Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

DSC09580 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

TEMPAT WISATA HONG KONG ISLAND

Hari ini kita berangkat dari Alisan Guest House sekitar jam 10.00 pagi. Semestinya rute pertama mau ke taman Victoria Park di Causeway Bay yang terletak dekat dengan guest house kita, cukup dengan berjalan kaki. Tetapi berhubung takut nggak keburu dengan jadwal yang lain, akhirnya kita berangkat ke The Peak terlebih dahulu, supaya tidak terlalu ramai nantinya. Perjalanan kita dimulai dari MTR Causeway Bay Station, di salah satu exit dekat dengan Sogo Causeway Bay.

THE PEAK (jam 11.00)

Salah satu tempat wisata Hong Kong yang terkenal. Di The Peak ini kita dapat melihat pemandangan kota Hongkong dari atas bukit.

Cukup mudah untuk menuju ke Peak Tram Station, yang akan mengantar kita naik Tram ke Victoria Peak. Tinggal turun di station MTR Central, dan menuju ke exit J2 di Chater Garden. Cari penyeberangan jalan menuju ke Garden Road, dan sambil menyusuri jalan kita akan melihat Bank of China & Citibank Plaza di sebelah kiri. Di sebelah kanan seberang Citibank juga terdapat St. John Cathedral, dan terdapat banyak petunjuk jalan, tinggal kita mencari arah ke Peak Tram.

DSC09592 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

DSC09597 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

Di ujung jalan Garden Road, terdapat petunjuk jalan besar ke Peak Tram, tinggal menyeberangi jalan dan kita akan sampai di ticket office untuk Peak Tram ke The Peak. Lumayan juga membawa beberapa orang tua yang berumur 65 tahun & anak-anak, karena hanya tinggal membayar separoh harga untuk tiket pp Peak Tram + Skypass menuju ke Sky Terrace. Tiket untuk orang tua cuman $31 HKD, sedangkan tiket standart seharga $65 HKD.

Cukup unik juga naik peak tram ini. Kita dapat merasakan naik kereta dengan kemiringan hampir 45 derajat, dan di atas kita dapat naik ke Sky Terrace untuk melihat pemandangan kota Hongkong. Museum Madame Tussaud juga terletak di The Peak ini. Foto2 dulu aahh.. icon smile Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

DSC09628 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

Pemandangan ke arah Hongkong dari Sky Terrace “The Peak”

DSC09631 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

DSC09607 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

Madame Tussauds The Peak

DSC09638 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

Kita makan siang dulu di The Peak Galleria. Semestinya bisa mampir juga ke Lion Pavillion di dekat The Peak Galleria, tapi berhubung takut kesiangan, akhirnya kita menuju ke rute kita selanjutnya..

HONGKONG PARK (jam 14.00)

Dari The Peak, cukup dekat untuk menuju ke Hongkong Park. Setelah keluar dari Peak Tram Station, kita dapat melihat ke arah kanan di seberang jalan, yaitu pintu masuk menuju ke Hongkong Park di sepanjang jalan Cotton Tree Drive. Ada beberapa gate untuk masuk ke Hongkong Park, tinggal kita masuk di salah satu gate. Apabila senang dengan museum, bisa mampir juga di Museum of Tea Ware, yaitu museum tentang cara minum teh dan berbagai jenis teko teh di jaman dahulu, yang dapat dimasuki secara gratiss.. icon smile Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

DSC09697 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

Hongkong Park

DSC09708 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

Jalan kaki terus ke arah Fountain Plaza, kita naik MTR dari Admiralty Station di Pasific Place, untuk menuju ke tujuan berikutnya, yaitu Repulse Bay..

REPULSE BAY (jam 15.30)

Pantai yang cukup terkenal di Hongkong. Caranya waktu itu kita naik bus no. 6 dari Terminal Bus (Bus Terminus) yang terletak di Exchange Square, dekat dengan Hongkong Station. Untuk menuju ke Hongkong Station sendiri bisa berjalan kaki dari MTR Central Station. Selain bus no. 6,  masih ada beberapa bus dengan nomer awal 6 yang menuju ke Repulse Bay, tinggal melihat di tujuan bus yang menuju ke arah Stanley / Repulse Bay.

