Itinerary Liburan Murah ke Turki

Itinerary Liburan Murah ke Turki

Itinerary Liburan Murah ke Turki

Itinerary Liburan Murah ke Turki

Itinerary liburan murah ke Turki di bulan April 2015, berdua dengan istri & beberapa teman di grup #LiburanMurah. Kota-kota di Turki sangat menyenangkan untuk di-explore. Rasa aman selama kita di sana cukup tinggi. Scam selama kita di Turki juga cukup minim, yang harus dihindari seperti scam taxi & orang yang menjajakan barang dagangan secara berlebihan, seperti scam berfoto dengan unta. Penduduk Turki cukup ramah dengan turis & tidak keberatan apabila kita bertanya di jalan.

4 April – KLIA2

Berangkat dari Juanda Surabaya menuju ke KLIA2. Naik airport express, langsung dari KLIA2 ke bandara KLIA, tempat start pesawat Qatar dari Kuala Lumpur menuju ke Doha. Kemudian kita makan di food garden KLIA, yang tidak disangka ternyata harganya cukup murah, bahkan lebih murah dari food court Quizinn di KLIA2.

5 April – Doha, Qatar

Pagi-pagi begitu pesawat mendarat di Doha mendekati jam 6 pagi, langsung ngebut setengah berlari menuju ke counter free tour dari Qatar Airways. Kemudian setelah transit & ikut free tour, kita melanjutkan perjalanan menuju ke Istanbul.

5 April – Istanbul

Setelah sampai di Airport Ataturk Istanbul, malam ini kita makan dulu di daerah Sultanahmet, tuker uang, kemudian menuju ke hostel untuk beristirahat.

6 April – Istanbul – Bursa

Berangkat ke Bursa sekitar 4 jam, enjoy snow resort Uludag & naik cable car terpanjang di Turki, yang baru diresmikan Desember 2014. Malam harinya kita berangkat night bus ke Selcuk/Izmir.

7 April – Izmir – Selcuk

Pagi hari sampai ke Izmir, terus pergi ke Alacati Village dekat Izmir & ke Cesme. Sore hari melanjutkan perjalanan ke Selcuk, check in penginapan.

8 April – Selcuk

Selcuk all day: Ephesus dan House of Virgin Mary. Rute awal kita naik dolmus dari Selcuk bus station ke Ephesus, dari Ephesus naik taxi (satu-satunya transportasi) menuju ke house of Virgin Mary dan balik ke kota Selcuk. Masih ada waktu, kita menyempatkan mampir ke Sirince Village.

9 April Selcuk-Pamukkale

Pagi ini kita berangkat ke Denizli. Acara kita hari ini keliling Pamukkale all day, kemudian malamnya tidur di bus ke Goreme, Cappadocia (10 jam).

10 April – Cappadocia

Hari ini rute perjalanan kita mengikuti Green Tour di Cappadocia.

11 April – Goreme – Cappadocia

Goreme town all day!
Hari ini kita cuma berkeliling santai, menuju Goreme Open Air Museum, tinggal jalan kaki dari kota Goreme sekitar 1-2 kilometer.

12 April – Urgup – Cappadocia

Urgup town all day!
Mampir ke kota Urgup, tinggal menunggu dolmus yang berada persis di perempatan belokan jalan yang menuju Goreme Open Air Museum. Yang harus dilihat yaitu Wish Hill, view point terbaik dari atas bukit, mengarah ke kota Urgup dan pegunungan di sekitarnya.

13 April – Cappadocia – Istanbul

Shopping last day Goreme!
Pagi hari shopping hari terakhir di Cappadocia, minta refund karena penerbangan balon dibatalkan. Sore menjelang malam naik airport shuttle ke Kayseri Airport booking dari hotel, untuk flight back to Istanbul.

14 April – Istanbul

Bosphorus & Tulip Festival. Hari ini kita naik Bosphorus Cruise yang sering digunakan warga lokal, kemudian menuju ke Emirgan Park untuk melihat Tulip Festival.

15 April – Istanbul

Around Sultanahmet: Blue Mosque, Topkapi Palace, kemudian naik tram ke Grand Bazaar.

16 April – Istanbul – Doha – Denpasar

Istanbul all day – Hagia Sophia – last shopping – kemudian pulang! Transport ke airport Ataturk sudah kita pesan sebelumnya melalui Orient Hostel.

Detail cerita perjalanan & itinerary liburan murah ke Turki akan kita tulis dalam postingan berikutnya yah, tunggu postingan kita selanjutnya tentang Turki 🙂

Tempat wisata utama Turki lain yang belum kita kunjungi

  • Pergamon: untuk yang senang sejarah, bisa mampir ke Pergamon ini. Saya lumayan suka sejarah, tapi info dari beberapa teman apabila dibandingkan dengan Ephesus, reruntuhan di Pergamon tidak banyak yang utuh. Sedangkan di Ephesus masih terjaga dan lebih bisa dilihat. Akhirnya kita skip rute ke Pergamon.
  • Troy: untuk yang senang melihat film Troy, mampir ke sini adalah wajib! Cuman lagi-lagi, yang bisa dilihat di sini kuda Troy saja, kalo tidak salah yang satu asli, yang satu replica dari film Troy. Jadi akhirnya kita skip juga.
  • Ankara: Museum Attaturk yang megah, dan sebenarnya pengin mampir ke sini. Tapi akhirnya kita skip, karena waktunya lebih baik kita pakai untuk keliling Istanbul saja (pendapat pribadi, sebaiknya anda bisa googling dulu sebelum memutuskan)
  • Fethiye/Antalya: naah, kalo rute ini ada di Turki bagian selatan. Bagus, tapi apabila anda memutuskan ke Fethiye, rasanya kok sayang nggak sekalian mampir ke Antalya. Dengan jumlah hari kita yang terbatas, akhirnya kita skip, mungkin lain kali kalo ke Turki lagi. Karena lokasi yang menyempil di bawah, yaitu Turki selatan, tentunya harus butuh tambahan waktu untuk transportasi menuju dua kota ini. Dan explore kedua kota ini, bisa memakan waktu mungkin 2-3 hari.
  • Turki bagian timur: Ada beberapa teman yang pergi ke sini, tapi saya belum kepikiran untuk pergi ke rute yang lebih jauh dari Cappadocia, hehe. Jadi akhirnya kita putuskan terjauh sampai dengan Cappadocia saja, rute saya atur menyerupai jadwal tour.
  • Nemrut, salah satu World Heritage di Turki. Nemrut ini masuk di salah satu tujuan kita sebenarnya, tapi terkendala oleh anomali cuaca waktu kita ke sana, turun salju di beberapa bagian Turki padahal sudah memasuki bulan April.

Istanbul Turki

2 Comments

  1. Herwin
    Feb 07, 2016 @ 07:40:34

    Sayang gak dijelasin biaya2nya…….

    Reply

Leave a Reply