Changi Airport vs Suvarnabhumi Airport vs Hongkong International Airport vs Shanghai Pudong International Airport

Changi Airport vs Suvarnabhumi Airport vs Hongkong International Airport vs Shanghai Pudong International Airport

“International AIRPORT DI ASIA”

Setelah mengunjungi beberapa negara di Asia dan mampir di beberapa bandara, kebanyakan tidak terlalu sulit untuk mencari tempat check-in & boarding, karena luasan bandara yang tidak terlalu besar.

Tetapi ada juga beberapa bandara yang superbesar dengan interior yang modern, dan waktu pertama kali mampir ke bandara tersebut membuat saya “sedikit” bingung. Berikut ini saya ingin membagikan beberapa informasi yang mungkin bisa berguna buat teman-teman yang hendak berkunjung ke beberapa negara di bawah ini, yaitu International Airport di Asia:

  • Changi Airport di Singapura
  • Suvarnabhumi Airport di Bangkok
  • Hongkong International Airport di Hongkong
  • Shanghai Pudong International Airport di Shanghai, China

Bandara yang disebutkan di atas sama-sama mempunyai desain yang modern, tetapi dengan penataan layout ruangan boarding & tipe desain yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Mana yang lebih anda suka..?

Changi Airport Singapore

Desain modern, dengan penataan layout ruang boarding yang simple, dan tidak menyulitkan untuk penumpang pesawat yang baru pertama kali mengunjungi bandara ini. Kesan mewah juga saya dapatkan waktu memasuki terminal 3 di Changi Airport, dengan lantai karpet sepanjang ruang boarding pesawat.

Sudah terhubung dengan jalur MRT Singapore, menuju ke berbagai kawasan di Singapore yang dilalui oleh MRT. Sangat memudahkan perjalanan bagi saya & backpacker / budget traveler 🙂

INFO tentang Singapore

Suvarnabhumi Airport Bangkok

Bandara International di Bangkok yang baru direnovasi. Kesan pertama bandara yang bersih, dengan desain modern & penataan layout ruang boarding yang juga simpel, tidak menyulitkan pengunjung yang baru pertama kali datang ke bandara ini. Hanya ada satu yang harus diwaspadai, letak ruangan boarding yang cukup panjang, sehingga kita harus berjalan kaki cukup jauh. Apalagi bila kita naik Air Asia yang biasanya terletak di gate paling ujung dari bandara. Jadi awas, jangan sampai terlambat untuk boarding, atau kita bisa ketinggalan pesawat!

Sudah tersedia juga tranportasi umum menuju ke pusat kota, yaitu dengan Public Bus & Airport Rail Link yang terkoneksi dengan BTS & MRT di Bangkok.

INFO tentang Thailand

Hongkong International Airport

Yang sedikit membingungkan waktu pertama kali ke sini, karena adanya terminal 1 & 2 di Hongkong yang keduanya dipisahkan oleh subway / kereta bawah tanah di dalam airport. Sudah ada petunjuk papan nama sebenarnya, jadi perhatikan baik-baik setiap papan petunjuk, baik waktu pertama kali kita datang ke Hongkong untuk imigrasi & mengambil bagasi, ataupun pada waktu hendak check-in & boarding ketika pulang dari Hongkong.

Bandara ini sudah sudah terkoneksi dengan transportasi umum, seperti Airport Bus ke berbagai penjuru Hongkong, dan juga jalur Airport Express ke pusat kota di Hongkong Island & Kowloon.

INFO tentang Hongkong

Shanghai Pudong International Airport

Bandara dengan penataan yang juga simpel dan tidak menyulitkan pengunjung menurut saya. Dan enaknya lagi bandara ini sudah terhubung dengan jalur kereta cepat Maglev Train menuju ke pusat kota. Sehingga sangat cocok untuk pebisnis yang ingin mencapai pusat kota dengan cepat. Selain itu masih ada pilihan untuk menggunakan transportasi kereta bawah tanah di Shanghai, yaitu Shanghai Metro.

INFO tentang Shanghai

Semestinya masih ada beberapa bandara lagi yang superbesar dan termasuk bandara terbaik di Asia, yaitu bandara di kota Seoul, Korea Selatan dan bandara di Tokyo, Jepang. Semoga secepatnya bisa kesampaian ke Jepang & Korea Selatan yaa! 🙂