Liburan Murah ke Pulau Bawean

Liburan Murah ke Pulau Bawean

Pulau Noko Selayar Bawean Liburan Murah ke Pulau Bawean

Pulau Noko-Selayar, Bawean

Pernah pergi ke pulau Bawean sebelumnya? Belum pernah? Sama kok, saya juga baru pertama kali ini, hehe..

Berawal dari ajakan mbak Yulijantik Yushin *seperti biasa, yang mengkoordinir trip di Liburan Murah* yang mengadakan trip bersama ke pulau Bawean. Penantian untuk pergi ke pulau Bawean ini cukup panjang, karena jadwal kapal yang tidak menentu, tergantung dari cuaca & ombak yang besar.

Akhirnya pada tanggal 14 Juli kemarin, kita berhasil juga menjejakkan kaki di pulau Bawean. Terimakasih buat mbak Yulijantik Yushin yang T.O.P. dan beliau juga sudah mengkoordinir dengan dinas pariwisata setempat untuk pengaturan segala sesuatunya selama kita di Bawean ini.

Trip kita kali ini juga paling komplit. Beragam petualangan menanti, mulai dari mandi “spa” lumpur, refleksi kaki dengan batu karang, mendorong kapal, berenang di pantai, coba meniru adegan Titanic, terdampar di pulau tidak berpenghuni dengan tidak ada sinyal HP, jadwal yang serba mepet, sampai dengan nggandol truk dari Surabaya ke Gresik, hehe..

Berikut agenda perjalanan Liburan Murah ke pulau Bawean kali ini..

Interior Kapal Cepat Bawean Liburan Murah ke Pulau Bawean

Interior Kapal Cepat VIP Gresik-Bawean

DAY 1: Sabtu, 14 Juli 2012

Hari ini seperti biasa kita berkumpul di mabes (markas besar) LibMur, yaitu di daerah Pucang, Surabaya. Perjalanan dilanjutkan dengan naik truk menuju ke pelabuhan Gresik. Sama seperti naik pesawat, di sini kita juga harus check-in setengah jam sebelumnya sebelum boarding kapal cepat menuju ke Bawean. Masih cukup panjang waktunya, dan kita sempatkan untuk berfoto sebentar di pelabuhan Gresik..

Pelabuhan Bawean Liburan Murah ke Pulau Bawean

Foto Bersama Dinas Pariwisata di pelabuhan Bawean

Sekitar jam 12.30 atau kurang lebih 3 jam perjalanan, kita sampai juga di pelabuhan Bawean. Begitu kita datang, sudah disambut oleh dinas pariwisata Bawean, dan sempat diwawancarai singkat juga oleh wartawan dari Radar Surabaya (kapan dari Jawa Pos ya? Hehe..). Setelah itu masih harus menunggu sekitar 30 menit, mobil jemputan kita masih belum datang karena menunggu rombongan bapak Bupati yang akan pulang menuju Gresik.

Dermaga Bawean Liburan Murah ke Pulau Bawean

Begitu rombongan mobil kita datang, maka agenda pertama kita di Bawean yaitu: makan siang! Pilihan makan cuman ada rawon atau pecel, tetapi bebas nambah sepuasnya, hehe.. Rawonnya enaak, meskipun cukup berlemak karena bercampur dengan gajih. Acara setelah ini kita akan hopping island menuju ke pulau Gili-Noko..

Rawon Bawean Liburan Murah ke Pulau Bawean

Rawon Bawean ?

Sambil dengan muka yang masih cerah ceria setelah makan siang, kita bergegas naik mobil dan melanjutkan perjalanan menuju ke jalur terdekat dari pulau Bawean ke pulau Gili-Noko. Kita menuju jalur pertama melewati areal persawahan, tetapi karena air sudah surut, kapal dari jalur pertama ini tidak bisa jalan.

Pulau Gili Noko Liburan Murah ke Pulau Bawean

Lanjuuutt!

