A Complete Tour: Catatan Perjalanan Liburan Murah ke Vietnam 8 hari 7 malam, cuma 4 juta’an termasuk PESAWAT…!!

A Complete Tour: Catatan Perjalanan Liburan Murah ke Vietnam 8 hari 7 malam, cuma 4 juta’an termasuk PESAWAT…!!

Liburan Murah ke Vietnam

Hanoi, Sapa & Halong Bay

Catatan perjalanan selama saya bepergian ke Vietnam, yaitu ke kota Hanoi, Tam Coc, Sapa / Lao Cai, dan Ha Long Bay. Sebelumnya mampir dulu 1 malam ke Tune Hotel LCCT, selama total selama 9 hari 8 malam, dari tanggal 22 Maret sampai dengan 30 Maret 2011.

Agenda tour yang cukup komplit, mulai dari melihat berbagai macam pemandangan, seperti sawah, gunung, stone karst, gua, air terjun, danau, sampai lautan.

Selain pemandangan juga keliling kota Hanoi, dan melihat berbagai bentuk bangunan, mulai dari bangunan historis / bersejarah, museum, bangunan religius, melihat rumah asli penduduk ethnis minoritas di gunung (Sapa) lengkap dengan baju’nya yang COLORFUL, sampai dengan mencoba berbagai jenis makanan khas Vietnam.

Transportasi juga lumayan lengkap, mulai dari mencoba naik becak (cyclo), mobil, kereta api, sampan, kapal (cruise), sampai naik pesawat, ya iya lah naik pesawat, hehe.. 🙂

(*) Untuk PERINCIAN HARGA & BIAYA selama di Vietnam, bisa lihat DI SINI..

(*) REKOMENDASI AGENT TOUR di Vietnam, klik DI SINI..

(*) Klik juga DEJAVU di VIETNAM, karena berlibur ke Vietnam ini mengingatkan saya selama bepergian ke China, dan ada beberapa catatan tambahan tentang kehidupan masyarakat setempat di Vietnam..

*CATATAN PERJALANAN*

DAY 1: 22 Maret 2011

Hari pertama, akhirnya berangkat juga ke Vietnam! Start dari bandara Juanda, pertama-tama kita harus berangkat dulu ke Bandara LCCT di Kuala Lumpur, karena tidak ada direct flight ke Hanoi, Vietnam. Berhubung flight dari Vietnam yang berangkat pagi-pagi sekali, yaitu jam 6 pagi, maka kita harus menginap dulu di Tune Hotel LCCT, untuk kemudian besok pagi-pagi baru berangkat ke Vietnam. Sore hari, kita berjalan kaki sebentar sekitar 10 menit, menuju ke Food Garden di area LCCT (semacam food court) untuk makan malam. Malam itu kita tidur agak awal, karena besoknya harus bangun jam 3 pagi untuk check in di bandara LCCT.

DAY 2: 23 Maret 2011

Bangun jam 3 pagi, kita kemudian siap-siap sebentar, untuk kemudian jam 3.30 kita sudah siap di lobby Tune Hotel naik vans menuju ke Bandara LCCT. Kurang lebih jam 4 pagi, sampai di bandara LCCT, langsung mengurus check-in dan bagasi menuju ke Hanoi, Vietnam..

Persis jam 9.30 pagi, pesawat kita sampai juga di Vietnam. Sudah ditunggu oleh pihak VIETNAM SUNRISE TRAVEL yang sudah kita contact dari Surabaya, segera kita berangkat menuju ke hotel kita di area Old Quarter, yaitu Golden Sunrise Hotel. Begitu sampai di hotel sekitar jam 11, setelah kita check-in dan taruh barang di kamar hotel, langsung keluar untuk jalan-jalan dan cari makan siang. Tujuan kita pertama yaitu, Hoan Kiem Lake. Tidak terlalu jauh dari hotel, cuman berjalan kaki sekitar 10 menit. Setelah foto-foto sebentar, kemudian kita cari makan di dekat hotel. Hmm, pengin makan apa yaa ? Yang harus dicoba pertama kali di Vietnam, ya tentunya makan P.H.O. Pho ini yaitu makanan mie dari beras, yang banyak dijumpai di setiap tempat di Hanoi, Vietnam. Rasanya ? Enak! Kuah kaldu bening, dengan mie beras yang enak. Pilihan daging bisa daging ayam, sapi atau babi. Budaya makan di Vietnam ini berbeda dengan warung pinggir jalan di Indonesia. Tempat makan pinggir jalan di Vietnam ini selalu memakai kursi pendek, sehingga cukup menyulitkan orang bertubuh gemuk untuk duduk. Pantesan nggak ada orang gemuk di Vietnam, hehe.. 🙂

