Wink Hostel | MatchBox The Concept Hostel di Singapore

Wink Hostel | MatchBox The Concept Hostel di Singapore

Hostel di Singapore

“Selain apartmen di Singapore yang lebih cocok untuk keluarga, masih ada pilihan penginapan murah lainnya di Singapore yang cocok untuk traveler dengan tipe backpacker / flashpacker, yang bepergian sendiri atau bersama dengan teman.”

Dalam business trip saya di bulan Februari 2012, kebetulan saya meeting dengan client di Singapore. Akomodasi memang dibiayai oleh client, tetapi nggak enak juga kalau saya milih hotel yang terlalu mahal. Hotel Supreme, Hotel Grand Central di dekat Orchard & jaringan Accor Hotel Singapore sempat jadi pilihan. Tapi kalau saya menginap di hotel, apa bedanya ya, dengan pilihan hotel murah di Singapore lainnya, seperti Hotel 81 & Fragrance Hotel ? Malahan kamar untuk hotel murah di Singapore seperti Hotel Grand Central & Hotel Supreme di atas sedikit terlihat “kuno” dan space kamar yang cukup sempit.

Setelah itu saya mencari alternatif hostel / apartment supaya bisa memberikan review ke teman-teman Liburan Murah, tetapi tidak mau terlihat murahan, malu doong sama client, hehe.. Akhirnya ketemu juga tempat menginap berupa hostel yang kelihatan lebih berkelas, dengan konsep tempat tidur yang lebih mirip dengan hotel kapsul di Jepang, yaitu berupa POD.

Kebetulan ada 2 hostel dengan konsep tempat tidur POD, dan kedua hostel tersebut baru dibuka di tahun 2011 lalu. Dua hostel pilihan saya yaitu:

* WINK HOSTEL

* Match Box The Concept Hostel

Setelah survey sebentar & lihat review di TripAdvisor, akhirnya saya memutuskan untuk menginap di WINK HOSTEL..

WINK HOSTEL REVIEW

Begitu masuk ke dalam WINK HOSTEL, saya disambut oleh reception WINK HOSTEL yang nggak kalah ramah dengan receptionist di hotel berbintang.

Suasana & interior di WINK HOSTEL terkesan bersih, dengan interior yang modern. Penggunaan kartu elektronik untuk tiap tamu hostel juga memudahkan kita untuk menyimpan barang.

Ada beberapa hal baru yang cukup unik, yang tidak saya temukan di hotel murah:

  • Reception 24 jam! Dan ini beneran lhoo, buktinya saya hari pertama pulang jam 12 malam, terus buka inet sampai dengan jam 1 malam, masih ada terus yang jaga reception. Lusanya berangkat ke Botanic Garden jam 6 pagi, juga sudah ada orang di depan reception.
  • Tempat tidur berupa pod, mirip hotel kapsul di Jepang (lihat penjelasan di bawah)
  • Kamar mandi yang sangat bersih, dengan pancuran shower (hot-cold) yang cukup kencang, mirip dengan shower di hotel berbintang.
  • Sistem yang cukup modern, yaitu dengan penggunaan kartu magnetik (SMART CARD). Gunanya kartu magnetik ini yaitu apabila kita akan masuk ke kamar tempat pod kita, dan menyimpan barang di loker. Penggunaan juga cukup mudah, tinggal di-tap saja seperti penggunaan kartu di MRT Singapore.
  • Penggunaan kartu SMART CARD ini juga cukup canggih. Apabila kita tap kartu untuk masuk ke kamar hostel, maka begitu kita masuk lampu di tempat tidur POD kita akan menyala, tidak perlu untuk menyalakan lampu kamar. Jadi tidak mengganggu penghuni pod lain yang sudah tidur, terutama bagi yang suka pulang malam, hehe.. 🙂
  • Breakfast yang simpel, tapi cukup mengenyangkan. Mulai dari teh, susu, kopi, jus, roti & berbagai selai, dan sereal. Uniknya di sini kita breakfast dengan self service, dan setelah makan harap mencuci piring sendiri-sendiri. Kenapa kok unik? Maklum di rumah malah nggak pernah cuci piring sendiri, hahaha.. 😀

