Jadwal Liburan yang serba mepet!

Salah satu pengalaman unik pada saat berlibur ini yaitu, mengatur jadwal! Waah, ternyata dalam bepergian sendiri, mengatur jadwal & waktu ini sangat penting. Salah2 malahan tempat wisata yang kita tuju bisa berantakan semua, alias BATAL.

Salah satu contohnya yaitu pada waktu saya pergi ke Shanghai di tahun 2010. Hari itu kita mau mencoba one day trip ke kota Hangzhou..

Pengalaman #1: SHANGHAI-HANGZHOU: ketinggalan BUS!

Jam 06.00 pagi..

Pagi2 bangun, kita coba mengejar jadwal untuk naik kereta pagi, yaitu jam 8 pagi berangkat dari Shanghai South Railway Station ke Hanghzou. Ternyata setelah sampai di sana, tiket sudah habis dari 2 hari yang lalu! Baru tahu bahwa memesan tiket kereta api di China ternyata harus dari jauh-jauh hari sebelumnya. Setelah sempat bingung sebentar, saudara saya yang juga ikut dalam trip ke Shanghai kali ini, menyarankan, “kenapa nggak coba naik bus aja ?” Tadi pada waktu jalan ke tempat loket pemesanan tiket, dia melihat ada terminal bus, yang ternyata berada 1 tempat dengan stasiun kereta ini.

Jam 09.00..

Aaah, untunglah, setelah berjalan kaki sekitar 20 menit’an, kita sampai di loket tiket bus, dan ternyata masih banyak tiket untuk bus ke Hangzhou (setiap 1 jam’an ada bus yang berangkat dari Shanghai ke Hangzhou, begitu juga sebaliknya)

Jam 10.30..

Sampai di Hangzhou sekitar jam 10.30, tidak lupa kita langsung memesan tiket untuk pulang ke Shanghai, pada jam 17.30. Karena kita pikir, cukuplah, dari terminal bus tujuan kita cuman ke West Lake Hangzhou, yang berjarak kurang lebih 45 menit – 1jam’an. Langsung kita menuju ke terminal bus dalam kota, yang mengarah ke tujuan kita, yaitu West Lake. Sampai di stasiun terdekat dengan West Lake, kita melihat-lihat sebentar, dimana ya West Lake’nya ? Menurut info dari google, West Lake ini dulunya merupakan danau terbesar di China, tetapi kok sama sekali nggak kelihatan ? Setelah tanya2 ke orang lokal dengan bahasa Tarzan, ternyata untuk menuju ke West Lake kita masih harus berjalan kaki sekitar 20-30 menit lagi. Waah, segera setelah itu kita cepat-cepat jalan menuju arah yang ditunjukkan oleh orang tersebut.

Jam 12.00 Siang..

Sampai juga kita di West Lake. Lihat-lihat danau sebentar, cari resto tempat kita makan siang dekat danau, terus take some photos, sebelum akhirnya kita melihat ada cruise menuju ke pulau di tengah danau. Kelihatannya bagus, tapi kita agak ragu2 juga, takutnya waktu nggak keburu untuk balik lagi ke stasiun bus.

Jam 13.00..

Akhirnya nekat aja, kita coba ambil cruise kapal ke pulau di tengah danau. Perjalanan menuju ke pulau tersebut sekitar 30 menit, begitu juga sebaliknya. Sesampainya di sana, kita langsung buru2 jalan mengitari pulau, tidak lupa foto2 lagi πŸ™‚ , dan setelah itu langsung naik kapal lagi untuk balik ke dermaga awal tempat kita berangkat.

Jam 15.30 Sore..

Sampai di dermaga, sama seperti sebelumnya, kita harus jalan kaki 20-30 menit, menuju ke halte bus. Waktu di sini sudah menunjukkan jam 15.30. Sampai di halte bus sekitar jam 16.00, dan ternyata bus pada waktu sore hari ini sedikit kena macet di jalan (mungkin orang pulang kerja).

Jam 17.00 Sore..

Sampai di stasiun bus sekitar jam 17.00. Langsung cepet2’an jalan ke ruang tunggu bus, sampai di ruang tunggu sudah jam 17.15, cuman selisih 15 menit saja, sebelum kita ketinggalan bus ! Bener2 pengalaman yang menyenangkan, menegangkan, tapi seru juga..!

Pengalaman #2: MEDAN – DANAU TOBA: ketinggalan KAPAL!

Kejadian yang serupa tapi tidak sama saya alami juga dalam trip kemarin ke danau Toba dari Medan. Sebenarnya kita sudah harus sampai di dermaga ferry Ajibata – Parapat pada jam 5 sore (sesuai jadwal di internet). Sampai di sana sudah jam 5 lebih 10 menit, kita sudah merasa putus asa dan pasrah kalau memang harus menyeberang di jam berikutnya yaitu jam 8 malam. Eeh, ternyata kok untungnya masih dibantu oleh Tuhan, rute penyeberangan sekarang sudah berubah menjadi jam 17.30, masih ada waktu 20 menit lagi sebelum kapal menyeberang..

Pengalaman #3: SHANGHAI-BEIJING: ketinggalan KERETA!

Pengalaman ketiga kali saya dapatkan di trip terakhir kemarin di Shanghai bulan April 2013. Bener2 waktu yang super mepet! Kereta bullet train yang akan membawa kita ke Beijing berangkat jam 3 sore, dan untungnya berbeda dengan pesawat, kita harus hadir di tempat cuma sekitar 10 menit saja sebelum keberangkatan.

Dengan waktu yang sedikit mepet, kita baru mengambil backpack yang ditinggal di hostel tepat jam 1.30 siang. Sambil berlari-lari kecil menuju ke East Nanjing Road Station, di tengah jalan kita masih sempat membeli camilan buat dimakan di kereta :p Sampai masuk di dalam kereta subway mungkin pukul 2 siang, & ternyata dari East Nanjing Station sampai dengan Hongqiao Railway Station membutuhkan waktu minimal 30 menit! Belum lagi ternyata di tengah perjalanan tidak disangka kereta subway kita mungkin mengalami kerusakan, dan semua penumpang harus turun dan berganti kereta subway berikutnya. Total mungkinΒ  memakan waktu lebih lama sekitar 10 menit, dan jam 2.40 kita sampai di Hongqiao Railway Station.

Ternyata perjuangan kita belum berakhir! Hongqiao Railway Station ini ternyata super besar, tidak kalah besar bila dibandingkan dengan Airport Juanda di Surabaya misalnya, bahkan lebih besar! Hahahaha, mengingat pengalaman saya dan teman-teman kapanhari, kita berlari-lari kecil sepanjang perjalanan, naik menuju ke bagian departure / keberangkatan kereta di lantai 2, dan huuuffh, akhirnya tepat jam 2.50 kita sampai di bagian pemeriksaan tiket, tepat pada waktunya!

THANKS GOD for the PERFECT SCHEDULE.. πŸ™‚ Tapi sebaiknya jangan ditiru teman-teman, usahakan supaya datang lebih awal, daripada tertinggal kereta/pesawat & harus membeli tiket baru πŸ™‚

Lebih baik memang mengatur jadwal lebih awal daripada terlambat. Meskipun jadwal mepet, tapi sampai dengan sekarang untungnya kita belum pernah mengalami sesuatu yang tidak diinginkan..