Wisata Beijing Forbidden City dan sekitarnya

SONY DSC

Hari kedua -2 April 2013

Malam hari sampai di Beijing South Railway Station, semua mesin subway error dan tidak dapat dimasuki koin. Ada kemungkinan ini semacam scam di Beijing, karena ada calo yang menyediakan dengan harga lebih mahal, yaitu 5 RMB, dari harga standart subway Beijing 2 RMB ke semua rute. Untungnya kita masih punya uang kertas untuk membeli tiket subway kita.

Turun di Dongsi Station, kita mengikuti petunjuk dari hostel untuk turun di exit B (line 5), dan petunjuk dari hostel sudah cukup jelas. Ternyata setelah besoknya kita berjalan menuju ke subway, kita menemukan exit E (line 6) Dongsi Station yang jauh lebih dekat menuju ke hostel Happy Dragon.

Malam harinya kebanyakan resto sudah tutup, akhirnya saya memilih makan di McD sebelah dongsi station exit B.

Hari ketiga -3 April 2013

Jingshan Park

Hari ini rencana kita akan keliling sekitar Forbidden City. Pertama kali kita akan mengunjungi salah satu dari 2 taman terkenal di Beijing, Beihai Park & Jingshan Park.

Jingshan Park terletak di pintu utara Forbidden City, dimana kita dapat melihat Forbidden City dari atas bukit. Sedangkan Beihai Park terletak di sebelah barat Jingshan Park, sekitar 10-15 menit berjalan kaki, salah satu taman yang sangat nyaman untuk duduk-duduk santai di sore/pagi hari

*Tiket masuk*
Jingshan Park: 2 RMB
Beihai Park: 20 RMB

Pagi ini kita menuju ke Jingshan Park, cukup dengan berjalan kaki santai 15 menit saja dari hostel kita Happy Dragon ke arah kanan jalan besar. Dalam perjalanan kita makan dahulu di depot kecil sederetan dengan Forbidden City, menunya Xiao Long Bao per porsi isi 10 biji dengan harga cuman 10 RMB..

Setelah itu kita menuju ke Jingshan Park terlebih dahulu untuk naik ke kuil di atas bukit. Dari sini kita dapat melihat pemandangan Forbidden City dari atas bukit, berfoto sebentar, dan turun ke bawah untuk masuk ke Forbidden City dari North Entrance. Jangan sampai keliru, ternyata sekarang ini pintu masuk hanya bisa dari South Entrance, dan keluar dari North Entrance. Karena sudah terlanjur sampai di pintu utara, kita harus naik kendaraan umum (bus) menuju ke pintu selatan di Tiananmen. Harap berhati-hati di sini, karena banyak scam becak (rickshaw) di Beijing. Awalnya mereka menawarkan 3 RMB untuk menuju ke pintu selatan, ternyata kita dibawa masuk ke gang-gang kecil di Hutong area, dan disana kita dipaksa untuk membayar 300 RMB!

Tian An Men & Forbidden City

Sampai di Tiananmen, kita berjalan kaki masuk menuju ke pintu masuk Forbidden City. Jalan menuju ke pintu masuk cukup panjang, apabila bingung anda bisa berjalan terus sampai menemukan pintu masuk dan tulisan Automatic Guide di sebelah kanan gate. Bangunan tiket Forbidden City (tiket Palace Museum) terletak sebelum bangunan Automatic Guide, di sebelah kanan jalan.

Kompleks Kerajaan yang masuk dalam World Heritage ini sangat besar, kalau ingin explore seluruh tempat ini rasanya dalam 1 hari juga masih kurang Harga tiket masuk RMB 60..

Beihai Park

Sampai di North Gate, kita menyeberang jalan dahulu ke arah Jingshan Park, dan kemudian berjalan kaki sekitar 10-15 menit ke kiri menuju ke Beihai Park. Di sini kita akan masuk dari pintu selatan Beihai. Naik dahulu ke puncak Beihai Park, kemudian kita berjalan menuju ke ujung, yaitu pintu utara Beihai Park (north entrance). Dari pintu utara Beihai terdapat jalur subway Beihai North Station, yang terdapat di sebelah kiri pintu keluar.

