Komunitas Liburan Murah

Komunitas Liburan Murah

KOMUNITAS LIBURAN MURAH SURABAYA

“Pertanyaan di bawah kita ambil dari list interview CITYCOMMUNITY majalah CITYMAGZ Surabaya”

Ceritakan awal terbentuknya komunitas ini…

Berawal dari berdirinya group FB Libmur sebagai sarana sharing bertukar informasi antar member, untuk info liburan murah, dalam & luar negeri di tanggal 6 Oktober 2008. Setelah itu setahun kemudian dibuat blog www.LiburanMurah.info di tahun 2009. Admin group awalnya Andy, Any Loanita & Sugi Phang, kemudian mbak Yulijantik & pak Andreas Prayoga ikut bergabung di tahun 2011 s/d 2013. Semua admin kita dari Surabaya, kecuali pak Andreas yang dari Malang.

Kenapa dinamakan Komunitas Liburan Murah?

Beda dengan group backpacker yang melakukan perjalanan mandiri, kalo di group kita yang penting LIBURAN dengan harga MURAH! Tentunya bisa juga dengan backpacking, atau ikut tour, asalkan murah dan masuk budget masing-masing, yang mana saja bisa asalkan “MURAH”. Pemilihan hotel juga tidak selalu di hostel atau guest house seperti backpacker, karena anggota komunitas kita cukup banyak yang sudah berkeluarga, jadi tentunya memilih penginapan yang lebih nyaman untuk keluarga (flashpacker). Transportasi bisa dengan transportasi umum seperti subway, atau terkadang dengan taxi apabila butuh kenyamanan. Belum tentu juga lhoo hotel berbintang lebih mahal dari guest house / hostel, seperti barusan ini kita menginap di hotel berbintang di Surabaya dengan harga 50 ribu saja. Begitu juga dengan penerbangan, belum tentu budget airlines lebih murah ketimbang full service airlines. Kapanhari admin kita pak Andreas mendapatkan tiket pesawat Surabaya-New York pulang pergi cuma seharga 460 USD.

Sudah ada berapa banyak anggota yang tergabung dalam komunitas ini…

Sekarang ini di facebook sudah ada member LM lebih dari 25 ribu anggota, di seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri. Tapi based kita tetap di Surabaya, karena para admin group juga orang Surabaya semua. Beberapa waktu lalu kita juga pernah diliput oleh Radio Suara Surabaya. Link dapat dibaca di sini: www.liburanmurah.info/on-air-di-radio-suara-surabaya

Apa saja kegiatan rutin yang dilakukan komunitas Liburan Murah setiap bulannya…

Kopdar untuk sharing info liburan murah & trip bersama (non-komersial) yang berupa cost sharing. Penggagas kopdar dan trip awalnya mbak Yulijantik Yushin di tahun 2011. Trip bersama kita pertama kali ke pulau Sempu bulan September 2011 peserta 60 orang, kemudian Jember, pulau Bawean (diliput Radar Surabaya), Raja Ampat, bahkan luar negeri seperti ke Jepang, China dll. Terakhir dalam akhir Maret 2014 kemarin ini kita ke Ijen. Sedangkan kopdar pertama di rumah saya Andy di bulan November 2011 (kurang lebih 30-40 orang), kemudian kopdar berikut bergantian di rumah beberapa member dengan potluck & kopdar di Villa Pacet. Yg terbesar kopdar kita terakhir 1 Februari 2014 setelah Imlek, dengan jumlah member yang datang 120 orang, dan juga tersedia doorprize dari berbagai sponsor & penulis buku traveling.
Sekarang juga sudah mulai rutin diadakan kopdar LM (Liburan Murah) di Jakarta, yang digagas oleh Beny Liu, Elgi Mira & Marcellina Sutanto.

Bagaimana cara kalian mengkoordinir komunitas ini untuk melakukan kegiatan trip (apakah ada iuran yg dibebankan atau seperti apa)

Biasanya acara trip bersama atau kopdar kita share di group Facebook. Nantinya apabila ada yang berminat ikut bisa langsung mendaftar acara kita tersebut. Untuk biaya join group kita GRATIS! Tidak dikenakan biaya, hehehe..

