cuma 5 hari, cuma ber-2 .. CUMA banyak cerita (Ho Chi Minh – Mekong – Muine – Dalat)

Ho Chi Minh – Mekong – Muine – Dalat

Vietnam .. I am coming back again and AGAIN – Ho Chi Minh – Mekong – Muine – Dalat

Datang juga hari yang ditunggu-tunggu. Ketika kami berangkat tidak ada persiapan detail itinerary, kami hanya tau kota-kota mana saja yang kami tuju, kamipun belum memutuskan kota terakhir adalah kota apa.

Bawaan ku selalu bikin orang histeris, tas punggung yang melebihi ukuran badan dan betul saja kena over baggage pada waktu berangkat karena melebihi 7 Kg. Tas ku 11 Kg (darn, I need to learn how to be a light traveler*).

08:00pm, Ho Chi Minh tak ku lihat bus umum menuju Pham Ngu Lao, terpaksa naik taksi. Taksi tanpa meter dengan supir taksi yang terbatas bahasa Inggrisnya. Setelah perdebatan sengit didalam taksi akhirnya kami dapat harga yang cocok dan make sense. Beruntung dari Bandara Tan Son Nhat International Airport dapet temen tebengan 2 orang yang mengarah ke daerah Pham Ngu Lao. Jadi share taksi lebih ringan. Ubek-ubek daerah Pham Ngu Lao (*backpacker area*). Akhirnya malam itu kami dapat penginapan. Taroh tas dan bergegas keliling Pham Ngu Lao sambil cari makan malam.

Day 1 : 09:00am kami keluar dari penginapan, rencana hari ini keliling kota saja dengan berjalan kaki. Dan ada beberapa PR yang harus kami selesaikan ; 1. cari penerbangan domestic dari kota terakhir (*yg pada waktu itu kami belum tentukan*), 2. cari bus malam menuju Mekong, 3. service kamera ku yang mendadak penyakitan ngga bisa dipakai. Otomatis hari pertama di Ho Chi Minh tanpa kamera sungguh merana.

Puter-puter keliling travel sial kami hadapi, pesawat domestic dari Dalat ataupun Nha Trang harganya 2 kali lipat dari harga waktu aku jadwal penerbangan di Jakarta. Akhirnya kami singgah di kantor Vietnamese Airlines dan disitu kami memutuskan kota terakhir adalah Dalat. Dari Dalat kami menuju Ho Chi Minh. PR pertama lewat sudah. Sekarang kita cari service kamera, sambil berjalan saya menemukan tempat service kamera. PR sudah selesai, tinggal 1 PR cari bus malam menuju Mekong. Di terminal bus Benh Tanh ternyata tidak ada bus menuju Mekong kami harus mencarinya di terminal bus Cho Lon. Diterminal bus Benh Thanh kami mendapatkan peta jalur bus yang lengkap. Dipikir-pikir sudahlah kita liat nanti sore saja, sekarang kita jalan-jalan dulu di Ho Chi Minh. Musium pertama adalah historical site of ho chi minh, lalu kami lanjut berjalan menuju hotel rex, setelahnya menikmati es krim dipinggir jalan dan menuju cathedral dengan mengunakan bus umum dan klenteng tua. Kembali ke area Pham Ngu Lau sekitar pukul 04.00pm, tidak ada waktu untuk mencari bus umum di Cho Lon. Akhirnya kami memilih menggunakan travel. Ho Chi Minh – Vin Long, Mekong, malam ini jam 08:00pm.

Tiba di Ving Long, Mekong sekitar jam 11pm, dan sial kota itu sudah sepi tak ada kehidupan padahal kalau siang daerah itu adalah pasar. Kami belum punya penginapan malam ini, namun beruntung 1 boarding house masih buka. 1 kamar, boat untuk besok pagi kami keliling menuju Cai Be floating market di Mekong, dan travel untuk kembali ke Ho Chi Minh. One stop shopping disatu tempat menyelesaikan segala urusan dan malam ini kami tidur tenang.