Wang Fu Jing Street

Sore hari kita menuju ke Wang Fu Jing. Turun di Wang Fu Jing Station, kita berbelok ke arah kiri, kemudian naik tangga di sebelah kanan, dan di ujung atas tangga berbelok ke kiri lagi. Dari sini tingggal berjalan lurus saja, sudah terlihat gemerlap lampu jalanan Wang Fu Jing, dan tidak lama kemudian kita sampai di Wang Fu Jing pedestrian Street.Wang Fu Jing ini salah satu jalan di Beijing yang diperuntukkan bagi pejalan kaki, jadi kendaraan bermotor dilarang masuk di sini. Kanan kiri banyak toko-toko & shopping mall, di pertigaan jalan terdapat berbagai resto & depot yang menjual berbagai macam makanan khas Beijing & extreme street food atau makanan ala “fear factor” seperti sate kalajengking, ulat dan lainnya.

Acara kita malam ini, mencoba 2 kuliner khas Beijing, yaitu di Quanjude Peking Duck & sate kalajengking di Wang Fu Jing. Bebek Peking sesuai selera saya, dengan bumbu yang khas, beda dengan bumbu bebek peking di Surabaya. Sedangkan sate kalajengking, rasanya renyah biasa, seperti makanan yang digoreng kering, hanya sensasi bentuknya aja yang membuat orang takut untuk memakannya, hehe..

Must Try:

Quanjude Peking Duck restaurant yang merupakan salah satu restaurant legendaris yang menjual bebek peking, terletak di sebelah kanan jalan masuk ke dalam gang/jalan kecil, akan terlihat signage-nya di sebelah kanan jalan. Sedangkan setelah pedestrian street (jalan besar yang tidak boleh dilalui mobil) berakhir, apabila berbelok ke kiri maka akan terlihat street food yang menjual berbagai macam sate tusuk, baik sate buah, daging, binatang aneh seperti kalajengking, ulat dll..

List Tempat Wisata Utama Beijing & Cara Menuju ke sana

*HOW TO GET THERE*

Temple of Heaven

Subway Line 5: turun di Tiantan Dongmen Station, keluar dari Exit A dan anda akan menemukan East Gate of the Park.

Summer Palace

Subway Line 4: turun di Beigongmen Station (Beigongmen artinyan North Palace Gate) exit D; atau turun di Xiyuan Station, keluar dari Exit C2 (southwest exit) dan berjalan ke barat.

Olympic Park

Take Subway Line 10 ke Beitucheng kemudian pindah ke Subway Line 8 (Olympic Special Line): turun di Olympic Sports Center Station, keluar dari Exit B1 (northwest exit) atau Exit B2 (northeast exit), dan berjalan ke utara.
Subway line 8: turun di Olympic Sports Center Station

Forbidden City

Subway Line 1: turun di Tiananmen West or Tiananmen East Station, berjalan ke utara melewati Tiananmen Tower (Gate of Heavenly Peace), dan anda akan sampai ke Meridian Gate (south gate)
Subway Line 2: turun di Qianmen Station dan berjalan ke utara melewati Tiananmen Tower.

Tian An Men Square

Subway Line 1: turun di Tiananmen Dong / Tiananmen Xi Station.
Subway Line 2: turun di Qianmen Station. Keluar dari Exit A or B dan berjalan ke utara.

Wangfujing

Subway: Line 1 (Station Wangfujing)

Beihai Park

Subway Line 4 turun di Ping’anli Station. Keluar dari Southeast Exit dan berjalan sepanjang Dianmen Xi Dajie ke timur selama 20 menit menuju ke north gate (pintu utara).
(NEW) Sekarang pintu utara Beihai sudah bisa diakses dari Beihai North Station Line 6

Drum Tower

Guloudajie Station Line 8

Jingshan Park

Subway Line 5 ke Dongsi Station. Keluar dari Exit C dan cari bus 101 ke Gu Gong (Forbidden City) Station. Atau bisa juga anda ke Forbidden City dahulu, kemudian tinggal menyeberang ke Jingshan Park. Lokasi Jingshan terletak di seberang pintu utara Forbbiden City.