Siang menjelang sore, sekitar jam 2, kita jalan kaki menuju gedung tempat Water Puppets Show. Tiket untuk melihat pertunjukan water puppets sudah kita pesan sebelumnya. Lumayan bagus, karena baru pertama kali juga lihat pertunjukan boneka di atas air. Tidak tahu bahasa Vietnam juga, tetapi show boneka ini kurang lebih memperlihatkan kehidupan sehari-hari dari masyarakat Vietnam.

DAY 3: 24 Maret 2011

Hari ketiga ini schedule kita yaitu jalan-jalan keliling kota Hanoi. Ada beberapa tempat wisata di sekitar kota, terutama yaitu melihat bangunan bersejarah di sekitar kota Hanoi. Karena ada banyak tempat yang bisa dilihat, akhirnya kita pilih 5 tempat, yang merupakan tempat wisata utama bagi turis di kota Hanoi ini.

(1) Ho Chi Minh Mausoleum & Ho Chi Minh Stilth House

Di sini kita dapat melihat jasad Ho Chi Minh yang sudah diawetkan. Antrian di sini sangat panjang, untuk antri sendiri bisa lebih dari setengah jam. Setelah sampai di tempat jasad Ho Chi Minh yang dijaga sangat ketat, kita juga tidak boleh mengambil foto dan harus terus berjalan, tanpa boleh berhenti. Di area ini juga kita bisa melihat rumah tinggal Ho Chi Minh (Ho Chi Minh Stilt House) pada jaman dahulu, melihat perabotan rumah yang masih asli terjaga, dan juga kendaraan mobil pribadi dari Ho Chi Minh.

(2) One Pillar Pagoda

Kita dapat melihat pagoda tempat sembahyang. Yang unik di sini pagoda ini berdiri di atas kolam kecil, dengan 1 pillar saja, tetapi pillar yang besar. Bisa dilihat di gambar di bawah ini.

(3) Temple of Literature

Tempat pendidikan pertama kali di kota Hanoi. Area Temple of Literature ini lumayan besar juga. Di area paling belakang ada show dari penampil musik setempat, yang menampilkan musik khas dari Vietnam. Salah satu alat musik (lihat gambar di bawah) dibunyikan hanya dari tepukan tangan.

Setelah tempat ketiga di atas, kita break alias makan siang dahulu karena waktu sudah sekitar jam 12.30. Baru sekitar jam 2 siang, kita lanjut lagi ke tempat yang berikutnya.

(4) Hoa Lu Prison

Tempat penjara jaman dahulu, yaitu mulai dari jaman kependudukan Prancis di Vietnam, sampai dengan jaman perang Vietnam dengan U.S.A. Di sini diceritakan nasib tahanan perang waktu dipimpin oleh Prancis yang tidak berperikemanusiaan, sampai dengan tahanan perang dari U.S.A. waktu dipimpin oleh Vietnam, yang diceritakan sangat baik. Bahkan tentara Amerika, saking enaknya, menyebut penjara ini sebagai Hanoi “Hilton” Hotel.

(5) Temple di Hoan Kiem Lake

Tempat terakhir, kita pergi ke Temple yang ada di tengah-tengah Hoan Kiem Lake. Hampir mirip seperti pemandangan temple di tengah danau terkenal di China, yaitu danau West Lake di kota Hangzhou, cuma masih kalah besar. Enak juga apabila sore-sore duduk santai di sini.

Setelah selesai melihat ke-lima tempat di atas, di akhir tour hari ini kita naik Cyclo, alias “naik becak” keliling Old Quarter, mengelilingi toko-toko yang banyak terdapat di area Old Quarter ini. Lumayan lama juga yaitu sekitar 1 jam, dan lumayan puas bisa mengelilingi Old Quarter tanpa harus lelah berjalan kaki.