Day 2 : 06:00am, Ibu kos, begitu biasa kami sebut Ibu sipemilik penginapan membangunkan kami untuk bersiap-siap boat trip keliling delta Mekong selama 4 jam. Tanpa mandi kami bergegas dan mencari sarapan seadanya. Temanku membeli jambu merah dan putih , manis dan besar-besar. Beberapa tempat yang kami kunjungi tapi saya hanya ingat 1 tempat, Cai Be floating market. Menurut bapak boat kami seharusnya berada di Cai Be floating market ini sekitar jam 5 pagi, dimana seluruh area tertutup oleh kapal-kapal. Untuk mengetahui apa yang mereka jual dikapal mereka kita tidak perlu melihat isi kapal, cukup melihat tanda bambu tinggi yang mereka pasang di ujung kapal dan dibambu itu mereka gantung barang / buah / sayur yang mereka jual. Delta ini pasti dalam karena kapal-kapal mereka besar dan yang mereka angkut bukan main banyak dan padatnya. Selama menyusuri Delta, saya beberapa kali bertemu per-4an delta. Dari tempat kapal bersandar menuju Cai Be floating market sekitar 1 jam.

11:00 am kami tiba kembali ke penginapan dan acara ngebut mandi, ngebut packing dimulai. Bus kami menuju Ho Chi Minh sekitar jam 12:00pm.

Paginya di Mekong saya sempat memesan melalui telepon ke travel di Ho Chi Minh untuk bus malam menuju Mui Ne. Karena tidak ada bus langsung dari Mekong ke Mui Ne jadi harus stop sebentar di Ho Chi Minh dan lanjut ke Mui Ne.

Hari ini sekitar pukul 04:00pm kami sudah kembali ke Ho Chi Minh. Sambil menunggu bus malam yang berangkat pukul 09:00pm, temanku tak sabar untuk ubek-ubek pasar Behn Than. Makan sebentar dan langsung menuju Benh Thanh. Dan betul saja keluar dari pasar itu kami sudah membawa tentengan.

Tak kusangka ternyata bus malam kami adalah sleeper bu, cita-cita naik sleeper bus tercapai walau Cuma 5 jam berjalanan.

Day 3 : 09:00am kami baru keluar kamar penginapan dan mulai mengopi. Sedikit lebih pintar dari hari ke-2, belajar dari pengalaman malam kemarin kami memesan kamar penginapan di Ho Chi Minh sebelum menuju Mui Ne. Kami baru tiba di Mui Ne sekitar pukul 01:00 am dini hari. Bus kami berhenti tepat di depan penginapan. Kami baru betul-betul jalan dari penginapan sekitar pukul 10:00am dan PR hari ini mencari bus malam menuju Dalat. Sungguh sial setelah hunting ke beberapa travel disana dan positif tidak ada bus malam menuju Dalat. Hanya ada 2 kali bus dari Mui Ne menuju Dalat, jam 07:00am dan jam 13:00pm. Ke-2nya tidak memungkinkan bagi kami. Kalau kami kejar bus jam 13:00pm berarti kami tidak sempat keliling Mui Ne, kalau kami kejar Dalat esok jam 07:00am berarti kami pun tidak bisa keliling Dalat. Satu-satunya solusi adalah SEWA MOBIL. Darn keputusan sewa mobil ini MENYEBALKAN, beberapa travel kami coba untuk mendapatkan harga terbaik. Kami hanya ber-2 sewa mobil ini sungguh menampar dompet kami. Akhirnya kami mendapatkan travel dengan harga terbaik, one stop shopping lagi. 1. sewa mobil untuk malam ini ke Dalat, 2. sewa mobil untuk keliling Mui Ne, 3. Booking kamer 2 malam di Dalat. Selesai segala urusan yang menyebalkan ini kami keliling ke Pantai depan penginapan kami. Jam 2pm, mobil jeep kami telah siap membawa kami keliling Mui Ne. Mui Ne is AMAZING, red sand dune, white sand dune, spring waterfall dan fisherman village, they’re all so GREAT. Terbayang kalau saya mempunyai kamera yang tepat untuk mengabadikan tempat-tempat indah ini.

Pukul 08:00pm mobil private panther yang membawa kami ke Dalat sudah menunggu didepan penginapan. Penyesalan menyewa mobil karena mislek dijadwal bus terganti sudah dengan pemandangan Mui Ne dan sesi photo gila kami di white sand dune.