Untuk harga memang sedikit lebih mahal dari harga per-orang di hostel lainnya. Tetapi bedanya kalau di hostel yang bertipe dormitory tempat tidur berupa ranjang susun / bunk bed, sedangkan di Wink Hostel tempat tidur berupa sleeping pod, dengan pilihan single dan double pod. Jarak antar pod ini terpisah dengan sekat yang cukup tebal, sound resistant menurut website Wink, dan lebih private. Seharusnya untuk masing-masing pod bisa ditutup dengan pintu, sehingga mirip dengan hotel kapsul di Jepang. Tetapi karena dilarang oleh regulasi fire safety di Singapore, akhirnya sekat pintu di masing-masing pod dibiarkan terbuka.

Harga POD: $50 SGD untuk Single Pod, dan $90 SGD untuk Double Pod

Lokasi: Sangat strategis! Berada tepat di tengah Chinatown. Sangat mudah untuk naik MRT kemana-mana, karena lokasi di tengah kota Singapore. Dari MRT Chinatown, tinggal keluar ke exit A, kemudian keluar ke jalan besar & belok ke kanan sampai ketemu dengan pertigaan Mosque Street. Dari pertigaan anda tinggal belok kanan ke Mosque Street, dan tulisan Wink Hostel sudah langsung terlihat di kanan jalan.

Sedikit lebih private dibandingkan hostel dengan ranjang susun di Singapore, sehingga privacy lebih terjaga. Intinya review singkat untuk hostel ini: SIMPLE, PRIVATE, CLEAN, & MODERN. Tetapi untuk harga hostel? Hmm, kalau itu saya serahkan ke pilihan anda masing-masing.. 🙂

Pilihan hostel lain di Singapore yang cukup direkomendasikan:

8 Comments

  1. Tempat Foto di Singapore | Liburan Murah
    Feb 12, 2012 @ 16:18:59

    […] HOSTEL di Singapura […]

    Reply

  2. taromelix
    Feb 28, 2012 @ 08:37:54

    Terima kasih infonya. Saya searching juga di internet dan nemu ini hostels. Loakasi sangat strategis menjadi salah satu pertimbangan penting saya pas nanti travellng ke Singapore.

    Oh ya, apakah kita bisa pesan private room yang double pod (SIN 90.00) untuk bertiga : saya, isteri, dan anak 5 tahun ?. Soalnya ada beberapa hostels yang mencharge biaya tambahan jika ada anak kecil.

    Reply

  3. sentosa
    Jun 25, 2012 @ 17:40:00

    menurut saya lebih murah sewa apartmen, sekitar 100sin, dapat ber 3, walaupun kamar mandi luar

    Reply

    • andykristono
      Jun 26, 2012 @ 01:43:00

      Betul pak, lebih murah apabila sewa apartment. Cuman hostel / guest house bisa jadi alternatif utk yang bepergian sendiri.. 🙂

      Reply

  4. andre
    Dec 31, 2012 @ 12:22:33

    wah 90 SGD mahal jg ya ko

    Reply

    • andykristono
      Jan 04, 2013 @ 02:53:43

      Untuk ukuran hostel, memang cukup mahal se Ndre.. Tapi worthed kok, soalnya keamanan barang2 terjamin dengan adanya loker elektronik, dan kunci kamar juga menggunakan magnetic card. Clean & modern, lokasi sangat strategis di tengah Chinatown Singapore 🙂

      Reply

  5. Tempat Wisata Murah di Singapore
    Sep 18, 2013 @ 15:15:26

    […] HOSTEL di Singapura […]

    Reply

Leave a Reply