waktu berlibur anda, terutama apabila waktu anda terbatas. Misalnya anda akan mengunjungi Beijing, minimal apabila anda akan ke Great Wall Mutianyu butuh 1 hari full, ke Great Wall Badaling yang lebih dekat mungkin 1/2 hari saja, sedangkan untuk tempat wisata lain di Beijing dalam 1 hari bisa mengunjungi 3-4 tempat wisata.

Apabila anda berpindah kota, perhatikan pengaturan waktu dalam transportasi antar kota, butuh berapa lama untuk sampai ke kota lain. Untuk perjalanan antar kota 5-6 jam, anda harus menambah waktu setengah hari dalam itinerary, atau perjalanan 12 jam, mungkin anda harus menambah alokasi waktu 1 hari sendiri untuk perjalanan dari satu kota ke kota lainnya. Alternatif lain, apabila ada transportasi di malam hari, seperti bus malam atau sleeper train (kereta tidur), mungkin anda bisa menghemat hotel dengan naik transportasi malam ini dalam perjalanan menuju kota berikutnya. Esok pagi anda sudah segar dan langsung dapat melanjutkan perjalanan anda.

Budget itinerary

(2) BIAYA

BIAYA: Estimasikan budget liburan murah anda! Mau wisata murah atau wisata mahal, semua tergantung anda. Banyak pilihan tempat wisata, mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal. Begitu juga dengan tempat makan, hotel & transportasi, baik transportasi lokal dalam kota maupun transportasi ke luar kota / negara. Semua ini sebaiknya anda hitung terlebih dahulu estimasi biaya sesuai dengan itinerary yang anda buat, apakah biaya tersebut masih masuk dalam budget anda.

(3) PILIHAN Attraction

PILIHAN Attraction atau tempat wisata: Apakah tempat wisata yang anda suka? Anda ingin melihat wisata alam, wisata historis, wisata kuliner atau wisata belanja? Atau gabungan semua tempat wisata, seperti saya. Paling mudah awalnya anda dapat melihat itinerary tour, kemudian anda dapat melihat alternatif berbagai tempat wisata di TripAdvisor & Lonely Planet, mungkin ada tempat wisata lain yang lebih cocok untuk anda.

Menyusun Itinerary Rencana Perjalanan dengan Detail

Misalnya saja itinerary saya selama 3 hari ke Beijing:

  • 1 hari full ke Great Wall
  • 1 hari ke Forbidden City, Beihai Park, Jingshan park & Wang Fu Jing (karena letaknya berdekatan)
  • 1 hari ke Temple of Heaven, Summer Palace, & Olympic Stadium

Setelah menyusun itinerary awal secara sederhana, dari hari ke hari berikutnya, saya menyusun itinerary yang lebih detail. Yaitu dengan mempertimbangkan 4 H.E.A.T. = Hotel – Eat – Attraction – Transportation (Hotel – Makan – destinasi Tempat Wisata – Transportasi lokal).

Dalam 1 hari di Beijing, saya akan menuju ke Temple of Heaven, Summer Palace, & Olympic Stadium. Yang harus saya perhatikan secara detail, bagaimanakah transportasi dari hotel menuju ke tempat wisata tersebut? Kemudian transportasi dari Temple of Heaven menuju ke Summer Palace? Tempat makan apa saja yang berada di dekat tempat wisata tersebut? Kalo lebih spesifik apabila budget terbatas, makanan murah apa yang berada tidak jauh dari Temple of Heaven misalnya. Pilihan penginapan juga berpengaruh terhadap transportasi menuju tempat-tempat wisata tersebut.

Jadi selain tips cara membuat itinerary rencana perjalanan anda, harus baca juga tips kita berikutnya yaitu:

TIPS perjalanan mandiri untuk backpacker pemula

Silahkan teman-teman Liburan Murah (LM), apabila ada saran, komentar & masukan tentang cara membuat itinerary rencana perjalanan anda, bisa komen di postingan ini..

Itinerary Rencana Perjalanan Traveling anda

Leave a Reply