Komodo Cruise: Pulau Komodo, Manta Point, Pulau Kanawa & Pulau Bidadari

Komodo Cruise: Pulau Komodo, Manta Point, Pulau Kanawa & Pulau Bidadari

“Puncak Bukit Pulau Kanawa” Photo by: Bartasan Wauran

16 November 2012

Pulau Komodo

Pagi hari ini kita akan menuju ke pulau Komodo. Paling bagus melihat komodo di pagi hari, karena banyak ditemukan di sepanjang perjalanan, dan juga masih malas bergerak, sehingga kita dapat leluasa untuk mengambil foto.

Bangun di pagi hari dengan cuaca cerah, kita dapat melihat sunrise sambil menunggu camilan pagi. Tidak lama kemudian kapal berangkat menuju ke basecamp trekking pulau Komodo. Setelah tiba di dermaga, kita masih harus menunggu sebentar sampai dengan air laut naik, yaitu untuk docking kapal ke dermaga.

Sampai di basecamp trekking, sama seperti di pulau Rinca, kita kemudian bisa memilih antara trekking short, medium atau long. Kalau saya tidak salah kita akhirnya memilih trekking medium, supaya dapat melihat view dari atas bukit pulau Komodo menuju ke laut lepas. Trekking di pulau Komodo kali ini cukup seru, kita beberapa kali berpapasan dengan komodo, dan salah satu komodo di sini cukup “berbaik hati” untuk mau berfoto dengan saya #halaah Hehehe :p

View dari puncak bukit pulau Komodo cukup indah, meskipun menurut pendapat saya pribadi, masih lebih indah pemandangan di puncak bukit pulau Rinca (baca posting berikutnya). Dan sama seperti di pulau Rinca, mendekati basecamp trekking pulau Komodo, kita dapat menemukan komodo yang sedang beristirahat di bawah rumah panggung..

Karang Makassar – Manta Point

Melanjutkan perjalanan dari pulau Komodo, kita menuju ke tengah laut untuk melihat binatang Manta (sejenis ikan Pari, tetapi tidak berbahaya). Karena sudah beberapa kali mencoba snorkeling melihat ikan Manta dan tidak berhasil mendapatkan foto karena pergerakan Manta yang terlalu cepat, akhirnya kapal kita pindah lokasi yang lebih dangkal, untuk snorkeling melihat berbagai karang laut, seperti di pantai Pink (pink beach) kemarin.

Pulau Kanawa

Dari Karang Makassar, kita menuju ke pulau Kanawa, salah satu pulau di sekitar kepulauan Komodo yang merupakan pulau tersendiri, dengan fasilitas resort alami & snorkeling di sekitar pantai pulau Kanawa. Tersedia mountain trek juga, untuk yang ingin trekking dan melihat pemandangan dari atas bukit pulau Kanawa. Viewnya berbeda dengan view atas bukit pulau-pulau lain di trip Komodo ini, karena di sini kita dapat melihat laut lepas, dengan pemandangan warna dasar laut, mulai dari hijau kebiruan ke warna biru gelap yang sangat indah!

Pulau Bidadari

Rute selanjutnya menuju ke Pulau Bidadari, yang merupakan salah satu pulau yang terkenal dengan tempat snorkeling. Berhubung waktu sudah lumayan mepet, akhirnya 2 kapal dipecah menjadi 2 grup oleh om Arta, satu kapal untuk yang ingin snorkeling di pulau Bidadari ini, sedangkan grup kapal kedua untuk yang ingin melihat sunset dari sunset point Hotel Centro Bajo.

Sunset Point Hotel Centro Bajo

Acara terakhir hari ini, yaitu melihat sunset dari sunset point di hotel Centro Bajo. Sayangnya trekking ke sunset point ini sudah jarang dipakai kelihatannya, karena rute trek tidak terlalu jelas dan agak disamarkan dengan tanaman yang tumbuh di jalur trekking. Check-in hotel, segera kita menuju sunset point, kemudian berfoto dahulu persis sebelum matahari terbenam.

Malam harinya kita makan malam bersama seluruh anggota grup Kaki Gatel yang ikut dalam trip ke Komodo kali ini dengan menu buffet (prasmanan) di hotel Centro Bajo. Setelah itu, last but not least, acara bebas kita menyempatkan diri untuk belanja oleh2 di Exotic Souvenirs.

One Comment

  1. Wisata Murah Pulau Komodo
    Sep 14, 2013 @ 15:12:09

    […] November 2012: Komodo Cruise (Day 2) (klik di […]

    Reply

Leave a Reply