Tempat Wisata Dalat

Tempat Wisata Dalat

Tempat Wisata Dalat

Tempat Wisata Dalat

Dalat, 26 Oktober 2012

Pagi hari ini kita akan melakukan city tour kota Da Lat.Makan pagi dulu di hotel, dan ternyata tersedia makan pagi buffet (buffet breakfast) di hotel Trung Cang ini. Padahal harga sudah cukup murah, tidak sampai USD 30 untuk triple room. Dan pilihan menu buffet menurut saya cukup banyak, lebih dari cukup dibandingkan dengan harga hotel yang murah..

Agenda hari ini kita akan pergi ke beberapa tempat, kebetulan kita sudah mengambil paket tour harian keliling tempat wisata Dalat supaya tidak repot dari segi transportasi, dan bisa mencapai beberapa tempat sekaligus dalam 1 hari.

Summer Palace 

Pertama kali kita pergi ke Summer Palace ini, yang merupakan tempat peristirahatan salah satu raja di Vietnam. Ada 3 istana musim panas, tetapi kita pergi ke istana yang waktu itu dihuni oleh raja tersebut. Tempatnya mempunyai desain bangunan khas Prancis, dengan letak bangunan yang berada di atas bukit, sehingga dapat melihat pemandangan yang indah dari balkon istana. Di dalam Summer Palace ini kita juga dapat berfoto dengan pakaian khas kerajaan. Menarik!

Crazy House

Bangunan Crazy House ini sebenarnya merupakan rumah idaman bagi si pemilik rumah, seorang arsitek wanita yang masih hidup dan tinggal di rumah ini sampai dengan sekarang. Desain bangunan rumah yang unik sehingga akhirnya menjadi salah satu jujugan wisatawan yang pergi ke kota Dalat.

Dalat Cathedral

Gereja Cathedral di kota Dalat. Desain simpel, dengan ciri khas bangunan gereja Prancis yang memiliki tower tinggi di depan.

Cable Car – Robin Hills

Cable Car ini terletak di Robin Hills di mana kita dapat melihat pemandangan kota Dalat dari atas bukit. Perjalanan cable car tidak terlalu lama, sekitar 15 menit atau kurang, tetapi pemandangan sangat indah mengarah ke danau Paradise.

Truc Lam Pagoda

Pagoda ini berada di ujung cable car dari Robin Hills. Dari pagoda ini kita dapat berjalan ke danau Paradise, tetapi berhubung waktu yang tidak memungkinkan, akhirnya kita cuman melihat-lihat keliling pagoda, dan dari atas pagoda terlihat sedikit pemandangan danau Paradise.

Prenn Waterfalls

Air terjun Prenn ini merupakan tujuan terakhir kita sebelum makan siang. Air terjun ini cukup unik, berada di sebuah batu yang letaknya menjorok keluar, sehingga kita dapat berjalan mengitari bagian belakang air terjun. Lokasi air terjun Prenn ini juga cukup ramai dengan turis lokal, dimana tersedia berbagai permainan ketangkasan, naik gajah, ataupun keliling danau mendekati air terjun dengan menggunakan perahu kayuh.

Setelah itu kita beristirahat & makan siang terlebih dahulu di Trung Cang Hotel. Selesai makan kita beristirahat sejenak, dan kemudian jam 1 siang kita segera melanjutkan perjalanan berikutnya ke stasiun kereta api kuno Dalat..

Dalat Train Station

Merupakan stasiun kereta api kuno di Dalat. Sekarang ini sudah tidak berfungsi sebagai stasiun kereta api umum, tetapi lebih ke stasiun untuk kereta api turis. Seringkali tempat ini dijadikan lokasi foto pre-wedding, seperti yang kita lihat di sana, ada 2 pasang pengantin baru yang sedang melakukan photoshot di lokasi Dalat Train Station ini..

