Biaya Liburan Murah ke Vietnam Hanoi-Sapa-Halong Bay

Biaya Liburan Murah ke Vietnam Hanoi-Sapa-Halong Bay

Biaya Liburan Murah ke Vietnam Hanoi-Sapa-Halong Bay

Biaya Liburan Murah ke Vietnam Hanoi-Sapa-Halong Bay

Kurs Mata Uang waktu saya ke Vietnam di bulan Maret 2011:

1 USD = 8825 Rupiah

1 USD = 20800 Dong Vietnam. Jadi bandingkan saja, lebih dari 2x lipat mata uang kita di Indonesia 🙂

1 RM (Malaysia) = 6000 Dong Vietnam

1 RMB (China) = 2850 Dong Vietnam

Dari penukaran mata uang asing di atas, saran saya sebaiknya bawa mata uang USD di sana, untuk kemudian bisa ditukar di money changer, ataupun di hotel tempat kita menginap juga bisa, dengan kurs yang tidak terlalu jauh berbeda. Karena mata uang USD ini paling dihargai tinggi dibandingkan dengan mata uang negara lain.

Sedangkan CUACA di Vietnam, selama saya pergi ke Vietnam di akhir Maret 2011, cukup dingin juga, yaitu sekitar:

* di kota Hanoi 11-15 derajat Celcius waktu pagi, siang naik menjadi 18 derajat.

* di Sapa, Lao Cai, udara sekitar 5 derajat Celcius waktu pagi, dan siang menjadi 10-15 derajat. Wuiiiih, lumayan dingin juga lhoo, apalagi kalo tidak membawa peralatan lengkap (baju dingin+sarung tangan+tutup kepala).

Untuk tour, akhirnya saya memutuskan mengambil paket tour di Vietnam Sunrise Travel. William, yang punya Vietnam Sunrise, orang’nya enak untuk diajak konsultasi tentang tempat-tempat wisata apa saja di Vietnam Utara. Service’nya OK, setiap kali saya email selalu dijawab, dan juga service ON THE SPOT, pada waktu tour sangat memuaskan. Hotel yang dipilih lokasinya strategis, kamar hotel yang bagus, pelayanan hotel yang sangat bersahabat dan juga tour guide kita, Son, yang sabar melayani peserta tour kita yang rata-rata sudah berusia lanjut.

Perincian Harga Tour per orang untuk agenda perjalanan saya, selama 8 hari 7 malam, “break down”nya begini:

* USD 130 Sapa (3 malam), termasuk tiket pp menginap di kereta api Livitrans Express dan Bac Ha (biaya ke Sapa termasuk pergi ke Bac Ha Market, biasanya nambah USD 20)

* USD 130 untuk 2 hari 1 malam Emotion Cruise

* USD 75 Hotel di Hanoi selama 3 malam

* USD 25 City Tour Hanoi + Water Puppet Show

* USD 20 Biaya Tour ke Tam Coc

* USD 20 Biaya makan + semua tambahan transportasi (bandara-hotel) & pengurusan booking kereta api

* Free Tour Guide

* Free Transit Hotel di New Moon Hotel, include Breakfast..

* Break Down di atas merupakan perkiraan saya pribadi, untuk harga tour harus diambil secara keseluruhan*

Total Harga perinciannya sebagai berikut:

* USD 400 = Rp. 3,6 juta’an.. (biaya Tour selama 8 hari 7 malam, sesuai itinerary)

 

* Tiket Air Asia + Tune Hotel LCCT 1 malam = Rp. 800 ribu nett / orang. Kok murah? Soalnya beli pas FREE SEAT Air Asia, hehehe..