Trip liburan komunitas kalian ini kemana saja? Apakah hanya didalam negeri saja, atau juga ke LN?

Sebenarnya fokus group kita lebih ke kopi darat, sharing berbagi info liburan murah, baik dalam maupun luar negeri. Setelah mengenal lebih dekat, baru kemudian kita mengadakan acara trip bersama. Trip liburan komunitas kita lebih sering di dalam negeri, untuk mengenal masing-masing orang terlebih dahulu. Apabila sudah lebih dekat, biasanya kita mengajak teman-teman yang aktif di group LM (liburan murah) untuk trip ke luar negeri, seperti yang pernah diselenggarakan mbak Yulijantik Yushin ke Jepang sampai dengan 30 orang. Untuk cost sharing ke luar negeri memang diutamakan teman-teman yang sudah kenal dekat, karena apabila tidak mengenal lebih dekat dengan member yang akan diajak, tentunya akan sulit mengatur perjalanan bersama ke luar negeri dengan banyak orang, dimana masing-masing orang punya keinginan berlibur yang berbeda.

Sudah ada berapa banyak tempat/kota/Negara yang kalian kunjungi? Sebutkan!

Kalau trip bersama teman2 di komunitas kita, baik group kecil (di bawah 10 orang) maupun group besar, sudah cukup sering.
Di Indonesia: berbagai tempat wisata di Jawa Timur tentunya (karena dekat dengan Surabaya), pulau Bawean Gresik, Jakarta-pulau Seribu, Makassar, Medan-danau Toba, pulau Komodo, sampai dengan Raja Ampat.
Sedangkan di luar negeri: Singapore, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Korea Selatan, Jepang, China (Beijing-Shanghai). Yang terakhir ini admin kita pak Andreas pergi ke Australia.

Dari sekian tempat yang sudah kalian kunjungi, mana yang menurut kalian paling menarik…

Untuk wisata alam, Indonesia tercinta tentunya! Hehehe. China & Vietnam juga bisa jadi alternatif liburan murah, karena masih di sekitar Asia dan pemandangan alam Vietnam & China yang eksotis dan beraneka ragam. Biaya makan & penginapan juga masih cukup terjangkau. Tapi hati-hati terhadap kendala bahasa. Bagi traveler pemula, sebaiknya memilih negara terdekat yang mudah dijelajahi, seperti Singapore, Malaysia, dan Thailand. Sementara ini kebanyakan teman-teman di group LM lebih banyak mengunjungi negara di sekitar Asia & Australia, belum sampai ke Eropa & Amerika. Harap ditunggu saja, nantinya cita-cita & impian group kita memang ingin bisa traveling keliling dunia.

Tempat liburan paling menarik, atau bahkan bisa dibilang sebagai tempat liburan impian kalian itu dimana? Berikan alasannya.

Tentunya beda-beda setiap member, ada yang ingin pergi ke Eropa & Amerika karena budaya Barat yang berbeda dengan budaya Timur & banyak bangunan bersejarah di Eropa seperti misalnya di Italia & Prancis. Ada juga yang ingin ke New Zealand karena wisata alam pegunungannya yang terkenal sangat indah. Dan banyak sekali yang ingin honeymoon ke Maldives, kepulauan Maladewa yang terkenal sebagai surga dunia! Kalau di dalam negeri, cukup banyak member LM yang ingin ke pulau Komodo dan Raja Ampat, salah satu surga dunia di Indonesia, yang sangat indah & eksotis pemandangannya, baik di bawah laut (underwater) maupun di atas laut.

Selain jalan-jalan atau sekedar travelling, adakah misi khusus yang komunitas kalian bawa saat melakukan kegiatan trip?