Menuju ke jalur kedua. Di jalur kedua ini kelihatannya lebih OK, tetapi ternyataaa.. Setelah melalui jalan setapak yang berbatuan, kita harus turun ke bawah menuju ke tepi pantai, atau lebih tepatnya pantai lumpur. Sepanjang perjalanan kita harus berjalan di atas lumpur, dan tidak hanya itu, kita juga harus berhati-hati terhadap jebakan lumpur yang cukup dalam! Sesampainya di kapal juga kita masih harus bersusah payah mendorong kapal sampai agak ke tengah lautan, sehingga paling tidak air laut sudah mencapai pinggang kita *hati2 buat yg bawa HP di kantong icon smile Liburan Murah ke Pulau Bawean

Pulau Gili merupakan pulau berpenghuni. Listrik belum masuk di sini, sehingga penduduk pulau yang cukup mampu memakai genset untuk listrik di dalam rumah. Pulau Noko sendiri sangat dekat dengan pulau Gili, hanya tinggal menyeberang laut sekitar 100-200 meter, kita sudah sampai di pulau Noko. Pulau ini sangat kecil, tidak berpenghuni, dan hanya berupa hamparan pasir putih. Pada saat laut pasang, pulau ini tertutup oleh air laut..

Sunset Pulau Gili Noko Liburan Murah ke Pulau Bawean

Sunset di pulau Gili-Noko

Rombongan saya sendiri sudah duluan sampai di pulau Gili-Noko, dan kita menunggu datangnya rombongan kapal kedua. Hari sudah menjelang malam, kapal kedua belum datang juga, akhirnya kita putuskan untuk kembali ke meeting point kita di pulau Bawean. Cukup menyulitkan karena hari sudah malam, kita masih harus berjalan di pantai Gili yang penuh dengan karang. Di sisi pantai Bawean juga kita masih harus berjibaku dengan lumpur, tetapi disertai dengan pemandangan langit yang indah penuh dengan bintang. Ternyata rombongan kapal kedua tidak bisa melanjutkan perjalanan karena kapal bocor. Untunglah tidak sampai terjadi hal-hal di luar kehendak kita.

Malam ini kita habiskan dengan makan malam di pusat kota Bawean, dan kita akan menginap di Rumah Pesanggrahan, tempat biasanya para pejabat menginap di pulau Bawean ini. Sebelum tidur mbak Yuli dan teman-teman masih sempat meeting singkat, untuk memutuskan kita akan pergi ke mana esok harinya. Akhirnya keputusan final: kita akan menuju ke pulau Noko-Selayar!

TIPS: harap perhatikan ada 2 pulau Noko, yaitu pulau Noko yang dekat dengan pulau Gili, dan pulau Noko yang dekat dengan pulau Selayar. Pemandangan alam jauh lebih bagus pulau Noko-Selayar, tetapi pemandangan bawah laut lebih bagus di pulau Gili-Noko. Anda bisa melihat di perjalanan kita di hari kedua 15 Juli 2012, untuk pulau Noko-Selayar..

Foto Rumah Pesanggrahan Bawean Liburan Murah ke Pulau Bawean

Tempat menginap – Rumah Pesanggrahan Bawean

DAY 2: Minggu, 15 Juli 2012

Hari ini lumayan cerah, meskipun sedikit mendung di awal. Untungnya ada pawang hujan yang ikut dalam trip kita kali ini, hehe.. Perjalanan cukup lama, yaitu hampir mencapai 1 jam menuju ke pulau Noko (dekat dengan pulau Selayar). Kali ini perjalanan kita sama sekali tidak mengecewakan! Pertama kali kita datang disambut oleh ratusan burung camar di tepi pantai, dan langsung beterbangan begitu kita datang. Pulau Noko ini juga tidak berpenghuni, lebih besar dari pulau Noko-Gili, dengan pasir putih dan pemandangan eksotis menuju ke pulau Selayar. Sangat nyaman rasanya duduk-duduk di pulau ini sambil menikmati makan pagi kita, nasi kuning iwak tongkol icon smile Liburan Murah ke Pulau Bawean

Kapal Pulau Noko Selayar Liburan Murah ke Pulau Bawean

Menuju ke pulau Noko-Selayar

Burung Camar Pulau Noko Selayar Liburan Murah ke Pulau Bawean

Burung Camar di pulau Noko

Nggak tahan liat teman2 lain berenang, akhirnya saya memutuskan untuk ikut berenang juga. Sempet foto2 underwater juga, sambil membawa spanduk Liburan Murah icon smile Liburan Murah ke Pulau Bawean Setelah puas berenang di pantai, nggak terasa sudah jam 10 dan kita harus bersiap-siap untuk pulang ke pesanggrahan, karena kapal dari Bawean ke Gresik akan berangkat jam 1 siang nantinya.