TOTAL HARGA = Rp. 4,4 JUTA..! 🙂

Harga di atas sudah Tour lengkap, termasuk semua transportasi & makan selama di Vietnam (minivans, kereta api, kapal, Emotion cruise). Hotel bebas terserah kita, tetapi untuk dapat harga di atas akhirnya kita pilih hotel’nya:

* Golden Sunrise Hotel selama di Hanoi

* Thai Binh Hotel di Sapa

* Livitrans Express untuk kereta ke Sapa

* Emotion Cruise di Halong Bay

* dan dari pihak tour dikasih FREE hotel transit New Moon Hotel (yaitu berangkat naik kereta api dari Sapa, kita tiba di Hanoi jam 4 pagi, daripada menunggu di train station selama 4 jam sampai dengan jam 8 pagi)

Yang belum termasuk:

* Biaya tips untuk driver & tour guide (besarnya sukarela kok..)

* Biaya minum ! Ya, itu juga sedikit aneh, karena selama ini kalo ikut tour di mana saja, selalu dikasih minum. Tetapi di Vietnam ini biaya minumnya terpisah, alias bayar sendiri. Mungkin karena banyak orang asing yang pesan minum bir dll, jadi karena itu dipisah antara makan & biaya minum. Range harga minumnya paling murah antara 15.000 Dong – 25.000 Dong (untuk minum teh / kopi Vietnam) untuk resto standart, sedangkan untuk resto di cruise (yang saya ikut Emotion Cruise) harga minum paling murah USD 2 (untuk soft drink / teh Lipton)

* Biaya makan malam selama 3x yang tidak disediakan, karena tour sudah selesai di sore hari. Tetapi selain 3x makan malam di atas, SEMUA makan pagi, siang & malam selama 8 hari 7 malam sudah disediakan oleh pihak tour kok..

Banyak yang bilang, mestinya kita bisa dapat harga lebih murah dengan GO SHOW, alias datang langsung ke Hanoi, setelah itu pergi ke agent tour yang banyak terdapat di sepanjang jalan Hoan Kiem Lake. Tetapi akhirnya kita tetap memutuskan ikut tour. Kenapa? Karena rencana liburan saya kali ini membawa orang tua (ortu & mertua), jadi agak takut juga kalau belum beres sebelum kita berangkat. Dan lagi fasilitas seperti: “dapat makan malam selama kita menunggu kereta dari Hanoi ke Sapa”, “hotel transit di pagi hari (daripada menunggu di train station)”, “antar jemput hotel-bandara”, naah, hal-hal seperti itu mungkin agak repot juga kalau kita tidak ikut tour.. 🙂

Salah satu keuntungan ikut tour selama di Vietnam ini, bisa dapat tour FREE / GRATIS untuk anak saya (kurang lebih usia di bawah 6 tahun), jadi tinggal membayar tiket pesawat AA Rp. 800 ribu.. Lumayaaan, gini-gini anak saya udah pernah ke Malaysia, Thailand, & Vietnam for FREE, tinggal bayar tiket AA yang murah meriah. Bandingkan dulu waktu saya masih TK, paling jauh mungkin ke Jakarta saja, hehehe.. 🙂

Review dan Perbandingan HARGA HOTEL TERMURAH di VIETNAM :

HARGA HOTEL di HO CHI MINH, VIETNAM

HARGA HOTEL DI HANOI, VIETNAM

HARGA HOTEL DI DA NANG, VIETNAM

21 Comments

  1. A Complete Tour: Catatan Perjalanan Liburan Murah ke Vietnam 8 hari 7 malam, cuma 4 juta’an termasuk PESAWAT…!!
    Apr 07, 2011 @ 12:33:42

    […] (*) Untuk PERINCIAN HARGA & BIAYA selama di Vietnam, bisa lihat DI SINI.. […]

    Reply

  2. theresia
    Apr 16, 2011 @ 08:27:49

    apakah ada alamat yang bisa saya hubungi ??? Anda berangkat dari Jakarta atau kota lainnya? trima kasih

    Reply

  3. andykristono
    Apr 16, 2011 @ 08:41:10

    Berangkat dari mana pun, saya rasa nggak masalah bu, karena kita menggunakan tour “land only”. Jadi kita ke Vietnam dengan flight Air Asia, kemudian setelah tiba di Airport Hanoi, Vietnam, baru dijemput oleh orang dari travel agent / tour setempat Vietnam…

    Reply

  4. Tria Tanasa
    Jun 20, 2011 @ 14:23:03

    jika saya ingin pergi ke vietnam sekitar 10 hari dengan 7 org, kira” disana nya lebih baik ikut city tour yang ada disana atau bagaimana?