Misi khusus dari dulu saya buat blog www.liburanmurah.info sampai dengan sekarang bersama teman-teman admin group FB ini tetap sama, yang utama untuk berbagi info liburan murah dengan banyak orang, & supaya lebih banyak masyarakat Indonesia yang berani jalan sendiri ke luar negeri. Ternyata liburan di luar negeri tidak semahal yang dikira, sangat mudah untuk jalan sendiri, bahkan tanpa ikut tour. Dengan melihat dunia luar, tentunya pikiran kita lebih terbuka akan berbagai perbedaan masyarakat & cara hidup di luar negeri, dan lebih bisa berkembang sebagai manusia. Dengan jalan sendiri, tentunya kita juga lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat setempat, dan sekaligus bisa mengenalkan Indonesia ke luar negeri, dengan berbagai wisata dalam negeri di Indonesia yang menarik.

Lebih suka travelling didalam negeri atau ke luar negeri? Kenapa?

Untuk wisata alam banyak sekali wisata alami yang bagus & eksotis di Indonesia, sayangnya harga untuk traveling di Indonesia masih cukup mahal, dan seringkali akses menuju tempat wisata tersebut sulit untuk dijangkau.
Wisata di luar negeri, terutama apabila kita bisa mendapat tiket penerbangan murah dari budget airlines, seringkali lebih murah daripada kita berwisata di Indonesia. Transportasi menuju tempat wisata di luar negeri juga cukup mudah, seperti misalnya wisata alam di China yang kebanyakan sudah mempunyai kereta kabel (cable car), jadi tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menuju tempat wisata tersebut.

Kasih tips dong untuk pembaca citymagz seputar liburan..

Ada 5 hal menurut kita yang berkaitan dengan tips liburan murah:
Tiket pesawat: paling penting menurut saya, karena item ini seringkali menjadi salah satu item termahal dalam tour. Kita bisa mengirit banyak untuk tiket pesawat dengan menggunakan budget airlines yang sekarang ini sudah mulai menjamur di Indonesia dan sering melakukan promosi, seperti saya pernah pergi ke Kuala Lumpur seharga 275 ribu pulang pergi, ke Vietnam 800 ribu pp, Bangkok 800 ribu pp, Hongkong 1,8 juta pp, ke China 2,4 juta pp, dan seterusnya.
Hotel: seringkali apabila kita ikut tour, hotel ini menjadi salah satu item yang cukup mahal, karena tour dari Indonesia kebanyakan menginap di hotel bintang 3 sampai dengan bintang 5. Padahal apabila kita browsing sendiri dari website booking online seperti Agoda misalnya atau Booking.com, banyak sekali hotel murah & terjangkau di suatu negara. Alternatif yang lebih murah bisa menginap di hostel atau guest house, semuanya dengan lokasi yang strategis, dekat dengan tempat wisata, tempat makan, ataupun sarana transportasi lokal.
Tempat makan: justru ini enaknya jalan sendiri. Kita bisa mencoba makanan di mana saja, baik depot, restaurant, maupun kaki lima. Jangan salah, terkadang food street di suatu negara ini enak & benar-benar khas, harus dicoba makan makanan jalanan ini. Rasa makanan di food street lebih autentik & murah.
Tempat wisata: kalau jalan sendiri, tempat wisata ini bisa kita pilah-pilah, yang mana yang cocok untuk selera kita & sesuai kantong. Dan tentunya kita tidak terpatok waktu seperti halnya ikut tour dengan waktu yang biasanya cukup terbatas.
Transportasi umum: ke negara Asia yang cukup maju seperti Singapore, Malaysia, atau Jepang, kita tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk transportasi, karena sudah ada transportasi lokal seperti subway yang cukup murah. Ada juga transportasi umum lain seperti tuk-tuk di Bangkok-Thailand (semacam becak motor di Indonesia), atau tricycle di Manila-Filipina (semacam becak) untuk menghemat budget. Pilihan terakhir yang cukup mahal bisa menggunakan taxi.
Semua info & tips di atas, bisa ditanyakan ke member liburan murah yang sudah pernah pergi ke negara tersebut, jadi kita bisa saling sharing di group. Alamat group Facebook kita: www.facebook.com/groups/liburanmurah

41 Comments

  1. Tini Rosalina
    Sep 09, 2014 @ 08:37:16

    gabung gimana caranya?

    Reply

  2. ebit
    Oct 29, 2014 @ 12:09:45

    Saya jarang online fb eh kak,ada cara lain buat join? Sosmed yg lain mungkin?