Day 4 : 07:30am, Dalat adalah kota yang sejuk. Kami bergegas mencari sarapan pagi dan siap-siapk keliling Dalat. Beberapa tempat kami kunjungi dan seperti biasa aku lupa nama tempatnya. Yang Kuingat adalah Danlat waterfall. Air terjunnya biasa saja tapi yang menyenangkan naik roller costernya. Menuju air terjun dibawa lembah apabila berjalan kaki bisa ditempuh 1 jam, namun naik roller coster ini hanya 10 menit. Roller coster ini tanpa mesin, jalur berkelok dan turun tajam menukik. Pengendara diikat dengan safety belt dan hand break untuk melambatkan dan menyetop laju kereta. 1 kereta bisa diisi 1 hingga 2 orang. Dan untuk menuju kembali kejalan masuk air terjun bisa menggunakan roller coaster ini. Seperti yang saya bilang roller coster ini tanpa mesin jadi mereka hanya menggunakan system katrol untuk menarik kereta kembali keatas bukit, sementara menuruni bukit kereta ini meluncur dengan bebas. Ide sederhana namun cemerlang.

Dalat kota yang sejuk siang haripun udara berhembus dingin, terkenal dengan wine, teh dan kopinya. Kota ini dihiasi dengan bunga-bunga cantik dan pohon-pohon besar, sepanjang hari kami berkeliling dari satu taman bunga ke taman bunga lainnya. Perempuannya cantik-cantik perpaduan muka Vietnam dan Perancis.

Pukul 15:00pm kami selesai dengan keliling kota dan menghilangkan diri dipasar tradisional Dalat. Kembali ke hotel sudah menjelang malam, namun energi kami sepertinya masih full jadi sekitar pukul 20:00pm kami jalan-jalan di tengah kota Dalat. Seru banget dingin-dingin keluar jalan dimalam hari, tengah kota Dalat sungguh hidup, ada pasar malam dan tempat makan bertebaran disana kamipun kalap ditengah-tengah pasar malam Dalat. Jam 23:00pm tak terasa dan kami kembali ke penginapan, tak mau rugi menikmati dinginnya kota Dalat, dalam gelap, mengigil kami berjalan sekitar hampir 1 jam dari pusat kota menuju penginapan.

Lagi-lagi mendapat kejutan dikota lain.

Tas kami sudah beranak pinak, malam ini kami harus packing seringkes mungkin. Esok pesawat kami menuju Ho Chi Minh akan terbang pukul 07.40am.

Day 5 : 07.00 am. Kami sudah berada dibandara udara Dalat (Lien Khuong airport), terletak di provinsi Lam Dong, sekitar 1 jam dari penginapan. Sekitar pukul 09:00am kami sudah berada di Tan Son Nhat airport – Ho Chi Minh. Tas-tas kami sudah kami titipkan dilocker bandara. Untuk membuang waktu yang tersisa karena penerbangan kami ke Jakarta sekitar pukul 20:20pm kami kembali ke daerah Behn Than. Naik bus dari bandara menuju Benh Thanh temanku langsung menyerbu pasar itu sementara aku sibuk cari internet karena ada urusan kantor. Sekitar jam 13:00 pm aku menuju Benh Than. Kami sudah ada meeting point didaerah pasar itu sekitar pukul 15:00pm. Rencanaku keliling kembali ke cathedral batal karena waktu terbatas, dan aku kembali menghilang di pasar Benh Thanh. Tak lama disana aku menunggu temanku di meeting point yang sudah ditetapkan. Seperti yang disepakati pukul 15:00pm kami bertemu dan kembali ke Tan Son Nhat airport. Setiba di airport itu repack kembali barang-barang kami yang semakin banyak. Dan berdoa tidak kena access baggage.

Sekitar 23:30pm tiba di Jakarta. Cuma 5 hari, cuma ber-2 .. CUMA banyak cerita.

Kami akan kembali dengan itinerary Ho Chi Minh – Mui Ne – Ho Chi Minh .. mudah-mudahan Juni 2011 ini.

One Comment

  1. gania
    Mar 27, 2011 @ 05:48:37

    Kami rencana liburan ke ho chi minh bln juli 2011. kami 11 orang perlu sewa mobil untuk 1 grup. Peserta mayoritas up 50years old
    1. Tolong info nama penyewaan mobil yg Bapak gunakan, maksudnya travel dengan harga terbaik yg bapak sebutkan diatas.
    2. Dalat adalah kota sejuk, adakah tempat wisata menarik selain air terjun?
    Terima kasih.

    Reply

Leave a Reply