Tempat Wisata Hue Vietnam

Hoi An – Hue, 29 Oktober 2012

Pagi ini kita melanjutkan perjalanan dari kota Hoi An. Perjalanan di pagi hari & tidak terlalu lama sekitar 3 jam lebih, jadi agak kaget juga bus Sinh Tourist yang kita naiki berupa sleeper bus. Mantap daah, selama 3 jam lebih kita bisa beristirahat dengan nyaman di dalam bus. Ternyata bus ini merupakan rute bus lanjutan dari Nha Trang, yang stop over di Hoi An, kemudian lanjut ke Danang & terakhir di Hue.

Selama perjalanan bus Hoi An ke Hue, kita melalui 2 kali pemberhentian, salah satunya di tempat wisata Marble Mountain di mana kita dapat masuk & mendaki gua di Marble Mountain untuk menuju ke kuil di atas bukit. Ada cara yang lebih mudah untuk menuju ke kuil di atas Marble Mountain dekat kota Danang ini, yaitu dengan naik lift yang tersedia persis di sebelah gunung, dengan membayar biaya tambahan untuk lift. Tempat berikutnya kita berhenti di pusat penjualan mutiara, yang merupakan mutiara asli dari hasil laut setempat di sekitar Danang & Hue. Kita cuman melihat-lihat aja sambil mampir ke toilet, karena harga mutiara ini cukup mahal juga dan di luar budget backpacker tentunya, hehehe 🙂

Sampai di Hue, kita berhenti di kantor Sinh Tourist. Supaya tidak membuang waktu yang sudah agak siang, kita segera naik Mai Linh Taxi menuju ke hotel HueNino. Hotel Hue Nino masuk ke dalam gang dan harus sedikit berjalan kaki. Tetapi mengingat harga hotel yang sangat murah, kamar hotel yang bersih & nyaman dengan pelayanan yang sangat ramah, hotel ini sangat direkomendasikan menurut saya.

Sebelum keluar sebentar untuk makan siang, kita nego dahulu dengan pihak hotel untuk memesan kapal menuju ke 2 tempat tujuan kita di Hue, yaitu Thien Mue Pagoda & Hue Imperial City (yang merupakan World Heritage di Hue). Harga sewa kapal per orang seharusnya sekitar 3 USD, tetapi berhubung tidak ada teman lain kita harus menyewa 1 kapal sebesar 18 USD. Akhirnya daripada menunggu teman lain yang belum tentu ada, kita memutuskan untuk segera berangkat dengan menyewa 1 kapal tersebut.

Tempat Wisata Hue Vietnam

Dermaga kapal berada dekat dengan lokasi hotel Hue Nino. Cukup dengan berjalan kaki saja sekitar 5 menit, kita sudah sampai di pinggir sungai tempat dermaga ini berada. Langsung naik kapal, dan menuju ke tujuan pertama, Thien Mu Pagoda. Perjalanan yang ditempuh cukup lama, mungkin sekitar lebih dari 30 menit baru sampai di tempat tujuan. Thien Mu Pagoda ini merupakan pagoda yang cukup besar, dengan pemandangan ke arah sungai yang cukup bagus. Berhubung sudah menjelang sore, pengayuh kapal memberitahu kita untuk segera melanjutkan perjalanan menuju ke Hue Imperial City. Sudah survei dahulu di internet, berkeliling di Hue Imperial City ini bisa menghabiskan waktu minimal 2-3 jam, karena tempatnya yang sangat besar..

Hue Imperial City (UNESCO World Heritage)

Hue Imperial City merupakan wisata utama di kota Hue. Bekas kerajaan Hue di masa lalu ini merupakan tempat yang sangat luas, dan cukup melelahkan juga untuk mengitari seluruh tempat di Imperial City. Dari depan terlihat bahwa tempat ini dirawat dengan baik dengan bangunan yang masih kokoh, sayangnya semakin ke belakang yang tertinggal dari Hue Imperial City hanya tinggal puing reruntuhan. Di sekeliling masih terlihat dinding semacam benteng yang mengitari keseluruhan Hue Imperial City. Sedangkan bagian bangunan di pinggir Imperial City seperti beberapa rumah bangsawan jaman dahulu masih terlihat bagus, dan bentuk bangunan dengan segala detail arsitektur & pernak-pernik interiornya yang sangat mengagumkan. Detail bangunan sangat beraneka ragam, dengan perpaduan antara arsitektur China & Vietnam.

Menjelang jam 6 sore, kita menyetop taxi untuk mengantar kita pulang ke hotel. Sebenarnya bisa dengan berjalan kaki sekitar 20 menit, tetapi karena sudah lumayan lelah berkeliling kita memutuskan naik taxi saja untuk pulang ke hotel. Malam ini kita menghabiskan waktu di sekitar area backpacker kota Hue. Kebetulan hotel kita berada di pusat backpacker, sehingga malam harinya banyak restaurant & cafe di sekitar hotel. Hanya dengan berjalan kaki, kita menuju ke salah satu restaurant & cafe yang direkomendasikan, yaitu Restaurant Hot Tuna. Restaurant ini berada di sudut jalan, dengan harga makanan & minuman yang cukup terjangkau. Cukup nyaman untuk makan, mengobrol, sambil minum bir lokal Vietnam, Huda Beer..

Cheers! 🙂

Foto Selengkapnya di FB Page kita: Facebook Liburan Murah | Cheap Travel

Pilihan Hotel di Vietnam

Pilihan hotel saya di beberapa kota yang saya singgahi yaitu sebagai berikut (semua hotel yang saya pilih berada di lokasi yang sangat strategis, mempunyai review yang baik, dari Agoda maupun TripAdvisors, dan paling penting punya family room / triple room untuk bertiga yang sesuai dengan budget kita) :

Masih bingung memilih hotel di Vietnam? Sebenarnya memang ada banyak sekali pilihan hotel murah di Vietnam. Sebagian mempunyai lokasi yang strategis, dengan berbagai range harga (mulai dari 10 USD sampai dengan 50 USD ke atas). Jadi sebaiknya survei dahulu untuk menentukan pilihan hotel yang terbaik untuk anda. Atau apabila tidak mau repot, bisa membeli buku #WisataHematVietnam #Elexmedia #PesanSponsor :p