    Reply

    • andykristono
      Jan 24, 2015 @ 12:53:24

      Twitter kita di @liburan_murah 🙂

      Reply

  3. Miyuki
    Jun 17, 2015 @ 08:22:26

    ^^ ada line grupnya ngga koko? pengen gabung..

    Reply

    • andykristono
      Jun 18, 2015 @ 02:35:54

      Line nggak ada, hehe, lebih aktif di group FB, karena bisa banyak orang, uplod foto, notes, file, dll 🙂

      Reply

  4. whoami
    Jun 21, 2015 @ 02:00:01

    Kapan kopdar lg gan? Saya minat mau ikutan

    Reply

    • andykristono
      Jun 25, 2015 @ 02:25:08

      Sementara belum ada rencana, tapi bisa join grup FB kita “Liburan Murah”, biasanya kita umumkan di sana utk kopdar berikutnya..

      Reply

  5. Florensia lina
    Jul 23, 2015 @ 06:25:05

    Salam kenal pak Andy, karena hobby sy jalan2 biasanya dgn anak2. Kami, skr anak2 udah susah diajak bareng maklum udah pada gede,, dan mungkin jg udah waktunya buat sy bergabung dgn teman2 baru yg pastinya asyik dan seru, dan sy tinggal bsd serpong, apa disini ada komunitasnya? Trims utk informasinya, sy tunggu ya.

    Reply

    • andykristono
      Sep 01, 2015 @ 06:28:45

      Di Jakarta ada komunitas LM juga, bisa bergabung di group FB Liburan Murah bu Lina 🙂

      Reply

  6. Pretty emeraldiana
    Sep 01, 2015 @ 11:56:46

    Min…tlg di accept dunk req nya…pngen gabung di grup ini…asyik bgt akhirnya nemu komunitas yg sesuai hobby…

    Reply

    • andykristono
      Sep 06, 2015 @ 10:37:19

      udah di-approve yah.. 🙂

      Reply

      • Hendro
        Oct 18, 2015 @ 15:49:29

        Thank you atas diapproved nya.

        Reply

  7. Inggit
    Sep 12, 2015 @ 00:11:10

    Salam kenal semua, saya asli Gresik tapi bertempat tinggal di Surabaya. Saya ingin bergabung dengan komunitas Luburan murah. Bagaimana ya ketentuanya?

    Reply

  8. vee
    Sep 22, 2015 @ 06:08:02

    salam kenal,
    admin…tanya dong
    ada gak gruop yang mau nonton motogp sepang 2015?
    kalau ada pengen gabung

    Reply

    • andykristono
      Sep 23, 2015 @ 02:07:12

      kalo yg acara resmi komunitas ngga ada, tapi silahkan post cari barengan di group FB LM, siapa tau ada member perorangan yg berangkat..

      Reply

  9. Putra
    Jan 06, 2016 @ 16:39:42

    Salam kenal.
    Saya suka traveling di dalam dan luar negri.
    Kalau boleh ikutan gabung grupnya.
    Karena liburan dan bisa berbagai foto dan pengalaman dengan bnyk org terlihat lebih enak..
    Terimakasih

    Reply

    • andykristono
      Feb 04, 2016 @ 14:54:15

      Silahkan mas Putra, bisa gabung di group FB kita di: Liburan Murah..

      Reply

  10. Ani
    Feb 10, 2016 @ 12:48:44

    Ada whatsapp or group bbm , jarang OL FB .?

    Reply

    • andykristono
      Feb 14, 2016 @ 08:24:35

      Salam kenal. Sementara yg aktif masih di grup FB bu Ani.. 🙂

      Reply

  11. rizal rusli
    Feb 17, 2016 @ 12:51:50

    Salam kenal.
    Saya tinggal di jakarta bolehkah saya bergabung dengan komunitas Liburan Murah karena saya suka travelling.Lalu bagaimana caranya.Terima kasih.