Valley of Love

Taman Cinta, atau Bukit Cinta! Banyak sekali pernak-pernik yang bertemakan “cinta” di taman ini, dan sangat cocok untuk foto bersama dengan pasangan, hehehe.. Tentunya saya bersama istri tidak melewatkan foto di taman ini, tapi dengan sedikit malu-malu, karena difoto oleh mertua alias orang tua istri 🙂 Apabila anda berkunjung ke Valley of Love, view paling bagus berada di bagian belakang “bukit cinta” ini, di mana terdapat danau buatan yang cukup besar. Sangat cocok untuk tempat berfoto-ria..

Beli souvenir & oleh-oleh

Terakhir sebelum balik ke hotel, kita diajak untuk mampir ke tempat oleh-oleh. Mungkin yang agak mahal oleh-oleh minuman seperti anggur. Tetapi tersedia juga berbagai oleh-oleh makanan/cemilan khas kota Dalat, seperti jelly atau permen yang berwarna-warni, dan berbagai makanan khas Dalat lainnya.

Keseluruhan day tour ini tidak terlalu mahal, per orangnya cuma 12,5 USD, yaitu sekitar 100 ribu lebih sedikit. Harga sudah termasuk makan siang & tiket masuk berbagai tempat wisata di atas. Yang perlu membayar lagi cuma tiket naik cable car yang sifatnya optional. Apabila kita tidak mau naik cable car, maka mobil akan langsung mengantar ke pagoda.

Secara garis besar, kota Da Lat ini adalah salah satu kota favorit saya, terutama karena kota yang berada di pegunungan. Lebih enak lagi apabila punya waktu beberapa hari di kota Dalat, kita bisa bersantai duduk-duduk di pinggir danau, atau menikmati pemandangan air terjun yang banyak terdapat di kota Dalat ini.

Malam harinya, kita berjalan kaki dari hotel Trung Cang menuju ke pasar Da Lat. Tidak jauh juga ternyata, cuman berjalan kaki santai sekitar 10-15 menit, dan kita sudah sampai di pasar Da Lat. Pasar yang cukup ramai, menjadi salah satu tempat tujuan bagi warga kota Dalat maupun bagi wisatawan yang pergi ke kota Dalat. Menjual bermacam-macam barang, baik pasar basah sayuran, pakaian, dan juga berbagai oleh-oleh makanan & minuman khas Dalat. Berbagai makanan juga dijual di pasar Dalat ini. Kita menjumpai banyak penjual makanan seperti Tahua di Indonesia, maupun penjual pho (mie beras) dan bubur nasi. Rasa pho di Dalat sedikit berbeda, dengan kuah berwarna kekuningan, rasa yang lebih tajam dan lebih terasa bumbunya di lidah. Cocok sekali untuk dimakan di malam hari yang cukup dingin ini.

Foto Selengkapnya di FB Page kita: Facebook Liburan Murah | Cheap Travel

Pilihan Hotel di Vietnam

Pilihan hotel saya di beberapa kota yang saya singgahi yaitu sebagai berikut (semua hotel yang saya pilih berada di lokasi yang sangat strategis, mempunyai review yang baik, dari Agoda maupun TripAdvisors, dan paling penting punya family room / triple room untuk bertiga yang sesuai dengan budget kita) :

Masih bingung memilih hotel di Vietnam? Sebenarnya memang ada banyak sekali pilihan hotel murah di Vietnam. Sebagian mempunyai lokasi yang strategis, dengan berbagai range harga (mulai dari 10 USD sampai dengan 50 USD ke atas). Jadi sebaiknya survei dahulu untuk menentukan pilihan hotel yang terbaik untuk anda. Atau apabila tidak mau repot, bisa membeli buku #WisataHematVietnam #Elexmedia #PesanSponsor :p

One Comment

  1. Wisata Murah Vietnam | Liburan Murah
    Mar 13, 2013 @ 05:14:02

    […] 26 Oktober 2012: keliling kota Dalat […]

    Reply

Leave a Reply