Cerita Liburan: Kebiasaan Buruk orang di negeri bambu China ?

Cerita Liburan: Kebiasaan Buruk orang di negeri bambu China ?

100 1820 Cerita Liburan: Kebiasaan Buruk orang di negeri bambu China ?

Teman-teman Liburan Murah mungkin pernah dengar berbagai cerita tentang pengalaman buruk traveling di China, terutama yang pernah membaca blog Trinity atau mendengar cerita dari traveler yang lain. Saya juga pernah beberapa kali ke China, dan sebagian pengalaman tersebut memang saya alami sendiri. Tapi sampe sekarang saya nggak akan kapok untuk pergi ke China. Kenapa? Coba baca tulisan saya selanjutnya di bawah ini…

KEBIASAAN ORANG DI NEGERI CHINA…

Teman-teman traveler yang belum pernah ke China, jangan kaget kalau melihat beberapa kebiasaan orang di negeri China daratan (mainland China)  ini. Beberapa di antaranya:

  • Tidak ramah sama sekali waktu kita mau tanya jalan, berbeda dengan orang di negara kita Indonesia yang memang ramah-ramah.
  • Ngomong keras di telepon / HP, dan mudah marah – naik darah..
  • Saling serobot tidak mau antre, dan dorong-dorongan sampe penuh orang di dalam kereta / subway
  • Kebiasaan meludah sembarangan. Kalau ini mungkin masih ada di Indonesia, tapi di China bener-bener parah. Bahkan beberapa orang mengeluarkan suara keras terlebih dahulu sebelum meludah. Hiiiiii icon smile Cerita Liburan: Kebiasaan Buruk orang di negeri bambu China ?
  • KM / WC yang kotor & terbuka, bisa saling melihat satu sama lain (terutama WC yang berada di daerah pedesaan). Kalau WC di perkotaan mungkin tidak separah ini, walau kebanyakan masih agak sedikit “bau” icon smile Cerita Liburan: Kebiasaan Buruk orang di negeri bambu China ?

Kebiasaan yang cukup berbeda dengan negara kita, Indonesia, kemungkinan saya rasa karena kemajuan yang berjalan cukup cepat di negara China, sehingga masyarakatnya “belum siap” untuk menerima modernisasi ini. Tetapi semuanya terbayarkan dengan pemandangan di China yang indah & beraneka ragam, mulai dari kota yang modern, kuil peninggalan jaman dahulu ratusan hingga ribuan tahun yang lalu yang tetap terpelihara sampai dengan sekarang, berbagai wisata alam yang dilestarikan & terawat seperti pegunungan (biasanya terdapat kuil di atas gunung), danau, air terjun, sampai dengan salju!

Saya kira cukup sebanding, dan suatu saat harus meluangkan waktu ke negeri China ini. Ingat pepatah belajar sampai ke negeri China? Paling tidak kita bisa mempelajari warisan kebudayaan jaman dahulu dan kebiasaan hidup orang China yang memang memiliki semangat pekerja keras. Kita bisa melihat kehidupan di perkotaan di mana orang bekerja keras & juga kehidupan di kuil yang religius. Kita juga dapat melihat berbagai pemandangan alam yang indah di sini yang cukup berbeda dengan Indonesia, karena China ini termasuk negara dengan 4 musim.

Yunnan1 1024x768 Cerita Liburan: Kebiasaan Buruk orang di negeri bambu China ?

Kuil di pegunungan Lijiang, Yunnan

Vacation 0056 1024x682 Cerita Liburan: Kebiasaan Buruk orang di negeri bambu China ?

Danau di Jiuzhaigou, Sichuan

Salju Cerita Liburan: Kebiasaan Buruk orang di negeri bambu China ?

Salju di Shangri-La, Yunnan

Shift Tilt 2 tiltshift 1024x685 Cerita Liburan: Kebiasaan Buruk orang di negeri bambu China ?

Bangunan pencakar langit di The Bund, Shanghai

DSC09811 Cerita Liburan: Kebiasaan Buruk orang di negeri bambu China ?

Theme Park di Window of the World, Shenzhen

BIAYA TRAVELING MURAH DI CHINA…

Yang paling penting biaya hidup selama saya traveling ke China ini termasuk cukup murah dibandingkan dengan negara maju di Asia lainnya (seperti misalnya Singapore, Hongkong, Korea atau Jepang), yaitu apabila dilihat dari segi harga akomodasi / penginapan, biaya makan, transportasi, dan masuk ke tempat wisata.. icon smile Cerita Liburan: Kebiasaan Buruk orang di negeri bambu China ?

Saya menulis seperti ini bukan karena saya keturunan China lhoo, lha wong saya sendiri nggak bisa ngomong bahasa Mandarin juga. Kalo nggak percaya coba tanya ke pak Dahlan Iskan juga yang jauh lebih sering pergi ke China ketimbang saya, hehe..

3 Comments

  1. adeline
    Apr 10, 2012 @ 07:59:20

    waduuhh… agak ‘menakutkan’ ya kebiasaan di Cina.. saya malah ingin ke Korea dibandingkan ke Cina. Bukan apa2, mendengar intonasi suara orang Cina, telinga saya suka ‘kaget’, hehe.. walaupun setiap tempat punya kebiasaan masing2..hehe oya, mampir di blog saya ya.. Shared by Adeline lagi ikutan lomba blog soalnya.. tengkyu.. ^^ kalo mau ikutan, silahkan… kan lumayan, klo menang bisa ke korea gratisan.

    Reply

  2. Fransis Chen
    Jul 16, 2012 @ 15:52:11

    Ternyata, masih begitu yah?
    11 thn lalu, pas msh belajar di Beijing, memang org China suka ngomong keras2. Pas di ajak tmn ke pasar mlm, haduuuhh, ampe pengeng kuping gara2 mrk menjajakan makanan dgn suara keras di dkt telinga.

    Dan jg suka ngeludah dgn suara keras sblm-nya.

    Plus WC yg udh terkenal & tercium bbrp meter sblm-nya.

    Tetapi kata tmnku yg stlh Olympiade pergi ke China, keadaan tersebut udh lebih baik.
    Jadi penasaran pengen balik ke sana lagi…

    Reply

  3. Wisata Murah Vietnam | Liburan Murah
    Mar 05, 2013 @ 16:30:26

    [...] & lancar, dan juga orang asli Vietnam yang masih terbilang cukup ramah, dibandingkan dengan trip saya ke China beberapa waktu yang [...]

    Reply

Leave a Reply