Menginap di Hong Kong: Hotel, Guest House, atau Hostel?

Menginap di Hong Kong: Hotel, Guest House, atau Hostel?

Hongkong-Island

Bingung menentukan pilihan menginap di Hong Kong ?

Dan terutama pusing melihat harga hotel di Hong Kong yang super mahal? Berikut beberapa saran dari saya 🙂

Pertimbangan menginap di HOTEL di HONG KONG (Budget di atas 1 – 1,5 juta rupiah per kamar):

  • Apabila budget anda berlebih dan membawa keluarga, ini merupakan pilihan utama bagi anda
  • Apabila budget anda cukup ketat, pertimbangan memilih hotel tentunya dengan mempertimbangkan waktu, lokasi & sarana transportasi yang ada. Hotel murah di Hong Kong setelah saya survey ada 2 tipe hotel, tipe yang pertama berada di area yang cukup jauh dari pusat kota, meskipun dekat dengan MTR tetapi sekitar 30 menit untuk menuju ke pusat kota. Sedangkan tipe hotel yang kedua berada di pusat kota, tetapi dengan sarana yang benar-benar terbatas dengan kamar yang super kecil (alias hotel budget)! Nah, apabila berada di posisi ini, saya rasa cukup pintar apabila anda mempertimbangkan untuk mengambil guest house / hostel premium. Coba bayangkan, harga hotel termurah di Hong Kong (sekitar 1 juta per kamar), harga sudah 2x lipat dari harga guest house. Belum lagi apabila dibandingkan dengan harga hostel backpacker yang cuman sekitar 200 – 300 ribu rupiah per kamar.. 🙂

Pertimbangan menginap di GUEST HOUSE di HONGKONG (Budget antara 500 ribu s/d 800 ribu rupiah):

  • Apabila anda pergi seorang diri, dan tidak membutuhkan kamar yang terlalu mewah, tetapi juga tidak ingin berada di area yang kurang nyaman / kurang aman.
  • Pergi bersama keluarga dengan budget minim, cuma tidak ingin menginap di kamar hostel yang kurang “pantas” untuk keluarga. Guest House atau beberapa hostel premium dapat menjadi pilihan anda..
  • Apabila anda menginginkan tempat menginap dengan lokasi yang strategis, di pusat kota, dekat dengan MTR, ini adalah pilihan yang tepat. Hampir semua guest house mempunyai lokasi yang sangat strategis!
  • SHOPPING! Untuk yang mempunyai budget terbatas, daripada membuang uang untuk menginap di kamar hotel dengan besar kamar hampir sama dengan guest house, mendingan menginap di guest house dan sisa uang dapat anda pergunakan untuk belanja di Hong Kong 🙂

Pertimbangan menginap di HOSTEL BACKPACKER di HONG KONG (Budget sekitar 200 ribu s/d 300 ribu rupiah):

  • Apabila anda pergi seorang diri dengan budget backpacker (seperti saya dahulu waktu ke Shanghai, bedanya di Shanghai dengan 300 ribu sudah bisa mendapatkan kamar hotel yang cukup layak), ini adalah pilihan yang tepat bagi anda.. Berhubung harga hostel backpacker dibandingkan dengan hostel premium & guest house di atas bisa beda hampir setengah harga, tentunya dengan pertimbangan anda akan lebih sering berada di luar daripada di dalam kamar hostel. Untuk tipe hostel ini banyak didapatkan di gedung Chungking Mansion & Mirador Mansion di area Tsim Sha Tsui Kowloon, Hong Kong..
  • Anda tidak keberatan dengan kondisi lingkungan tempat anda menginap di hostel backpacker nantinya, asalkan berada di area yang strategis, di pusat kota dan dekat dengan sarana transportasi massal (MTR)

Sebenarnya review di atas lebih untuk notes saya pribadi, tetapi sekalian saya share di blog, semoga bisa membantu teman-teman lain yang masih bingung memutuskan tempat menginap di Hong Kong..

#INFO: Guest House / Premium Hostel sebenarnya sama saja dengan Hostel Backpacker, yaitu salah satu lantai di apartemen yang disekat, kemudian disewakan per kamar seperti apartemen Lucky Plaza di Orchard Road, Singapore. Yang membedakan adalah lingkungan gedung apartemen di Guest House yang umumnya lebih aman, dengan tipe kamar di guest house yang cukup nyaman dengan adanya “sedikit” pengaturan interior dalam kamar, “sedikit” lebih besar daripada hostel backpacker, dan “sedikit” lebih bersih 🙂

See you in Hong Kong next March 2012.. 🙂

Klik di sini:

CEK HARGA – REVIEW HOSTEL & GUEST HOUSE DI HONGKONG

Untuk informasi HOTEL MURAH / HOSTEL / GUEST HOUSE di HONGKONG, bisa lihat review di bawah ini:

HOSTEL / GUEST HOUSE / Apartemen di KOWLOON / Nathan Road :

HOSTEL / GUEST HOUSE / Apartemen di HONG KONG ISLAND / Causeway Bay :

Leave a Reply