DAY 4: 25 Maret 2011

Jadwal hari ini kita pergi ke daerah Tam Coc, yaitu sekitar 2,5 jam perjalanan dari kota Hanoi. Tempat pertama yang kita tuju di Tam Coc ini yaitu mengunjungi Temple yang memuja Raja Dinh dan Raja Le, yang dulunya disini merupakan pusat pemerintahan di Hoa Lu, sebelum pindah ke kota Hanoi.

Setelah dari Temple ini, yaitu sekitar jam 12.30, kita makan siang dahulu. Berikutnya, waktunya SAMPAN RIDE, atau NAIK SAMPAN! Seru juga, pengalaman pertama buat Anna naik sampan kecil seperti ini. Rute perjalanan sampan ini juga sangat asyik, karena melalui gunung batu dan juga 3 gua di bawah kaki gunung, dengan stalagtit dan stalagmit’nya yang bagus.

Sore hari setelah acara naik sampan, kita balik menuju ke kota Hanoi. Sempat makan malam dahulu sebentar, setelah itu segera kita menuju ke stasiun kereta api, untuk berangkat naik kereta api Livitrans Express menuju ke kota Lao Cai. Dari Lao Cai kita akan naik vans untuk melanjutkan perjalanan ke kota Sapa. Lumayan, kereta api Livitrans ini lumayan bersih, ada tempat tidurnya lagi, seperti kereta di Eropa. Tapi kereta api di sini lumayan juga goyangan’nya, bahkan lebih goyang dari kereta api Argo di Indonesia! Tidak apa-apa, seperti kereta tidur bayi, semakin digoyang tidurnya pasti semakin pulas, hehe.. 🙂

DAY 5: 26 Maret 2011

Jam 5 pagi tiba di stasiun kota Lao Cai, kita dijemput oleh supir dari Thai Binh Hotel untuk menuju ke kota Sapa. Sampai di Thai Binh Hotel di kota Sapa jam 6 pagi, kita menghangatkan diri dulu di perapian, mengingat suhu udara di kota Sapa yang masih dingin, sekitar 5 derajat Celcius, sambil menunggu menu breakfast yang sedang disiapkan oleh pemilik hotel. Breakfast hari ini sederhana, tapi mengenyangkan. Menu seperti menu breakfast orang barat, yaitu Roti French Bagel dan Omelette, berikut dengan kopi/teh/coklat hangat. Hmmmm…

Setelah itu, kita bisa beristirahat sebentar di kamar hotel, karena membawa orang tua yang tentunya sulit untuk tidur di dalam kereta. Jam 10.30, kita sudah dijemput oleh tour guide setempat, untuk menuju ke Cat Cat Minority Village, yaitu perkampungan asli dari penduduk setempat. Tempat tinggal penduduk setempat sangat sederhana, di tengah-tengah bukit & pegunungan. Yang menarik di sini yaitu pakaian asli penduduk di Cat Cat Minority Village yang sangat khas, sangat COLORFUL, berwarna-warni, sama seperti semangat penduduk setempat di sini yang selalu tersenyum terhadap orang asing yang datang 🙂

Di ujung jalan setapak dari perkampungan Cat Cat ini, terdapat air terjun yang cukup bagus, dengan penjual makanan di pinggir air terjun. Cukup mengenyangkan juga setelah kita menuruni jalan setapak yang cukup panjang.

Siangnya, kita makan dahulu di hotel Thai Binh. Setelah itu, orang tua saya memutuskan untuk istirahat saja. Sedangkan saya sendiri masih pengin jalan-jalan. Sebenarnya bisa juga naik ke atas kota, ke gunung Ham Rong. Tetapi karena waktunya tidak cukup, akhirnya saya cukup jalan-jalan keliling kota Sapa saja.

Sapa Town

Malam harinya kita makan malam di restaurant di dalam kota Sapa. Suasana malam sangat berkabut, dengan jarak pandang yang sangat dekat. Lebih dingin lagi dibanding siang hari. BBRRR…..!!

