Tiket Pesawat Murah ke Luar Negeri

Tiket Pesawat Murah ke Luar Negeri

Indigo Airlines

Indigo Airlines – salah satu budget airlines di India – with travel mates Albert Chandra (foodgrapher.com) & Billy Buana (lightroom photography) *Photo by Yoshua Buana*

Tiket Pesawat Murah ke Luar Negeri

Berhubung sekarang ini sudah mulai bermimpi menjejakkan kaki di belahan bumi lainnya, yaitu di Eropa atau Amerika, saya mulai browsing cara mendapat tiket murah ke luar negeri, selain Asia tentunya. Kalau untuk Asia, apabila bisa mendapat harga promo saya rasa Air Asia masih belum ada tandingannya. Tapi jangan lupa mengecek harga dengan kompetitor budget airlines lain seperti Jet Star, Tiger Airways atau Fly Scoot.

Sebelumnya saya posting tentang cara mendapatkan miles dari berbagai airlines (semacam point reward) untuk bisa terbang gratis (di luar pajak). Tapi apabila jarang menggunakan kartu kredit, tentunya kita harus punya rencana berikutnya, yaitu dengan mencari tiket murah 🙂

Setelah browsing & bertanya kepada teman traveler (terimakasih om Teddy Andri dari grup tetangga BD yang memberi banyak info), siapa sangka ternyata ada beberapa full service airlines yang memberi harga miring untuk penerbangan ke Eropa. Tidak perlu jauh-jauh, coba cek dahulu di airlines negeri tetangga seperti Malaysia Airlines, Vietnam Airlines atau bahkan Thai Airways. Tips tinggal berlangganan newsletter masing-masing airlines, like facebook page & twitter, dan sering mampir ke group tercinta kita, Liburan Murah 🙂 Terkadang airlines kebanggaan kita, Garuda Airlines juga memberikan harga promosi untuk rute jarak jauh. Seperti barusan ini ada promosi Garuda untuk penerbangan Jakarta-Amsterdam cuma seharga 550 USD pp.

Jadi selain transit di Singapore atau Malaysia (Kuala Lumpur) yang sudah pernah saya bahas sebelumnya, kalau bisa mendapat promo airlines di atas, alternatif transit untuk long distance flight ke Eropa bisa juga melalui Vietnam atau Thailand (Bangkok). Khusus transit melalui Bangkok, kapanhari saya mendapat info dari salah seorang teman ada penerbangan rute baru dari Norwegian Airlines, yaitu rute Bangkok-Oslo (Norway) yang menawarkan harga sangat terjangkau, di bawah 500 USD. Siapa bilang terbang jarak jauh harus mahal?

Tambahan tips untuk teman-teman Liburan Murah, silahkan sesekali mampir ke website masing-masing airlines, atau coba mengutak-atik tanggal keberangkatan anda di Skyscanner.co.id atau Wego.co.id untuk mendapatkan perbandingan harga dari beberapa airlines sekaligus..

Catatan dari group Liburan Murah

* Garuda

Tiket termurah biasanya dapat didapatkan di acara Garuda Travel Fair. Dan tiket ini bener-bener diskon, jadi tidak seperti harga tiket Garuda yang biasanya cukup premium..

#sambilgigitjariketinggalanpromoGaruda #ggrrhhh :p

* Cathay Pacific, Eva Air, China Air, dll

Untuk tiket pesawat lain, coba datangi berbagai travel fair yang belakangan ini sering diadakan di berbagai kota di Indonesia. Harga di travel fair ini bisa berbeda jauh, seperti kapanhari ada promo Eva Air dari Surabaya ke Taiwan pp cuma 300 USD..

* Qatar

Barusan ini saya dapet promo Qatar, yang diadakan setiap beberapa bulan. Promo worldwide biasanya 25-30% discount. Tipsnya anda dapat mencoba multiple city untuk promo worldwide ini. Jadi misalnya pp ke Istanbul, kota keberangkatan dari Kuala Lumpur, sedangkan pulangnya ke Jakarta/Denpasar. Harga bisa lebih murah lagi dari 25-30%. Beberapa bulan yang lalu saya mendapatkan harga 1.400an MYR (sekitar 5,3 juta) untuk tiket pp Kuala Lumpur-Doha-Istanbul-Doha-Denpasar..

Full service airlines lain yg sering promosi:

* Malaysia Airlines

* Cathay Pacific

* Vietnam Airlines (di website)

* ANA Airlines (penerbangan Jepang, terutama promo Jakarta ke kota2 di USA)

* Eva Air (Taiwan)

Leave a Reply