    Reply

  5. andykristono
    Jun 21, 2011 @ 01:15:13

    Kalau tidak membawa orang tua, saya rasa tidak masalah ambil tour di sana, karena banyak sekali agent tour di kota Hanoi, terutama di daerah Old Quarter (sepanjang Hoan Kiem Lake) dengan harga yang lebih murah apabila ambil tour langsung di sana..

    Reply

  6. fadli
    Aug 25, 2011 @ 06:07:23

    Saya mau liburan ke halong bay, bagus nya pake. Travel tour apa yah ? Tq

    Reply

  7. andykristono
    Sep 01, 2011 @ 02:58:25

    Sebelum memutuskan akan menggunakan operator cruise yg mana di Halong Bay, mungkin bisa lihat review’nya dulu di http://darianculbert.com

    Reply

  8. Sri
    Oct 09, 2011 @ 14:42:54

    Pak Andy, kalau di Sapa pemandangan cukup bagus ? pegunungan ya? kalau agustus kira kira musim apa ya?, oh ya waktu berangkat pakai Livitrans Express schedule jam berapa? berapa lama ya ? Amankah ?
    Yang bagus di lao cai atau Spa?
    Oh ya, kalau Tam Coc itu beda arah dengan Halong Bay?
    Naik bus? dan berapa lama ?
    Thanks so much!

    Reply

    • andykristono
      Oct 18, 2011 @ 13:28:57

      Sapa pemandangan pegunungan, kalau menurut saya cukup bagus bu, dan kotanya juga menyenangkan.. Livitrans berangkat malam hari sekitar jam 20.00, sampai besok pagi sekitar jam 4.30 – 5.00 pagi. Aman2 saja, justru penumpang ke Sapa lebih banyak orang bule..
      Pemandangan yg bagus tentu di kota Sapa bu, Lao Cai tempat pemberhentian kereta, untuk setelah itu kita naik kendaraan lagi ke kota Sapa..
      Tam Coc dikenal sebagai Halong Bay di darat, tepatnya di sungai. Waktu itu kita mengambil 1 day tour dari Hanoi.. 🙂

      Reply

  9. evie
    Jul 23, 2012 @ 06:08:02

    Pak Andi, saya dan teman ada rencana ke vietnam bulan oct 12, naik AA turun di Ho chi min selama 4H3M, kira-kira bisa sampai hanoi dan halong bay gk ya? perjalanan dari hochimin ke hanoi brp lama? transportasinya apa, kalo jalan malam? minta sarannya yaa..

    Terima kasih..

    Reply

    • andykristono
      Aug 05, 2012 @ 01:49:57

      Kalau harus pp dari Ho Chi Minh ke Hanoi, saya kira tidak cukup waktunya bu. Sebaiknya kalo cuman 4H3M lain kali turun langsung di Hanoi saja bu Evie..
      Semoga bisa membantu 🙂

      Reply

  10. Liburan Murah
    Jun 27, 2013 @ 04:15:23

    terima kasih mas bro atas infonya, sangat membantu. salam kenal ya.

    Reply

  11. Anna Mariana
    Oct 17, 2013 @ 05:43:45

    pak andy suami saya akan pergi kevietnam kekota Ho Chi Minh tanggal 20 oktober 2013 klo kurs disana sekitar berapa sekarang ? dan Cuaca klo bulan oktober suhunya panas / dingin ? Terima kasih dan Salam kenal

    Reply

    • andykristono
      Dec 01, 2013 @ 07:08:44

      Kurs terakhir saya kurang tau bu Mariana, tapi kelihatannya tidak jauh berbeda. Bulan Oktober di HCM (Vietnam Selatan) kurang lebih sama dng Jakarta, yang berbeda yaitu suhu di Vietnam Tengah & Utara.

