Tempat Wisata Hoi An

Tempat Wisata Hoi An

Tempat Wisata Hoi An

Tempat Wisata Hoi An

Nha Trang – Hoi An, 28 Oktober 2012

Perjalanan bus malam dari Nha Trang, akhirnya sampai juga pagi hari ini di Hoi An. Segera kita check-in di hotel Dai Long yang terletak di seberang kantor bus Sinh Tourist & untungnya kita sudah diperbolehkan untuk check-in. Makan pagi terlebih dahulu, kemudian kita menunggu bus tour yang akan mengantar kita ke situs My Son, salah satu UNESCO World Heritage yang ada di Vietnam. My Son merupakan salah satu tempat wisata Hoi An yang harus dikunjungi.

My Son Tour

Dari Hoi An ke My Son sekitar 2 jam perjalanan. Situs My Son merupakan salah satu peradaban tertua di Asia Tenggara, dan sangat menarik juga orang pada jaman dahulu bisa membuat bangunan yang kompleks hanya dengan batu bata. Kompleks My Son sendiri sebenarnya sangat luas, tetapi sayangnya sebagian sudah hancur terkena bom pada waktu jaman perang Vietnam.

Kita datang hampir bersamaan dengan dimulainya jadwal show tarian khas suku Champa, yang dulunya merupakan penduduk setempat di My Son. Cukup menarik, dengan lama pertunjukan sekitar 20 menit. Setelah itu kita berkeliling situs My Son selama lebih dari 1 jam didampingi oleh tour guide.

Tour guide kita selama di My Son ini adalah orang bule. Dan memang karena pekerjaan yang bermula dari hobi sejarah, tour guide kita sewaktu di My Son ini sangat bersemangat dalam menjelaskan segala sesuatunya tentang My Son. Dia bahkan menjelaskan panjang lebar hubungan antara sejarah di kuil dan candi di Vietnam, sampai dengan candi di Indonesia, negara kita. Tidak terasa sudah lebih dari 1 jam, dan waktunya kita kembali ke Hoi An.

Hoi An Ancient Town

Dari My Son kita diantar kembali menuju ke hotel tempat kita menginap. Makan siang sebentar, kemudian kita istirahat dahulu sampai dengan jam 3 sore. Sore ini kita akan menuju ke Hoi An Ancient Town. Cukup dekat, hanya dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari hotel Dai Long.

Hoi An Ancient Town merupakan pusat kota Hoi An di masa lalu, dan merupakan salah satu kota tertua di Asia Tenggara. Ada 18 situs bangunan di Hoi An Ancient Town, yang hingga kini masih berdiri & tetap dipelihara. Kita dapat membeli tiket masuk Hoi An, dan memilih untuk masuk ke 5 bangunan bersejarah dari total 18 bangunan bersejarah di Hoi An Ancient Town. Cukup unik & kekhasannya tetap terjaga sampai dengan sekarang, sehingga Hoi An Ancient Town ini juga terpilih menjadi UNESCO World Heritage Sites.

Makan malam bisa mencoba berbagai pilihan restaurant di sepanjang Hoi An, atau makan di pasar Hoi An / Cho Hoi An untuk opsi makan murah. Sedangkan untuk transportasi dapat berjalan kaki saja di sekitar Hoi An, atau naik semacam becak apabila kecapekan berjalan kaki. Kita 2 kali mengitari Hoi An Ancient Town ini dengan berjalan kaki, dan belum capek juga pada malam harinya kita masih sempat menyaksikan pertunjukan yang digelar oleh warga setempat di pinggir sungai Hoi An.

Salah satu malam yang sangat menyenangkan & cukup berkesan bagi saya, berjalan santai di kota kuno, sambil melihat aktivitas & pertunjukan warga. Dibandingkan dengan kota lain di Vietnam Tengah (seperti Hue & Danang), Hoi An ini termasuk salah satu kota yang cukup banyak dikunjungi turis asing. Seperti yang kita lihat di malam hari, Hoi An Ancient Town cukup ramai dengan turis yang menghabiskan waktu di salah satu cafe/restaurant di pinggir sungai Hoi An..

Foto Selengkapnya di FB Page kita: Facebook Liburan Murah | Cheap Travel

Pilihan Hotel di Vietnam

Pilihan hotel saya di beberapa kota yang saya singgahi yaitu sebagai berikut (semua hotel yang saya pilih berada di lokasi yang sangat strategis, mempunyai review yang baik, dari Agoda maupun TripAdvisors, dan paling penting punya family room / triple room untuk bertiga yang sesuai dengan budget kita) :

Masih bingung memilih hotel di Vietnam? Sebenarnya memang ada banyak sekali pilihan hotel murah di Vietnam. Sebagian mempunyai lokasi yang strategis, dengan berbagai range harga (mulai dari 10 USD sampai dengan 50 USD ke atas). Jadi sebaiknya survei dahulu untuk menentukan pilihan hotel yang terbaik untuk anda. Atau apabila tidak mau repot, bisa membeli buku #WisataHematVietnam #Elexmedia #PesanSponsor :p

One Comment

  1. Wisata Murah Vietnam
    Sep 14, 2013 @ 14:40:51

    […] 28 Oktober 2012: pergi ke My Son & keliling kota Hoi An […]

    Reply

Leave a Reply