Sapa di waktu malam

DAY 6: 27 Maret 2011

Besoknya, setelah breakfast, kita sudah harus siap berangkat jam 8 pagi. Sebelumnya kita mengurus check out hotel dahulu, karena malam harinya kita akan langsung menuju ke stasiun kereta untuk balik ke kota Hanoi. Pagi itu kita akan melakukan perjalanan yang cukup lama, yaitu sekitar 3 jam, menuju ke kota Bac Ha. Ada ada di kota Bac Ha ? Di sini kita bisa melihat pasar tradisional terbesar di daerah Sapa, yaitu tempat berkumpulnya semua suku ethnic minority, yang hanya berkumpul di hari Minggu, untuk melakukan jual-beli. Tempat yang akan kita tuju yaitu Bac Ha Sunday Market. Foto-foto Bac Ha Sunday Market bisa dilihat di bawah ini. Hampir segala jenis barang dapat kita temui di Bac Ha Market ini..

Setelah dari Bac Ha, sore harinya kita berangkat ke kota Lao Cai. Makan malam sebentar, kemudian kita segera menuju ke stasiun Lao Cai, untuk balik ke kota Hanoi, dan besok kita akan menuju ke Halong Bay dengan Emotion Cruise.

DAY 7: 28 Maret 2011

Jam 4.30 pagi sudah sampai di kota Hanoi. Untungnya kita memakai jasa tour, jadi mereka sudah mempersiapkan segala sesuatunya supaya kita tidak usah menunggu sampai dengan jam 8 pagi di stasiun. Pihak Sunrise Travel sudah menyediakan Transit Hotel yang berada dekat dengan Stasiun Hanoi, cukup berjalan kaki 5 menit, dan kita dapat mandi-mandi dan istirahat sebentar di Hotel New Moon ini, sebelum jam 8 nanti dijemput oleh pihak Emotion Cruise.

Emotion Cruise.

Jam 8 pagi tepat sudah dijemput oleh pihak Cruise. Cruise ini akan melakukan perjalanan ke Halong Bay, yaitu merupakan kumpulan gunung batu atau disebut juga limestone karst yang sangat banyak, yaitu sekitar 2000 gunung batu. Perjalanan ke Halong Bay ini memakan waktu sekitar 3 jam, tetapi kita sempat berhenti sebentar untuk istirahat, makan & minum, dan pergi ke kamar kecil. Kita tiba di Halong Bay sekitar jam 12.

Woooww !!

Sebelumnya cuma melihat dari website Emotion Cruise. Ternyata kapal cruise ini lumayan mewah juga, dengan interior, baik interior kamar maupun interior lobby & restaurant yang didesain dengan baik. Makanan di cruise ini juga cukup enak. Siang hari kita disediakan set menu untuk makan siang. Setelah itu istirahat sebentar di kamar, sore harinya kita pergi ke Fishing Village, atau perkampungan nelayan di Halong Bay.

Malam harinya menu makan malam kita sangat enak, yaitu Seafood Buffet Dinner! Kenyaaangg.. Malam itu setelah selesai makan malam, Anna ketemu teman bermain baru, yaitu Mari Kite dari Norwegia. Aneh juga, meskipun Anna tidak bisa berbahasa Inggris, tetapi mereka dapat berkomunikasi satu sama lain. Mungkin pake bahasa anak-anak kali ya, hehehe.. 🙂 Setelah bermain cukup lama, sekitar jam 9 malam, kita turun ke dek bawah di lantai 1 menuju ke kamar kita untuk tidur.

DAY 8: 29 Maret 2011

Pagi harinya, kita dapat mengikuti acara Tai Chi di Sun Deck kapal Emotion Cruise ini. Setelah itu jam 7 pagi kita dapat breakfast roti seperti biasa, dan jam 8 kita dapat mengikuti tour ke Sung Sot Cave, atau disebut juga Amazing Cave. Gua yang terletak di salah satu gunung batu di Halong Bay ini sangat menakjubkan, sesuai dengan namanya, Amazing Cave..

Dari Sung Sot Cave, kita kembali ke kapal, untuk proses check out. Setelah itu kita dapat foto-foto Halong Bay dahulu dari Sun Deck di dek paling atas dari kapal. Baru kemudian sambil menunggu kapal merapat ke kota Halong, kita dijamu buffet brunch terlebih dahulu, sekitar jam 11. Tiba di dermaga Halong City pada jam 12, kita langsung naik vans untuk balik ke kota Hanoi. Malam ini rencananya kita pergi ke Supermarket dan toko buku, untuk beli oleh-oleh buat dibawa pulang nanti.