      Reply

  12. Lail
    Nov 13, 2013 @ 04:49:37

    Salam bang,

    Mahu tanya,Boleh ke mahu pergi Sapa dr Ho chi minh? Ada direct transport dr Ho chi minh ke Sapa? Berapa lama masa yg diambil klu ingin pergi ke Sapa dr Ho chi Minh?

    Reply

    • andykristono
      Dec 01, 2013 @ 07:05:45

      Pergi ke Sapa sebaiknya dari Hanoi, kalau dari Ho Chi Minh masih cukup jauh. Dari Hanoi kita tinggal naik bus atau kereta untuk mencapai Lao Cai, kemudian dari Lao Cai bisa naik minivans ke Sapa..

      Reply

  13. rossa
    Feb 05, 2014 @ 05:12:42

    Pak Andy.. sya mau tanya hotel golden sunrise itu skrg msh ada websitenya? dan apa pak Andy tau contact person tour guidenya yang bernama Son itu? soalnya saya tertarik dan ingin pergi seperti rute Pak Andy dan sekalian mau ke hoi an dan saigon. tolong reply ke email saya ya pak Andy… terimakasih…

    Reply

    • andykristono
      Apr 12, 2014 @ 16:22:12

      Hotel Golden Sunrise kalo gak salah sekarang berubah nama menjadi Artisan Boutique Hotel bu Rosalia.. Kalo ada FB bisa join group FB kita, nanti saya bantu kenalkan dengan tour guide saya di Hanoi Mr. Son. Group FB Liburan Murah: https://www.facebook.com/groups/liburanmurah/ 🙂

      Reply

  14. hendra
    Jul 11, 2014 @ 04:46:44

    halo mas andy, sy baru join di grup fb liburanmurah, senang sekali bisa join. Stlh membaca cataran perjalan murah mas andy ke vietnam 8 hr 7 mlm tsb, saya jadi sgt tertarik wisata ke vietnam utara tsb, tapi berhubung baru pertama kali, hanya sendiri, dan jadwal yg blm pasti, (tapi pasti akan pergi 2-3 bln ke depan) jadi saya memutuskan utk memakai jasa tour aja, dan sepertinya Vietnam Sunrise Travel/Darian Culbert nya si William itu oke banget. Sayngnya english saya kurang cas cis cus (pasif), plus nulis email in english jg gak pede hehehe… so bisa dibantu kah mas andy? thanks

    Reply

  15. hendra
    Jul 11, 2014 @ 04:53:06

    halo mas andy, sy baru join di grup fb liburanmurah, senang sekali bisa join. Stlh membaca catatan perjalan murah mas andy ke vietnam 8 hr 7 mlm tsb, saya jadi sgt tertarik wisata ke vietnam utara itu (hanoi, halong bay, sapa, dsb), tapi berhubung baru pertama kali, hanya sendiri, dan jadwal yg blm pasti, (tapi pasti akan pergi kira2 seminggu 2-3 bln lg) jadi saya putuskan gak mandiri, pake jasa tour aja, dan sepertinya Vietnam Sunrise Travel/Darian Culbert nya si William itu oke banget. Sayangnya english saya kurang cas cis cus (pasif), plus nulis email in english jg gak pede hehehe… so bisa dibantu kah mas andy? thanks

    Reply

    • andykristono
      Aug 07, 2014 @ 04:27:25

      Maaf baru me-reply. Berikutnya email saja ke kita liburanmurah.info(at)yahoo.com nanti saya bantu lebih lanjut. Thanks mas Hendra..

      Reply

Leave a Reply