Perahu Pulau Noko Selayar Liburan Murah ke Pulau Bawean

Detik-detik sebelum kapal karam..

Di sinilah terjadi sesuatu di luar kehendak kita. Kapal yang kita tumpangi terguling! Kejadiannya berjalan cukup cepat, dan untungnya masih di tepian pantai. Ceritanya kapal sudah akan berangkat ke tengah lautan, dan kemungkinan pengemudi kapal lupa melepas jangkar, sehingga kapal menabrak pinggiran pantai. Setelah menabrak, kapal mulai oleng ke sebelah kanan, diikuti dengan penumpang yang berhamburan jatuh & meloncat ke laut! Karena masih di pinggir pantai, air laut masih tidak terlalu dalam, dan penumpang yang tidak bisa berenang juga bisa langsung berdiri. Waah, pokoknya mirip dengan adegan kapal Titanic, bedanya kalo Titanic dari kapal bocor sampai dengan kapal mulai miring adegannya bisa sampai 1 jam sendiri, kalo kapal kita cuman nggak sampai 1 menit rasanya, udah berjatuhan semua penumpangnya.

Shock, kaget, takut campur aduk menjadi satu. Ditambah lagi ada peserta yang masih anak-anak. Akhirnya diputuskan untuk memakai satu kapal untuk mengantar anak-anak, perempuan dan orang tua terlebih dahulu. Sedangkan kita-kita (termasuk saya) yang masih muda menunggu dahulu di pulau Noko ini. Yaah, mirip dengan kejadian orang terdampar di suatu pulau tak berpenghuni. Tapi fun juga kok, sambil menunggu kapal datang, teman-teman yang lain yaitu Adree Tjoe, Soedarsono Liem dkk malah menemukan daratan baru yang baru muncul setelah air laut mulai surut. Kereeen!

Pulau Noko Selayar Liburan Murah ke Pulau Bawean

Akhirnya kapal yang ditunggu datang juga. Dan cerita kita belum berhenti sampai di sini. Kita masih harus berpacu dengan waktu, karena kapal cepat yang akan membawa kita dari Bawean ke Gresik sudah datang! Langsung bergegas, begitu sampai di pesanggrahan kita mandi kilat dan naik mobil menuju pelabuhan. Aaah, akhirnya sampai di kapal juga. Persis setelah kita duduk, sekitar 10-15 menit kapal sudah langsung berangkat. 3 jam perjalanan menuju ke Gresik, dan dari Gresik ke Surabaya kita kembali naik truk bareng teman-teman. Berakhirlah trip kita ke pulau Bawean kali ini. Keseluruhan acara seruu! Banyak hal-hal baru yang kita temui, tetapi turut berduka cita buat teman-teman yang gadgetnya rusak gara-gara adegan kapal karam di menit-menit terakhir menjelang kita pulang. Semoga nggak kapok ya untuk pergi bersama di lain waktu..

Truk Surabaya Gresik Liburan Murah ke Pulau Bawean

Sepur-sepuran di dalam truk Gresik-Surabaya icon smile Liburan Murah ke Pulau Bawean

Saran dari Liburan Murah untuk pariwisata di pulau Bawean:

  • Ada peta wisata yang berisikan peta tempat wisata apa saja di pulau Bawean, berikut dengan foto dan penjelasan singkat untuk masing-masing tempat wisata. Kalau bisa sudah tersedia di dermaga / pelabuhan Bawean.. #sak karepe dewe icon smile Liburan Murah ke Pulau Bawean
  • Transportasi dari pelabuhan Bawean ke hotel, maupun dari hotel ke berbagai tempat wisata. Apabila kita sebagai wisatawan mandiri menuju ke pulau Bawean, kelihatannya urusan transportasi ini bakalan ribet. Atau paling tidak mungkin sudah ada travel & tour yang melayani day tour ke berbagai tempat wisata di Bawean?
  • Perbaikan jalan! Kalau ini mungkin urusannya dengan dinas perhubungan di pemerintahan pulau Bawean kali ya? icon smile Liburan Murah ke Pulau Bawean