    Reply

    • andykristono
      Feb 20, 2016 @ 15:08:15

      Silahkan, grup LM Jakarta kebetulan memang lebih sering kopdar ketimbang LM Surabaya. Tinggal join grup FB: Liburan Murah, nanti kegiatan kopdar biasanya kita umumkan di sana 🙂

      Reply

  12. Dian Titi Lestari
    Feb 26, 2016 @ 04:41:23

    Salam Kenal,
    Saya Dian, mohon informasi apakah komunitas ini punya rencana dalam waktu dekat utk traveling ke Korea awal April 2016 saat Cherry Blossom ? Kalo ya, boleh ikut gabung?
    Saya tunggu kabar baiknya……makasih

    Reply

    • andykristono
      Mar 13, 2016 @ 07:46:07

      Kalo acara group belum ada, tapi bisa jadi rencana pribadi dari masing-masing member. Silahkan bisa ditanyakan di group FB kita: Liburan Murah 🙂

      Reply

  13. Rini
    Apr 24, 2016 @ 05:04:19

    Salam kenal,
    Saya ingin sekali bisa traveling tp blm pede solo. Bolehkan saya brrgabung. Saya tinggal di klaten, apakah ada komunitas LM yogyakarta?

    Reply

    • andykristono
      Jun 16, 2016 @ 15:44:48

      Sementara kopdar kita masih di Surabaya & Jakarta.. Silahkan kalo mau bergabung ikut kopdar, apabila nanti akan diadakan biasanya kita umumkan di grup FB..

      Reply

  14. itakayadoe
    Jul 27, 2016 @ 11:48:53

    Tlog impo rental mobil liburan di malaysia perhari,tks

    Reply

  15. Tomat
    Oct 18, 2016 @ 16:18:43

    Boleh minta link grup fb nya? Jakarta ada kopdar kan kak? ?

    Reply

  16. Liliyana
    Jan 06, 2017 @ 12:33:28

    Ingin sekali ikut komunitas liburan murah pak Andy. Saya tinggal di Jakarta. Trima ksh.

    Reply

    • andykristono
      Apr 09, 2017 @ 08:40:52

      Silahkan, bisa join FB Group Liburan Murah dulu..

      Reply

  17. Louise P
    Mar 05, 2017 @ 07:55:04

    Salam kenal, saya ingin bergabung bagaimana caranya, terimdkasih.

    Reply

    • andykristono
      Mar 26, 2017 @ 08:41:46

      Bisa gabung langsung di grup FB Liburan Murah ya..

      Reply

  18. Ricky Arisandi
    Apr 27, 2017 @ 01:33:35

    Halo pak. Jika kita baru pertama kali mau liburan di dalam negri, apakah ada event2 untuk liburan bersama2 secara murah yg dibuat? Mks pak

    Reply

    • andykristono
      Jun 28, 2017 @ 03:04:20

      Halo salam kenal.. Sementara belum ada Ricky, soalnya beberapa admin LM masih sibuk traveling, hehe.. Tapi semoga dalam waktu dekat bisa diadakan kopdar lagi..

      Reply

  19. Joe
    Jun 05, 2017 @ 02:17:22

    Salam kenal pak Andi..,, kebetulan sya baca diatas ada nama marcellina sutanto yg notabene teman saya smp,, sya udah klik gabung di fb ini,,mohon di accept ya pak..,, karena travelling merupakan slh satu hoby saya.
    Thanks before…

    Reply

    • andykristono
      Jun 28, 2017 @ 03:06:14

      Halo salam kenal. Sudah di-accept ya Joe..

      Reply

  20. imas dian
    Jun 27, 2017 @ 06:20:20

    Gimana ya cara gabungnya ?
    Trus kalau Ada kopdar untuk mempererat silaturahim dgn kawan kawan yg lain Japan ya?

    Reply

    • andykristono
      Jun 28, 2017 @ 03:05:42

      Halo salam kenal. Tinggal gabung saja di grup FB Liburan Murah. Nanti apabila ada event kopdar akan diumumkan di sana. Utk trip ke LN, kita tidak khusus mengadakan, biasanya teman2 yg udah saling kenal membentuk grup sendiri untuk perjalanan mandiri ke LN..

      Reply

Leave a Reply