Tips Liburan Hemat

Tips Liburan Hemat

Tips Liburan Hemat

TIPS LIBURAN HEMAT

Bagaimana cara tips liburan hemat dengan biaya semurah mungkin?

Setelah 2 artikel sebelumnya yang membahas tentang cara membuat itinerary & tips 4 H.E.A.T. (Hotel – Eat – Attraction – Transportation), posting kali ini saya akan coba membahas tips lain seputar tips liburan hemat dengan perjalanan mandiri / backpacking.

Supaya bisa mendapatkan harga termurah dalam perjalanan mandiri anda, mungkin tips liburan hemat berikut ini bisa berguna untuk membantu anda..

Tips Liburan Hemat #1 – Tiket Murah

Yang pertama yaitu jangan pergi di musim liburan atau high season di negara tersebut, apabila ingin mengejar harga tiket termurah. Karena di waktu liburan, permintaan tiket cukup tinggi jadi umumnya harga tiket naik sesuai dengan banyaknya permintaan. Libur Lebaran atau Natal-Tahun Baru merupakan titik puncak harga tiket termahal. Cari dahulu perbandingan harga tiket termurah di Skyscanner.net, Wego.com atau TripAdvisor.com.

Dan yang kedua, hunting tiket di saat ada promo dari airlines, dengan booking tiket pesawat jauh-jauh hari, sekitar 6 bulan sampai dengan 1 tahun sebelum keberangkatan. Tips cara mendapatkan tiket termurah pada waktu promosi dari airlines, dapat anda baca di sini: cara dapat tiket murah

Tips Liburan Hemat #2 – Hotel Murah

Anda bisa mencari harga hotel lebih murah dengan memilih lokasi hotel sedikit ke pinggir kota, tetapi tetap pertimbangkan dari segi biaya & kemudahan transportasi untuk menuju ke tempat wisata. Alternatif lain untuk penginapan murah bisa menginap di dorm hostel atau guest house. Tidak perlu menginap di hotel berbintang, kalo untuk saya menginap di hotel budget saja sudah cukup. Di sebagian hotel budget, kita bisa mendapatkan harga hotel termurah dengan pesan hotel di waktu promosi, jauh-jauh hari sebelum kita menginap. Dalam kurun waktu 6-8 bulan sebelum berangkat sebaiknya anda mulai mencari harga promosi dari berbagai budget hotel.

Bedanya apa hotel dengan dorm/hostel?

Cuma beda di kenyamanan saja, hostel dengan dorm / ranjang susun dan hotel dengan tempat tidur yang lebih nyaman. Yang membedakan lagi mungkin breakfast di hostel yang simpel (hanya kopi/teh, roti dng selai dan cereal) & letak kamar mandi yang berada di luar kamar. Anda bisa mencari harga hotel termurah di website perbandingan harga seperti Hotelscombined.com & membaca review hotel di TripAdvisor.com

Kalo tips hotel murah bahkan gratis, bisa baca tips berikut ini: menginap gratis di hotel

Sedangkan jaringan budget hotel murah di berbagai negara, baca di sini: budget hotel di berbagai negara

Tips Liburan Hemat #3 – Transportasi Murah

Anda bisa memakai transportasi lokal seperti , kereta subway, bus atau ferry. Opsi lain bisa naik kendaraan tradisional, seperti becak di Indonesia, atau tuk-tuk / tricycle di Thailand & Filipina. Ada juga transportasi lokal lainnya yang murah, seperti bemo/angkot di Indonesia, atau jeepney di Filipina. Taxi merupakan pilihan terakhir apabila tidak ada transportasi lokal yang dapat diandalkan, atau apabila anda traveling dalam waktu mendesak.

Untuk anda yang bepergian dengan banyak orang, kadang menyewa mobil juga bisa menjadi opsi transportasi murah. Kita tidak perlu repot mencari jalan karena biasanya sudah termasuk driver. Bisa juga menyetir sendiri, apabila tersedia GPS dalam mobil. Untuk anda yang bepergian berdua saja, menyewa sepeda motor juga bisa menjadi pilihan, seperti waktu di Vietnam.

Apabila hotel anda tidak jauh dari tempat wisata, anda bisa menggunakan transportasi termurah alias gratis, yaitu dengan berjalan kaki. Pilihan lain dengan transportasi menginap di malam hari, baik naik bus maupun sleeper train, juga bisa menjadi opsi transportasi murah, karena anda bisa berpindah kota sekaligus menghemat biaya penginapan. Sambil menyelam minum air 🙂

Tips Liburan Hemat #4 – Kuliner Murah

Yang paling terjangkau & murah, tentunya kita bisa mencoba makan makanan di street food lokal. Tapi hati-hati apabila perut anda tidak tahan diare. Opsi makan murah lainnya, bisa coba makan di fast food seperti KFC & McD, atau beli makanan siap saji yang tinggal dihangatkan di supermarket / minimarket. Apabila anda menginap di apartment, bisa juga mencoba memasak sendiri.

Tips Liburan Hemat #5 – Tempat Wisata Murah

Untuk anda yang mempunyai budget terbatas, anda bisa mencari tempat wisata yang murah atau bahkan gratis. Seperti di tulisan saya sebelumnya tentang tips perjalanan mandiri, alternatif tempat wisata dapat anda cari di TripAdvisor, maupun website tourism resmi dari negara yang akan anda tuju. Contoh wisata murah bahkan gratis, seperti di tulisan saya tentang wisata murah Singapura.

Tips Liburan Hemat lainnya

  • Jangan tergoda untuk shopping! Apabila anda ikut day tour, biasanya akan dibawa ke tempat shopping yang ekslusif, bukan tempat shopping yang murah. Untuk list tempat belanja murah, bisa lihat di group FB Liburan Murah: Tempat Shopping Murah di LN
  • Hati-hati terhadap SCAM! Karena ini juga bisa membuat biaya liburan anda membengkak apabila anda kena tipu. Yang penting anda jangan bicara dengan orang yang pura-pura ramah dengan kita. Tipe SCAM akan saya jelaskan lebih lanjut di postingan berikutnya.
  • Itinerary! Dengan membuat itinerary, rencana perjalanan anda menjadi jelas, tidak perlu membuang waktu untuk mencari jalan atau bingung mau ke mana lagi, pada saat traveling. Rute perjalanan & budget juga sudah dibuat semaksimal mungkin dalam itinerary kita, jadi tidak perlu bingung dengan berapa banyak pengeluaran kita di waktu traveling.

Seperti biasa, silahkan apabila teman-teman LM bisa memberi masukan & tambahan tips liburan hemat, kira-kira apalagi yang bisa membuat biaya liburan kita semurah mungkin? 🙂

Leave a Reply