Sayang sekali mestinya, kalo pulau Bawean dan sekitarnya yang cantik ini tidak dilestarikan pariwisatanya. Padahal potensi wisatawan dari Surabaya, pulau Jawa, bahkan dari luar negeri sangat besar..

Oh iya, hampir kelupaan, trip kita kali ini ke pulau Bawean cuman memakan biaya 500 ribu rupiah. Bayangkan saja, harga tiket pp kapal dari Gresik ke Bawean saja sudah hampir 300 ribu, belum lagi ada kenaikan harga tiket kapal menjelang Lebaran ini. Memang bener-bener murah kok trip dari mbak Yuli ini, karena memang tidak mengambil keuntungan dan diadakan karena ingin pergi rame-rame bersama dengan teman. Mbak Yuli & mas Adi Supriadi sendiri adalah salah satu pengusaha yang cukup sukses di Surabaya, jadi traveling ini cuman sebagai hobi aja icon smile Liburan Murah ke Pulau Bawean

Kalau ingin kenalan dengan teman-teman yang hobi traveling murah & ingin ikut tripnya mbak Yuli dari Surabaya, join group FB Liburan Murah di http://www.facebook.com/groups/liburanmurah

Dan sekalian juga, kebetulan dalam bulan Juli ini mbak Yuli berulang tahun ke-17 (eeh, benar nggak ya? Hehe..) Met Ultah mbak Yuli, sukses & sehat selalu, dan semoga bisa ngajakin kita traveling terusss icon smile Liburan Murah ke Pulau Bawean

Foto Bersama Pulau Gili Noko Liburan Murah ke Pulau Bawean

Foto Bersama keluarga Liburan Murah

22 Comments

  1. Rusa
    Jul 20, 2012 @ 01:36:24

    Keren banget liburannya. Murah pula yaaa. Beruntung banget, dengan cuma 500rb udah bisa menikmati liburan seru gitu di Bawean. Hehehehe.

    Banyak tempat yang lebih seru sih, ayo ke Bawean lagi!

    BTW foto-fotonya kurang masss~

    Reply

    • andykristono
      Jul 20, 2012 @ 16:28:20

      Seruuu memang ke Bawean, dan denger2 dari mbak Yuli yg punya teman di Bawean, masih banyak tempat wisata yg menarik di Bawean ini..

      Foto2 lebih lengkap nanti bisa dibagi juga untuk blognya om Rusa Bawean :)

      Reply

  2. Yulijantik
    Jul 20, 2012 @ 07:04:52

    Dear Pak Andy Kristono,
    Terima kasih banyak juga atas supportnya dan terima kasih atas doa, perhatian, kehadiran dan bingkisannya. Pokoknya terima kasih atas semuanya. Aduh…..jd bocor acara ultah sy padahal sy wes coba menutupi dgn kopdar. Malu pak soale sdh yonju/se sek hehehe….Oh ya pak kami bukan salah satu pengusaha cukup sukses di sby, terlalu berlebihan pak…. tp amin ya robal alamin semoga benar2 jd salah satu pengusaha cukup sukses di sby hehehe…. Pokoknya kami senang sekali bs pergi rame2 dgn group liburan murah. Moga2 g bosen2 trip bareng2 kami sekeluarga dan mohon maaf kalau tripnya ada yang ndak sesuai dengan harapan …., wes pokoknya terima kasih buaaaaaaaaaaanyak for all……

    Reply

  3. hhhhhhhhh
    Aug 01, 2012 @ 15:30:21

    busyettt mahal amat 500 rb????
    mending liburan ke pulau gili trawangan ja sekalian huahuahuahuahuahauahua