DAY 9: 30 Maret 2011

Akhirnya pulang juga ke Surabaya. Tapi sekali lagi, kita tidak langsung menuju ke Surabaya, melainkan transit dulu ke Kuala Lumpur, melalui bandara LCCT. Sampai di LCCT sekitar jam 2 siang, kita jalan kaki menuju ke Food Garden. Di sana kita duduk-duduk santai, karena flight berikutnya menuju ke Surabaya masih cukup lama, yaitu boarding sekitar jam 18.30.

Jam 9 malam, aaah, sampai juga di kota Surabaya tercinta ! Puji Tuhan, terimakasih untuk perjalanan kali ini yang cukup sukses, semua agenda perjalanan dapat ditempuh tanpa hambatan yang berarti. Awalnya cukup kuatir juga karena membawa anak kecil & orang tua. Semuanya bisa sehat-sehat, dan juga senang sekali dapat ikut cruise & melihat Halong Bay yang sudah terkenal di dunia. Tidak lupa, di bawah ini ada sedikit oleh-oleh buat teman-teman Liburan Murah, Spring Rolls dan Kopi Vietnam yang uenaaakkk, hehehe.. 🙂

Review dan Perbandingan HARGA HOTEL TERMURAH di VIETNAM :

HARGA HOTEL di HO CHI MINH, VIETNAM

HARGA HOTEL DI HANOI, VIETNAM

HARGA HOTEL DI DA NANG, VIETNAM

22 Comments

  1. tria
    Apr 06, 2011 @ 05:23:01

    wah sepertinya menyenangkan,jadi pengen.
    bisa minta detil pricenya ga ya ? plus travel apa yang di pake ? siapa tau nanti pengen liburan ke sana 😀 trus mengenai makanannya di sana(vietnam)gampang ga ya nyari makanan halal ?
    thanks

    Reply

  2. beny
    Apr 06, 2011 @ 05:29:41

    mantappp, bulan juni nanti saya akan kesana. thanks atas sharingnya. sangat berarti sekali. God Bless pak Andy dan sekeluarga.

    Reply

  3. andykristono
    Apr 07, 2011 @ 02:52:19

    @Beny: thanks2 Beny. Senang bisa membantu, hehe.. 🙂
    @Tria: sudah saya post bu, untuk perincian biaya’nya. Untuk makanan halal, mungkin bisa request ke agent tour setempat..
    http://liburanmurah.info/perincian-harga-kurs-mata-uang-cuaca-di-vietnam

    Reply

  4. maya
    Apr 09, 2011 @ 17:27:26

    mantab jaya.. thank you sharingnya yaa ndi

    Reply

  5. Andy Kristono
    Apr 12, 2011 @ 09:38:32

    Maya: Thanks2 jg ce Maya, sudah mampir 🙂

    Reply

  6. Willy
    Apr 19, 2011 @ 10:58:38

    woww.. saya ingin kesana hehehe.. bisa minta bantuannya untuk sharing? 🙂

    Reply

  7. andykristono
    Apr 19, 2011 @ 12:04:34

    Silahkan2, tapi langsung by comment di sini yaa, atau bisa juga di Thread Kaskus: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7809771
    Thanks2 sudah mampir ke sini.. 🙂

    Reply

  8. defe
    Nov 21, 2011 @ 03:32:52

    terima kasih banyak mas. infonya membantu sekali. saya ada rencana may 2012 ke vietnam berdua dengan tante saya. boleh minta emailnya Williams pemilik sunrise travel? oya, pas saya cek lagi di info travel agent vietnam, sunrise travel sudah ganti jadi darian culbert. apakah itu benar? dan masih williamkah ownernya? mohon pencerahannya mas andy. dan rks sebelumnya 🙂

    Reply

  9. andykristono
    Nov 21, 2011 @ 10:45:57

    Benar, Sunrise berganti nama menjadi Darian Culbert, dan sekarang lebih menangani cruise ke Halong Bay..
    Owner tetap, nama Vietnam’nya Nguyen Trong Hanh 🙂

    Reply

  10. Lily
    Jan 13, 2012 @ 06:23:41

    Thx unt sharing ya…
    MAu Tanya biaya2 Dan kontak number tour ya Disana.
    Selma touring, menggunakan jasa travel agent sepenuhnya atosendiri uh arrange jadwalnya?
    Apakah tour huidenya bs berbahasa Indonesia?

