“Puncak”nya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

“Puncak”nya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

*Masih mengulas tentang liburan di dalam negeri, tepatnya di sekitar Surabaya, Jawa Timur & sebelumnya Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433H untuk teman2 Liburan Murah yang merayakannya, mohon maaf lahir & bathin* icon smile Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Berhubung masih dalam musim libur Lebaran & belum ada rencana liburan, saya & keluarga berniat untuk ngadem, keluar dari kota Surabaya yang mulai panaaasss..

Beberapa pilihan kota berhawa dingin / pegunungan di dekat Surabaya yaitu Prigen – Tretes, Trawas, & kota Batu, Malang. Kota Batu (dekat dengan Malang) merupakan pilihan menarik dengan banyaknya theme park & taman wisata keluarga seperti yang sudah saya bahas di posting sebelumnya, tetapi jaraknya sedikit lebih jauh, yaitu 2,5 jam dari Surabaya. Yang terdekat tentunya naik ke Tretes & Trawas, dengan jarak sekitar 1 – 1,5 jam saja dari Surabaya. Sekarang ini juga sudah lumayan mudah akses menuju ke Tretes & Trawas, sejak adanya jalan alternatif baru sehingga tidak terhambat macet di sekitar Porong (karena adanya lumpur Lapindo).

Hotel Surya Prigen Tretes Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Gate Bali Hotel Surya Prigen Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Kolam Renang Hotel Surya Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

PENGINAPAN DI TRETES – TRAWAS

Di Tretes saya mencoba menginap di Hotel Surya Prigen, hotel lama di Prigen Tretes sekaligus untuk nostalgia masa kecil. Lokasi sangat strategis, karena berada dekat dengan pasar Tretes. Di depan hotel dari siang sampai dengan malam hari juga banyak orang berjualan makanan di warung kaki lima, mulai dari jagung bakar, bakso, sate, angsle & ronde. Untuk anak kecil bisa berenang di kolam renang Hotel Surya yang sudah ada sejak dulu, & juga naik kuda keliling pasar Tretes yang tersedia persis di depan Hotel Surya ini. Pada bulan puasa kemarin ada diskon dari kartu kredit, sehingga saya cuman membayar separuh dari harga hotel, cukup lumayan untuk refreshing keluarga! icon smile Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Alternatif lain menginap di daerah Tretes, bisa mencoba menginap di Hotel Royal Senyiur, Tretes Raya Hotel & juga di beberapa villa yang ditawarkan oleh makelar villa di pinggir jalan menuju ke Hotel Surya.

Naik Kuda Tretes Trawas Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Sedangkan di daerah Trawas, juga banyak terdapat pilihan penginapan dengan view pemandangan gunung di depan mata, seperti Grand Trawas Hotel, Padepokan Cahaya Putra & Royal Trawas Hotel. Sedikit lebih sepi ketimbang Tretes, tetapi dengan view pegunungan yang lebih indah (menurut saya). Cocok untuk tempat refreshing keluarga, duduk santai sambil melihat anak bermain di padang rumput yang luas #serasa di Eropa, hehehe.. icon smile Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Pemandangan Gunung di Trawas Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Taman di Villa Trawas Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Villa di Trawas Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Ada apa di Prigen – Tretes & Trawas?

Untuk area permainan keluarga seperti yang banyak tersedia di kota Batu – Malang, sementara ini belum ada di daerah Tretes & Trawas. Tetapi sudah ada Adventure Park yang baru dibuka & cukup menarik bagi anak-anak maupun orang dewasa, yaitu di Tretes Treetop Adventure Park.

Sedikit copas dari website Tretes Treetop Adventure Park:

Tretes Treetop merupakan bagian dari Treetop Adventure Park yang tersebar di seluruh dunia dan sekarang lebih dari 350 jaringan Adventure Park, bermula dari tahun 1995 Treetop Adventure Park pertama kali dibuat di French Alps, Perancis dan tahun 2000 ada 45 buah taman telah dibuat di Perancis, kemudian di tahun 2005 sebanyak 300 an taman telah menyebar di Inggris, Spanyol, Italia, Swiss dan Kanada.

Tahun 2006 taman ini mulai merambah Asia Pasifik di Selandia Baru, Australia, Singapura, Jepang dan Bali.

Di tahun 2012 ini kami di Tretes, berkesempatan menjadi bagian dari Jaringan Adventure Park dengan dibukanya Tretes Treetop Adventure Park di Trawas, Tretes, Prigen.

Di Tretes Treetop Adventure Park ini kita bisa mencoba berbagai aktivitas outdoor, mulai dari 6 Sirkuit Petualangan dari satu pohon ke pohon lainnya yang tingginya berkisar antara 2 – 20 meter, 50 Tantangan untuk segala usia, sampai dengan 12 Flying Fox panjangnya hingga mencapai 750m (Terpanjang di Asia Tenggara). Harganya juga tidak terlalu mahal, yaitu Rp. 85.000 untuk anak-anak & Rp. 125.000 untuk orang dewasa. Info lengkap coba lihat di sini: www.tretestreetop.com

KULINER TRETES – TRAWAS

Tempat makan favorit di sekitar Tretes, bisa mencoba Soto Gondrong di Pujasera Pandurata persis di belokan jalan menuju ke Trawas. Sedangkan di Trawas sendiri juga tersedia tempat makan pujasera sederhana yang letaknya di depan Hotel Grand Trawas, yaitu Pujasera Pak Thoyib. Warung kaki lima seperti yang saya sebutkan di atas juga banyak tersedia di depan hotel Surya Tretes. Sedangkan warung pinggir jalan di Trawas yang terkenal berada di depan Padepokan Cahaya Putra. Menu yang ditawarkan juga kurang lebih sama yaitu jagung bakar, sate (sate ayam & sate kelinci), bakso, angsle & ronde jahe. Turun sedikit dari Tretes, bisa mencoba Rumah Makan Ayam Goreng Sri di daerah Pandaan, salah satu tempat makan lama yang sangat terkenal dari jaman dulu sampai sekarang.

Jadi untuk teman-teman Liburan Murah di Surabaya yang ingin liburan singkat (short trip) & murah, bisa coba naik ke “puncak”nya orang Surabaya, yaitu pergi ke Tretes & Trawas.. icon smile Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Angsle Ronde Hotel Surya Prigen Tretes Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Angsle Ronde depan Hotel Surya Prigen Tretes

Soto Gondrong Pujasera Pandurata Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Soto Gondrong Pujasera Pandurata

Pujasera Pak Thoyib Grand Trawas Hotel Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Pujasera Pak Thoyib – Gerbang Grand Trawas Hotel

Ayam Goreng Sri Pandaan Puncaknya orang Surabaya: Tretes & Trawas..

Rumah Makan Ayam Goreng Sri Pandaan

One Comment

  1. christine
    Dec 28, 2012 @ 13:23:16

    klo ke tretes wajib pula makan kuliner yang satu ini
    BAKSO KOBONG
    BAKSO DENGAN MACAM MACAM VARIAN RASA
    MAYONAISE, SAMBEL WATU, NGABER, SATE, ORIGINAL

    Dengan iklim tretes yang dingin
    bakso kobong cocok banget menikmati santap anda

    KUNJUNGI GERAI KAMI HANYA DI
    JALAN RAYA PALEMBON 57 PRIGEN
    0343881072

    recommended deh

    Reply

Leave a Reply