Hongkong ke Shenzhen | Tempat Wisata Shenzhen

Tempat Wisata Shenzhen

Pagi ini, tepatnya sekitar jam 9.30 pagi, kita sudah mengurus check-out dari guest house. Sebelumnya rute kita akan pergi ke Shenzhen, yaitu melalui MTR Causeway Bay Station menuju ke Admiralty Station, pindah jalur ke East Tsim Sha Tsui, untuk kemudian berhenti di station paling ujung yaitu Hum Hong Station, dan naik kereta dari Hum Hong menuju ke Lo Wu Station.Rute lain bisa juga dari Admiralty Station, pindah jalur menuju ke Prince Edward Station, dan dari sini kita pindah jalur lagi ke Kowloon Tong, dan dari Kowloon Tong tersedia jalur langsung menuju ke Lo Wu Station di perbatasan Shenzhen. 2 alternatif rute di atas sebenarnya cukup menyulitkan juga, karena harus berpindah-pindah jalur, terutama apabila kita membawa banyak barang bawaan + orang tua + anak-anak, waah, waaah..

Untungnya setelah kita ngobrol dengan pemilik guest house Alisan yang kebetulan orang Indonesia, dia menyarankan supaya kita naik bus saja dari Causeway Bay yang akan langsung menuju ke Hum Hong Station (1 stop saja) dari jalur bawah tanah, yaitu bus no. 103 atau 106. Halte bus juga dekat sekali dengan lokasi guest house kita, cukup berjalan kaki sekitar 50 meter’an.

Dari halte bus di Hum Hong, kita bisa melihat jembatan penyeberangan di arah depan. Tinggal berjalan kaki ke arah kanan saja, menyeberangi jembatan penyeberangan, dan kita sudah sampai di Hum Hong Station. Harap perhatikan papan petunjuk display, karena perjalanan ke perbatasan Shenzhen ini berada di Lo Wu Station, sedangkan jalur ke Lowu sendiri, yaitu di jalur East Rail Line, akan terpisah menjadi 2, yaitu jalur menuju ke Lo Wu dan jalur menuju ke Lok Ma Chau. Tinggal kita perhatikan di papan display, arah ke Lo Wu dapat dituju dari platform kereta yang mana (ada 4 pilihan platform kereta di Hum Hong Station ini)

DSC09767 Hongkong ke Shenzhen | Tempat Wisata Shenzhen

Imigrasi Shenzhen

PERBATASAN CHINA: SHENZHEN (jam 11.00)

Perjalanan dari Hum Hong Station tidak terlalu lama, sekitar 30-40 menit aja, dan langsung menuju ke Lo Wu Station tanpa perlu berpindah jalur, yang sangat mempermudah perjalanan kita ke Shenzhen. Yang cukup memakan waktu di sini yaitu proses imigrasi. Pertama kita akan menuju ke counter imigrasi Hongkong. Setelah selesai di imigrasi Hongkong berikutnya kita akan menuju ke counter imigrasi China, karena kita akan memasuki negara China, tepatnya di kota Shenzhen. Kita sudah mengurus visa terlebih dahulu, jadi tidak perlu untuk mengurus Visa On Arrival (VOA) lagi, tetapi tetap masih harus menunggu antrian di counter imigrasi China.

DSC09766 Hongkong ke Shenzhen | Tempat Wisata Shenzhen

Gedung “UFO” di tengah: Hotel Shangri-La Shenzhen, Gedung sebelah kanan: Luo Hu Commercial City

Setelah melewati counter imigrasi China, kita tinggal berjalan kaki melewati Luo Hu Commercial City. Dari pintu keluar kantor imigrasi di Luo Hu, kita bisa melihat bangunan Shangrila Hotel Shenzhen. Hotel tempat kita menginap kebetulan berada persis di belakang Shangri-La Hotel, yaitu di Prince Inn Hotel. Cukup lumayan juga hotelnya, meskipun receptionist di sana tidak bisa berbahasa Inggris. Dan setelah melewati sedikit masalah karena kamar yang kita pesan sudah diberikan ke tamu hotel lain, akhirnya kita dapat bermalam di kamar tipe suite. Cihuuy! icon smile Hongkong ke Shenzhen | Tempat Wisata Shenzhen