    To long di reply,terima kasih
    Gbu

    Reply

  11. andykristono
    Jan 17, 2012 @ 03:39:26

    Tour Guide bahasa Inggris. Pertamanya kita ambil terpisah2, jadi misalnya 1 day tour ke Tam Coc, 2 day tour ke Halong Bay dll.. Tetapi setelah itu digabung dan dikasih harga keseluruhan lebih murah, akhirnya kita ambil keseluruhan paket tour.. 🙂
    Jadi untuk tempat wisata yang dituju, kita arrange sendiri & dibantu saran dari travel agent Vietnam di atas.. 🙂

    Reply

  12. timothydonz
    Jan 08, 2013 @ 16:25:25

    hi ko Andy.. sy ada rencana mau ke Vietnam di libur lebaran 2013 ini sama tmn2 saya ( -+ 10 orang ). Kita semua masih “buta” bgt ttg Vietnam. Cm kami ada rencana mau jalan2 di daerah HCMC dan yg paling utama ke Ha Long Bay. Sy cm mau saran dari ko Andy, dgn kondisi kita yg masih “buta” ini, lebih baik kita pakai jasa tour atau jalan sendiri ala backpackers ya ko? Ada saran? Oiya, kita ada rencana pergi sktr 6 hari. Kira2 budget abis brp ya?

    Reply

    • andykristono
      Jan 21, 2013 @ 11:13:02

      Kalo masih “muda” semua, mending coba jalan sendiri aja, kecuali kalo tidak mau repot yaah.. Jalan sendiri sebenarnya cukup mudah kok, baik di Hanoi maupun di HCMC.. Tunggu cerita kita berikutnya ttg perjalanan mandiri ke HCMC, dijamin pasti pengin jalan sendiri ke Vietnam 🙂
      Ooh iya, kalo dari HCM ke Halong Bay itu masih jauh lho, semestinya berangkat dari Hanoi kalo mau ke Halong Bay. Kalo budget tergantung yaah, dalam 6 hari itu mau ke tempat mana saja, karena ada beragam tempat wisata di sekitar Vietnam..

      Reply

  13. Andy Dong
    Mar 24, 2014 @ 07:35:44

    Selamat sore semua,

    Apa kabar? Harapan semua baik
    Kenalkan nama saya Andy Dong, panggil Dong aja. Saya berkerja serperti Tour Guide di vietnam, saya bisa berbicara bahasa indonesia dan bahasa ingris juga. Kalau mua mengunjungi vietnam boleh kontak saya.inilah HP + 84 984072682
    Semoga ada kesempatan perjalanan bersama-sama

    Salam,

    Andy Dong

    Reply

  14. hendra
    Jul 11, 2014 @ 12:03:33

    saya member baru grup fb liburan murah. Menarik sekali membaca kisah perjalanan mas andy kristono di atas. kebetulan saya pengen jalan2 ke vietnam, tapi berhubung waktunya belum jelas dan mungkin sendirian, maka saya ingin pake tour saja biar tidak ribet. Saya lihat tour vietnam sunrise travel nya pak william tsb sangat recommended, jadi saya ingin pake tour tsb aja. Bisa diberitahu caranya mas, apakah guide tournya ada yg bisa bahasa indonesia? terima kasih

    Reply

    • andykristono
      Sep 23, 2014 @ 13:27:32

      Coba email kita pak Hendra. Saya sendiri belum pernah memakai tour guide bahasa Indonesia, tapi nanti coba saya tanyakan dulu ada atau tidaknya..

      Reply

  15. deliana tobing
    Jun 24, 2015 @ 11:49:43

    salam kenal pak andykristono , saya deliana tobing mau jalan2 ke vietnam tgl. 1 juli 2015 ( seminggu lagi ) mohon bantuannya mencarikan guide disana yg bisa bhs.indonesia , dibalas ya pak ? terima kasih

    Reply

    • andykristono
      Jun 25, 2015 @ 02:30:15

      Sudah saya jawab di posting sebelumnya ya bu Deliana.. 🙂

      Reply

Leave a Reply