Untuk bus sendiri cukup mudah dibandingkan dengan bus di Singapore, karena terdapat display setiap kali kita akan memasuki halte bus. Jadi kita bisa tahu, untuk pemberhentian bus menuju ke Repulse Bay tinggal berapa stop lagi. Dan tepat sebelum kita memasuki halte bus di Repulse Bay, display tersebut juga akan menampilkan “next stop is Repulse Bay”. Mudah sekali bukan, untuk bepergian naik bus & MTR di Hongkong? icon smile Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

Sampai di Repulse Bay, kita masih harus turun tangga untuk menuju ke arah pantai di bawah. Pemandangan di Repulse Bay tipikal pantai dengan pasirnya yang putih. Yang membedakan yaitu adanya background bangunan tinggi / apartment di belakang pantai, dan di ujung sebelah kiri (apabila kita menghadap ke arah pantai), kita dapat melihat kuil kecil di pinggir pantai. Cukup ikuti saja petunjuk jalan menuju ke arah kuil (temple) ini. Foto2 sebentar & bermain di children playground di pinggir pantai Repulse Bay, setelah itu kita naik ke atas untuk balik lagi ke Causeway Bay.

DSC09714 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

Repulse Bay

DSC09724 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

DSC09736 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

DSC09738 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

DSC09742 Hong Kong Island | Tempat Wisata Hong Kong

Ada 2 cara sebenarnya untuk kembali ke Causeway Bay, yaitu naik minibus no. 40 yang langsung turun di Causeway Bay, atau naik bus dengan nomer yang sama (bus no. 6) untuk balik ke Exhange Square / Central Station. Di tengah jalan, kita melihat rute pemberhentian bus yang turun di Pasific Place (MTR Admiralty Station), jadi lebih dekat untuk menuju ke MTR Causeway Bay. Kita memutuskan untuk berhenti di Pasific Place, naik MTR Admiralty Station untuk menuju ke Causeway Bay Station.

Sampai di Causeway Bay, untuk makan malam kita mencari tempat makan di Lockhard Road di daerah Causeway Bay, dan ketemu dengan salah satu fast food yang cukup terkenal, yaitu YOSHINOYA thanks untuk info dari Josephine, salah satu anggota group FB Liburan Murah. Sebenarnya di seberang jalan bangunan SOGO menyeberangi Yee Wo Street, masih banyak terdapat tempat makan Indonesia, yaitu rumah makan Padang dan warung Chandra, tapi berhubung sudah malam, akhirnya kita memutuskan untuk makan di Yoshinoya saja..

TIPS:

Di Causeway Bay ini juga terdapat banyak shopping mall, tetapi dengan harga yang cukup mahal, karena kebanyakan berupa barang bermerk. Bisa coba mampir ke Times Square, Sogo dan mall yang lain.

Untuk taman selain Hongkong Park, bisa mampir ke Victoria Park yang terletak dekat dengan Causeway Bay. Ocean Park Theme Park juga terletak di Hongkong Island ini..

Untuk semua rute jalan, baik di Hongkong Island maupun Kowloon, semua sudah tersedia di dalam peta gratis yang tersedia di bandara Hongkong. Peta jalan ini update tiap bulannya, jadi jangan lupa untuk mengambil peta gratis waktu datang ke Hongkong!

Untuk informasi HOTEL MURAH / GUEST HOUSE / HOSTEL di HONGKONG, bisa lihat review di bawah ini:

HOSTEL / GUEST HOUSE / Apartemen di KOWLOON / Nathan Road :

2. Vina Puspitasari
    Aug 16, 2013 @ 07:21:03

Hi,

mau tanya untuk kawasan di sekitar Golden Crown aman? saya dengar di sana kurang aman.

terima kasih

Vina

3. Vina Puspitasari
    Aug 16, 2013 @ 07:23:13

Hi,

mau tanya untuk kawasan di sekitar Golden Crown aman. saya dengar di sana kurang aman.

teriama kasih

• andykristono
      Aug 29, 2013 @ 09:06:04

Aman saja kok, selama kita menginap di sana juga selalu kembali ke guest house jam 11-12 malam & aman2 aja. Yg agak serem mungkin di sekitar Mirador / Chungking, banyak org berkulit hitam bertubuh besar yg berkumpul, tapi belum pernah tau juga apakah pernah terjadi masalah thd turis ato nggak..