Penginapan Murah Goreme Cappadocia – Dorm atau Hotel?

Penginapan Murah Goreme Cappadocia – Dorm atau Hotel?

Penginapan Murah Goreme Cappadocia – Dorm atau Hotel?

Yang mana pilihan Anda, pilih menginap di dorm atau hotel di Goreme Cappadocia Turki? 🙂

Ada beberapa pilihan penginapan murah Goreme Cappadocia ( Turki: Kapadokya), yaitu daerah di Turki yang merupakan wilayah di pusat Anatolia yang terkenal dengan lanskap uniknya yang tampak seperti permukaan bulan, kota bawah tanah, gereja-gereja gua, dan rumah-rumah di gua batu.

Wilayah Cappadocia terletak di pusat wilayah Anatolia Turki dengan lembah, ngarai, dan formasi bebatuan unik yang terbentuk akibat hujan dan angin yang mengikis permukaannya selama ribuan tahun silam, daratan yang tertutup lava berlokasi di antara Erciyes, Melendiz dan Hasan dimana para penduduk di masa itu memahat batu-batu dan menggali tanah untuk dijadikan tempat tinggal yang menghasilkan penampakan seperti dunia lain. Erupsi gunung-gunung merapi ini terjadi selama 2 milyar tahun yang lalu. Lapisan tuff lunak pun terbentuk dengan ketebalan 150m oleh lava yang menutupi lembah yang terkukung pegunungan. Sungai-sungai yang meluap membanjiri lereng bukit serta angin kencang mengikis formasi geologis batuan tuff di dataran tinggi ini menjadi lapisan-lapisan yang menghasilkan bentuk aneh yang disebut dengan ‘fairy chimney’ atau cerobong peri dalam ragam rupa seperti jamur, rucing, topi dan kerucut. (sumber: turkeytourism.com.my/destinasi/cappadocia)

DORM vs HOTEL di Goreme, Cappadocia, Turki

Penginapan Murah Goreme Cappadocia - DORM

DORM di Goreme Cappadocia Turki

Saya sendiri mencoba menginap di dorm di kota Goreme Cappadocia Turki, yaitu tepatnya di The Dorm Cave Goreme Cappadocia. Sedikit review tentang pengalaman menginap di dorm ini. Pertama kali memasuki kamar dorm, cukup unik, karena kamar dorm berada di dalam gua batu, dengan luasan kamar dorm yang lebih besar dibandingkan kamar dorm standart yang biasa saya inapi. Suasana dorm ini juga menarik, dikelilingi oleh rumah & penginapan gua lainnya. Lokasi tidak jauh dari pusat kota, jadi memudahkan kita untuk mencari makan atau pergi ke tempat wisata terdekat. Menu breakfast cukup memuaskan bagi saya.

Overall The Dorm Cave Goreme Cappadocia ini sesuai bahkan melebihi ekspetasi saya untuk dorm, karena luasan kamar dorm yang cukup luas & breakfast ala carte yang cocok untuk sebuah hotel berbintang sekalipun. Dorm ini sangat worth it untuk budget traveler / backpacker, mengingat harga menginap per orang yang sangat murah dan sudah termasuk makan pagi. Cocok sebagai pilihan penginapan murah Goreme Cappadocia.

Kelebihan:

  • lebih murah
  • rata-rata dorm lokasinya di bawah dekat pusat kota, jadi lebih mudah dijangkau & tidak harus “mendaki” ke atas bukit

Kekurangan:

  • view kurang bagus
  • breakfast 1 orang 1 porsi (yang boleh nambah cuman roti)
  • ranjang susun
  • kamar mandi di luar (gak cocok untuk yg lagi hanimun) :p  

Penginapan Murah Goreme Cappadocia - Hotel

HOTEL di Goreme Cappadocia Turki

Saya juga mencoba menginap di hotel gua di Goreme, yaitu tepatnya di Travellers Cave Hotel. Review tentang pengalaman menginap di hotel ini, sangat cocok untuk Anda yang suka dengan pemandangan indah dari atas bukit, yang mengarah ke bawah kota Goreme dan sekitarnya. Cocok juga untuk Anda yang berpasangan, karena suasananya yang romantis. Termasuk salah satu list saya, once in a lifetime, untuk menginap di hotel dengan kamar gua di Goreme Cappadocia. Travellers Cave Hotel ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda, karena harga hotel yang masih cukup terjangkau dibandingkan hotel lain di Goreme.

Minusnya cuman dari segi harga yang jauh lebih mahal dari dorm yang mungkin kurang cocok bagi Anda yang mencari penginapan murah Goreme Cappadocia. Tapi hal ini bisa dimaklumi karena kita mendapatkan kamar private hotel berbintang dengan kamar mandi di dalam, dengan pemandangan yang menakjubkan. Breakfast juga berupa buffet all you can eat / makan sepuasnya. Satu lagi yaitu akses untuk Anda yang berjalan kaki, hotel gua ini umumnya berada di puncak bukit, sehingga Anda harus berjalan kaki sedikit mendaki ke atas bukit untuk mencapai hotel ini.

Kelebihan:

  • view pemandangan lebih bagus karena lokasinya di atas bukit, tapi harus jalan naik “mendaki” ke atas bukit
  • breakfast buffet all you can eat
  • kamar private & cukup besar, seakan-akan tinggal di dalam gua pribadi
  • kamar mandi di dalam

Kekurangan:

  • lebih mahal ketimbang dorm

Semoga catatan kita di atas dapat memberikan gambaran yang lebih jelas, antara dorm dengan hotel di Goreme Cappadocia, dan teman-teman dapat lebih mudah untuk menentukan pilihan penginapan murah Goreme Cappadocia. Rekomendasi saya untuk dorm yaitu The Dorm Cave Goreme, sedangkan hotel gua yang saya pilih yaitu Travellers Cave Hotel, keduanya baik dorm maupun hotel tersebut menurut saya cukup direkomendasikan.. 🙂

Leave a Reply