DSC09784 Hongkong ke Shenzhen | Tempat Wisata Shenzhen

DSC09797 Hongkong ke Shenzhen | Tempat Wisata Shenzhen

View kota Shenzhen dari kamar Hotel Prince Inn

WINDOW OF THE WORLD (jam 14.00)

Setelah titip bagasi di kamar hotel, kita lanjut lagi menuju ke tempat wisata Shenzhen yang akan kita tuju hari ini. Schedule hari ini cuman 2 tempat saja, yaitu Windows of the World, dan belanja di Luo Hu Commercial City. Menuju ke Windows of the World (WOW) cukup mudah, kita tinggal naik metro Shenzhen dari depan Hotel Shangri-La, dan turun di Window of the World (WOW) Station. Dari sana tinggal cari exit ke Windows of the World Pyramid (WOW), dan kita akan tiba di piramid yang terletak di depan entrance pintu masuk WOW.

Sama seperti pembelian tiket di tempat wisata Hongkong, di Window of the World Shenzhen ini juga berlaku tiket separuh harga, bahkan gratis. Yaitu tiket separuh harga untuk orang tua di atas 65 tahun & anak-anak, dan tiket gratis untuk orang tua berumur 70 tahun ke atas! Kalo kita ikut tour, meskipun orang tua, rasanya kok harga tour tetap bayar penuh ya, atau ada diskon juga untuk orang tua? Mungkin teman2 yang pernah ikut tour ke Hongkong bareng ortu bisa sharing di comment post di bawah icon smile Hongkong ke Shenzhen | Tempat Wisata Shenzhen

Berhubung waktu sudah sekitar jam 2 siang, kita makan sebentar di KFC dekat ticket office WOW, dan setelah mempertimbangkan waktu yang cukup terbatas, kita menyewa mobil golf untuk 10 orang. Enaknya menyewa mobil golf ini kita bisa stop di setiap tempat dimana kita ingin berfoto ria. Sewa mobil golf sebenarnya cukup mahal juga, yaitu 350 RMB, tetapi karena sudah terlanjur sampai di Windows of the World, dan kita merasa sayang juga kalo kita tidak mengitari keseluruhan area di WOW ini.

DSC09811 Hongkong ke Shenzhen | Tempat Wisata Shenzhen

DSC09903 Hongkong ke Shenzhen | Tempat Wisata Shenzhen

DSC09934 Hongkong ke Shenzhen | Tempat Wisata Shenzhen

LUO HU COMMERCIAL CITY (jam 18.30)

Malam harinya setelah dari Window of the World, kita mampir untuk berbelanja di Luo Hu Commercial City. Bangunan berbentuk seperti mall ini ternyata juga banyak menjadi tujuan tour turis Indonesia, karena banyak dari penjaga toko & stand di sini yang bisa berbahasa Indonesia! Jadi apabila hendak menawar harga, jangan pergunakan bahasa Indonesia, karena beberapa dari penjaga stand toko yang sudah tahu sebelum kita menawar harga, mungkin bisa pakai bahasa Jawa aja yaa? icon smile Hongkong ke Shenzhen | Tempat Wisata Shenzhen

TIPS:

Beberapa tempat wisata lain di Shenzhen yang sering dikunjungi turis: Splendid China & bisa melihat pertunjukan di China Folk Culture Garden..

Untuk teman-teman yang sudah pernah ke Hongkong tapi masih belum pernah ke Shenzhen, tidak usah takut dengan kendala bahasa. Karena jalur Metro di Shenzhen sudah cukup jelas, dan ada terjemahan dalam bahasa Inggris. Di Window of the World juga penjaga masih bisa berbahasa Inggris, walau tidak terlalu fasih. Saya sendiri tidak dapat berbahasa Mandarin kok, hehe..

DSC09945 Hongkong ke Shenzhen | Tempat Wisata Shenzhen

3 Comments

1. Catatan Perjalanan ke Hongkong - Shenzhen - Macau 2012 | Liburan Murah
    Mar 14, 2012 @ 15:01:41

[...] 5 Maret 2012: Hongkong ke Shenzhen… [...]

2. mega
    Nov 22, 2012 @ 01:06:56

terima kasih sharenya pak, mohon dibantu nomor telepon guest house alisan ? harga perkamar berpa ya…. ? tks