    Reply

    • andykristono
      Aug 05, 2012 @ 02:01:20

      Hehehe, kalo ke Gili Trawangan dibandingkan ke Bawean ya jauh laah, jauh lebih murah Bawean maksudnya :)
      Ke Bawean seperti yang sudah kita sebutkan di tulisan atas, tiket kapal pp Gresik-Bawean aja sudah hampir 300 ribu, jadi sisa 200 ribu sudah bisa untuk trip wisata + makan + transport + menginap 1 mlm. Muraah sekaliii (kalo menurut saya).. :)

      Reply

  4. keyoy
    Aug 07, 2012 @ 05:45:23

    kayaknya seru tuh jadi pingin kesana :D

    Reply

    • andykristono
      Aug 08, 2012 @ 13:28:28

      Seruuu, dan beneran bagus kok.. Nggak nyangka di pulau Jawa ada juga pulau indah & tidak berpenghuni seperti di Bawean ini :)

      Reply

  5. Liburan Murah Bawean | Radar Surabaya | Liburan Murah
    Sep 06, 2012 @ 04:30:21

    [...] acara trip bersama Liburan Murah yang dikoordinir mbak Yuli pada bulan Juli 2012 kemarin, yaitu ke Pulau Bawean. Detail acara trip bersama kita bisa dilihat DI SINI, sedangkan beritanya sendiri baru keluar di [...]

    Reply

  6. bungky
    Sep 13, 2012 @ 04:41:05

    istimewiiiiiiiiiii….

    Reply

  7. alfian
    Nov 05, 2012 @ 11:41:41

    murah bangettt omm, q n tmen2 pengen jg ksana. bisa bantu gag omm? pake travel apa?

    Reply

    • andykristono
      Nov 25, 2012 @ 03:51:13

      Kita nggak pake travel om, waktu itu trip di-koordinir mbak Yulijantik dari grup Liburan Murah, terus dibantu oleh dinas pariwisata setempat.. Gabung grup kita aja di: https://www.facebook.com/groups/liburanmurah/

      Reply

  8. desy
    Dec 19, 2012 @ 04:37:52

    bawean itu bener-bener indah.. demen punya kampung disitu..
    jadi pengen pulang kampung lagi nih..

    Reply

  9. diah
    Dec 22, 2012 @ 17:01:17

    itu biaya perorangnya ya ??

    Reply

    • andykristono
      Jan 04, 2013 @ 02:51:01

      Yap, itu biaya per orang, termasuk tiket kapal VIP pp Gresik-Bawean..

      Reply

  10. Ahmad
    Jan 07, 2013 @ 09:27:36

    Menarik sekali.

    Bisa mendaatkan kontak pengelola Rumah Pesanggrahan Bawean ?
    Berapa tarif menginap di sana per malamnya?

    Maaf merepotkan

    Reply

  11. septa
    Mar 01, 2013 @ 03:29:40

    500rb itu semua rombongan pa per orang…

    Reply

    • andykristono
      Mar 05, 2013 @ 13:32:40

      Per orang, soalnya ferry Gresik-Bawean saja udah 200-300rb pp :)

      Reply

  12. Mukarromah
    Jan 21, 2014 @ 08:07:34

    kalau Liburan Murah mau ke Bawean lagi, mau kok aku jadi pemandunya..karena asli orang Bawean, jadi bisa bantu ngatasi masalah transportasi, akomodasi, konsumsi, dan tempat wisata, jasanya gratisss….

    Reply

  13. VISIT BAWEAN GRESIK | AN-ZR.net
    Mar 09, 2014 @ 04:01:28

    […] selama di pulau Bawean, cukup panjang juga, singkatnya cerita perjalanan kita dapat dibaca di blog Liburan Murah, dan berikut […]

    Reply

  14. info outbound bogor
    Mar 25, 2014 @ 02:41:13

    seru banget sepertinya….

    Reply

  15. Ferry
    Apr 10, 2014 @ 16:21:24

    wahh seru banget trip ke Pulau Bawean apalagi deket banget dengan Surabaya ya….

    Kapan2 Saya juga pengen join donk dengan Liburan Murah kelihatannya orang2nya asyik2….. hehehe…

    Happy traveling!!!!

    Reply

Leave a Reply