Tempat Wisata Lembang

Tempat Wisata Lembang - Pondok Wisata Grafika Cikole

Dari Ciwidey, kita makan siang setengah sore di Kampung Daun, kemudian menuju penginapan kita di Grafika Cikole Lembang. Esok harinya kita seharian berwisata di Lembang.

Pondok Wisata Grafika Cikole Lembang

Pengalaman kita menginap di pondok wisata Grafika Cikole sangat menyenangkan! Dari awal saya browsing tentang tempat ini, saya ingin mengajak anak saya untuk merasakan menginap di alam terbuka, tetapi dengan kondisi yang masih nyaman. Grafika Cikole ini adalah pilihan yang tepat! Kita menginap di tengah hutan pinus, tapi dengan kamar yang nyaman & kamar mandi yang bersih. Maklum anak kota, masih belum terbiasa tinggal di hutan, hehehe..

Grafika Cikole Lembang

Pondok Wisata kita cukup terpencil, jalan menuju ke sini juga cukup menanjak. Akhirnya makan malam ini kita pesan saja dari reception-restaurant pondok wisata untuk diantar ke kamar hotel. Sempat mikir juga, kira-kira apa mau tidur langsung menunggu besok, karena meskipun masih jam 7 malam sekeliling kita sudah cukup gelap. Tak disangka, tidak lama kemudian datang bapak dari pondok wisata, yang menawarkan kita untuk menyalakan api unggun & bakar jagung! Woow, pengalaman baru lagi untuk saya & keluarga, di mana kita diajarkan cara membakar jagung di api unggun, dan menikmati jagung bakar hasil jerih payah kita sendiri, hehehe.. Overall menurut pendapat saya pribadi, Grafika Cikole ini sangat direkomendasikan untuk keluarga, terutama bagi keluarga yang ingin mengajarkan anaknya untuk mencintai alam.

Bangun pagi, kita sempatkan untuk jalan pagi keliling kompleks pondok wisata, kemudian bersiap-siap untuk sarapan. Surprise juga, ternyata breakfast kita pagi ini bukan ala carte / 1 menu saja, melainkan buffet breakfast alias all you can eat! Menu memang tidak banyak, tapi cukup memuaskan menurut saya. Sebelum check out, tidak lupa kita mampir dulu ke tempat penangkaran rusa di Grafika Cikole. Di sini selain memberi makan rusa, kita juga mendapatkan free 1 gelas kecil juice strawberry. Jangan lihat gelas kecilnya, tapi rasa juice ini fresh, karena dibuat dari buah strawberry yang langsung dipetik dari pohonnya.

Gunung Tangkuban Perahu

Setelah check out dari Grafika Cikole, kita menuju ke gunung TangkubanPerahu. Sudah agak lupa juga seperti apa Tangkuban Perahu karena sudah dari jaman SMP dulu, ternyata lebih indah dari yang saya bayangkan. Tidak hanya kawah saja, tapi area pandang / view point di Tangkuban Perahu ini juga cukup menarik dan terawat dengan baik.

Lanjut dari Tangkuban Perahu, kita bermain air di Floating Market. Area floating market cukup luas. Sangat menyenangkan keliling tempat ini, dengan menghirup udara kota Lembang yang sejuk. Setelah itu kita lanjut berwisata religi di gua Maria di gereja Karmel Lembang, tepat jam makan siang kita mencoba berbagai street food di depan kompleks Gereja yang ternyata lumayan enak.

Floating Market Lembang

Setelah istirahat sebentar di gua Maria gereja Katolik Karmel, rute kita selanjutnya yaitu menuju ke vihara Vipassana Graha. Harapan saya untuk para traveler, apabila kita mengunjungi tempat ibadah, sebaiknya tetap tenang & tidak membikin gaduh. Sebagai traveler yang baik, kita harus menghormati semua tempat ibadah yang kita kunjungi. Di vihara Vipassana Graha, selain vihara yang bentuknya mirip dengan kuil Wat di Bangkok, juga terdapat patung Gajah Putih yang kabarnya asli didatangkan dari Thailand.

Vihara Vipassana Graha

Dalam perjalanan pulang menuju ke Bandung, kita mampir ke tempat terakhir yang kita kunjungi hari ini, tidak jauh dari kota Lembang, yaitu Dusun Bambu. Cukup menarik, di sini kita bisa bermain di taman maupun kolam air, nyamil snack khas Bandung, dan juga makan di beberapa resto yang ada di Dusun Bambu ini.

Hari sudah menjelang malam, akhirnya kita beranjak dari Dusun Bambu, makan malam dulu RM Ampera kota Bandung, kemudian check-in di Hotel Ibis jalan Braga, salah satu hotel strategis dekat dengan berbagai tempat makan & tempat wisata dalam kota Bandung. Besok kita akan melanjutkan perjalanan keliling kota Bandung!

Catatan Tempat Wisata Lembang

List tempat wisata Lembang yang ada dalam catatan saya:

• Gunung Tangkuban Perahu
  • Kampung Daun
  • Floating Market

Resto & Hotel di Lembang & Dago

Survei saya untuk resto & hotel yang bisa menjadi pilihan anda waktu ke Bandung (daerah Dago) & Lembang: