Tempat Wisata Ho Chi Minh

Tempat Wisata Ho Chi Minh

Cu Chi Tunnel Tempat Wisata Ho Chi Minh

Cu Chi – Ho Chi Minh, 23 Oktober 2012

Pagi hari ini kita mengikuti tour setengah hari ke Cu Chi Tunnel. Tour berangkat dari kantor Sinh Tourist sekitar jam 8.15 pagi. Bus kita berangkat tepat waktu, dan dalam perjalanan menuju ke Cu Chi Tunnel sekitar 1,5 jam, tour guide menceritakan kepada kita sejarah awalnya kenapa penduduk Cu Chi membangun terowongan bawah tanah ini.

Museum Senjata Cu Chi Tunnel Tempat Wisata Ho Chi Minh

Sampai di Cu Chi Tunnel, kita bisa melihat terlebih dahulu museum kecil yang berisikan berbagai peralatan perang, senapan sampai dengan artileri berat di masa perang dahulu.

Dari museum peralatan perang, kita turun ke semacam basement bawah tanah untuk cek tiket – kemudian naik lagi ke atas dan kita memasuki area yang dulunya merupakan tempat perang masyarakat Cu Chi, dengan berbagai tunnel bawah tanahnya.

Video Perang Cu Chi Tunnel Tempat Wisata Ho Chi Minh

Menonton video perang terlebih dahulu, setelah itu kita melihat berbagai terowongan bawah tanah dan berfoto dengan boneka tentara Vietnam jaman dahulu lengkap dengan tank perang, dan kemudian bisa mencoba menembakkan senjata perang, dengan membeli minimal 10 butir peluru (1 peluru @35.000 Dong)

Menembak Peluru Bullet Senapan Cu Chi Tunnel Tempat Wisata Ho Chi Minh

Jebakan Perang Cu Chi Tunnel Tempat Wisata Ho Chi Minh

Terowongan Cu Chi Tunnel Tempat Wisata Ho Chi Minh

Kembali ke Saigon, kita makan siang dahulu di salah satu COM (sejenis warung nasi). Harap berhati-hati untuk teman muslim, karena kemungkinan tidak semua penjual COM ini halal. Di sini kita dapat makan dengan 1 macam lauk, lengkap dengan pilihan sayuran, dan disediakan juga 1 mangkuk untuk sop (yang kita makan siang ini hampir mirip dengan sayur asem).

Siangnya kita mengunjungi 5 tempat wisata yang cukup terkenal di dalam kota Ho Chi Minh:

War Remnant Museum Ho Chi Minh Tempat Wisata Ho Chi Minh

War Remnant Museum

Merupakan museum berbagai barang peninggalan perang Vietnam, dengan berbagai kisah, gambar & foto-foto pada jaman perang dahulu. Beberapa foto sangat tragis, tetapi menjadi bukti nyata & menunjukkan adanya berbagai kekejaman pada jaman perang dahulu.

Reunification Independence Palace Tempat Wisata Ho Chi Minh

Presidential Palace / Reunification Palace

Merupakan bekas istana presiden di masa lalu, yang sekarang ini menjadi salah satu tempat wisata utama bagi turis yang bepergian ke Ho Chi Minh.

Notre Dame Cathedral Ho Chi Minh Tempat Wisata Ho Chi MinhHo Chi Minh Post Office Tempat Wisata Ho Chi Minh

Interior Ho Chi Minh Post Office Uncle Ho Tempat Wisata Ho Chi Minh

Ho Chi Minh Cathedral & Ho Chi Minh Post Office

Dua bangunan ini terletak bersebelahan. Merupakan salah satu bangunan tertua di kota Ho Chi Minh ini, dengan arsitektur khas Prancis. Kita juga mencoba memasuki dua tempat ini, untuk melihat interior kuno bangunan yang tetap dipertahankan sampai dengan sekarang..

Ben Thanh Market Ho Chi Minh Tempat Wisata Ho Chi Minh

Ben Thanh Market

Pasar terbesar di Ho Chi Minh, dan menjual segala macam barang, baik kebutuhan sehari-hari maupun oleh-oleh khas Ho Chi Minh / Vietnam. Bagian depan pasar cukup unik, dengan adanya jam besar di clock tower bagian depan pasar Ben Thanh ini.

Ke semua rute tersebut dapat ditempuh dengan jalan kaki. Atau apabila kecapekan, bisa seperti cara kita, yaitu berangkatnya naik taxi ke War Remnant Museum, setelah itu berjalan kaki ke Presidential Palace, Ho Chi Minh Cathedral, dan Ho Chi Minh Post Office. Terakhir kita mampir ke Ben Thanh Market, keliling pasar kemudian makan sore menjelang malam. Di kejauhan dari Ben Thanh Market ini juga terlihat gedung tinggi yaitu Bitexco Tower..

Bitexco Tower Ho Chi Minh Tempat Wisata Ho Chi Minh

Dari Ben Thanh sudah tidak terlalu jauh untuk menuju hotel kita yang berada di kawasan Pham Ngu Lao. Tidak lupa kita sempatkan dahulu untuk leyeh-leyeh minum kopi Vietnam di salah satu kedai kopi yang terkenal di Vietnam, yaitu Trung Nguyen Coffee yang terletak di pojokan jalan Pham Ngu Lao.

Trung Nguyen Coffee Pham Ngu Lao Tempat Wisata Ho Chi Minh

Malam harinya, kita menghabiskan waktu jalan-jalan di sepanjang jalan Bui Vien, yang terletak di kawasan backpacker di Saigon, yaitu Pham Ngu Lao dimana banyak terdapat restaurant & cafe di sekitarnya..

Crazy Buffalo Saigon Ho Chi Minh Tempat Wisata Ho Chi Minh

Foto Selengkapnya di FB Page kita: Facebook Liburan Murah | Cheap Travel

Pilihan Hotel di Vietnam

Pilihan hotel saya di beberapa kota yang saya singgahi yaitu sebagai berikut (semua hotel yang saya pilih berada di lokasi yang sangat strategis, mempunyai review yang baik, dari Agoda maupun TripAdvisors, dan paling penting punya family room / triple room untuk bertiga yang sesuai dengan budget kita) :

Masih bingung memilih hotel di Vietnam? Sebenarnya memang ada banyak sekali pilihan hotel murah di Vietnam. Sebagian mempunyai lokasi yang strategis, dengan berbagai range harga (mulai dari 10 USD sampai dengan 50 USD ke atas). Jadi sebaiknya survei dahulu untuk menentukan pilihan hotel yang terbaik untuk anda. Atau apabila tidak mau repot, bisa membeli buku #WisataHematVietnam #Elexmedia #PesanSponsor :p

One Comment

  1. Wisata Murah Vietnam | Liburan Murah
    Mar 13, 2013 @ 05:14:46

    [...] 23 Oktober 2012: pergi ke Cu Chi Tunnel & keliling kota Ho Chi Minh [...]

    Reply

Leave a Reply