Wisata Cappadocia Turki: Goreme & Urgup

Wisata Cappadocia Turki: Goreme & Urgup

Wisata Cappadocia Turki

Wisata Cappadocia Turki

Wisata Cappadocia Turki yaitu pada hari ke 6 sampai dengan hari ke 9 trip perjalanan kita ke Turki. Cukup lama juga, karena daerah Cappadocia merupakan highlight trip kita di Turki, dengan pemandangan formasi batu yang unik, dengan berbagai bentukan yang menyerupai jamur. Aneka formasi batu di Cappadocia ini bahkan dari dulu dipakai sebagai gereja, tempat tinggal, dan sekarang ini banyak dipakai sebagai hotel. Unik juga, bisa merasakan menginap di dalam hotel gua.

Selain itu, kita menyiapkan hari cadangan, untuk jaga-jaga apabila balon udara di Cappadocia ini batal terbang. Sampai dengan hari terakhir, kita belum bisa naik balon udara di Goreme karena terkendala cuaca & angin kencang, tapi untungnya kita mendapatkan kejutan lain, yaitu melihat untuk pertama kalinya salju turun di Cappadocia, padahal sudah memasuki musim semi di Turki.

Day 6. Cappadocia 10 April – Wisata Cappadocia Turki

Begitu sampai di Goreme, kita langsung menuju ke information center, papan namanya cukup besar dan akan langsung terlihat begitu kita turun dari bus. Di sini kita bisa minta tolong pusat informasi untuk menelpon hotel tempat kita menginap dan mereka akan mengirim jemputan mobil menuju ke hotel kita. Apabila Anda bingung memutuskan akan menginap di dorm / hostel atau hotel di Cappadocia, bisa baca tips memilih penginapan di Goreme Cappadocia DI SINI.

Makan pagi dulu di hotel, kemudian bisa langsung check-in. Kita mandi dahulu dan kemudian bersiap-siap mengikuti green tour. Tidak disangka, semakin lama hujan semakin deras, dan bentuknya semakin membesar berwarna putih. Yak benaaarr, hujan salju teman2! Akhirnya pertama kali dalam hidup #cieee saya menyaksikan salju turun dari langit. Langsung segera mengambil kamera dan bergantian foto dengan teman.

Setelah itu, tidak lama kemudian guide green tour datang menjemput kita, dan kita mengikuti acara tour untuk hari ini. Dibandingkan tour lain, green tour ini paling worth it saya rasa, dari segi harga. Karena tempat-tempat yang dituju berada di luar kota Goreme, dengan harga tour yang cukup terjangkau. Ada tour lain yang menuju luar kota, tapi harga lebih mahal dari green tour, sedangkan tempat yang dilihat tidak jauh beda. Sedangkan untuk tour dalam kota Goreme, saya rasa tidak perlu, karena Goreme tidak terlalu besar, hampir semua tempat bisa ditempuh dengan jalan kaki.

GREEN TOUR Cappadocia – Wisata Cappadocia Turki

Apa saja yang kita tuju dalam Green Tour Cappadocia? Rute kita yaitu sebagai berikut:

  • IHLARA VALLEY HIKING
  • SELIME MONASTERY
  • DERINKUYU UNDERGROUND CITY
  • PIGEON VALLEY
  • ONYX JEWELRY FACTORY & DEMONSTRATION
  • GÖREME PANORAMA

Sepanjang perjalanan dari satu tempat wisata ke tempat wisatanya, kita menyaksikan beberapa tempat di mana salju turun cukup lebat, dan serasa seperti di negara Barat, dimana kota & perbukitan yang tertutup dengan salju. Sebagian tempat yang kita lalui malah salju turun lebih lebat dari yang kita alami di hostel tempat kita menginap sebelumnya.

Semua rute tempat wisata dalam Green Tour Cappadocia tersebut sangat menarik. Waktu bebas yang diberikan juga cukup untuk kita mengambil foto sejenak dan melihat pemandangan di sekitar tempat wisata. Ihlara Valley, di mana kita trekking dengan pemandangan perbukitan dan sungai, dan guide akan mengajak kita masuk ke dalam salah satu gua di dalam perbukitan yang dulunya berfungsi sebagai gereja.

Makan siang di area Ihlara Valley ini merupakan salah satu menu makan siang terenak yang kita makan selama di Turki. Sayangnya kita tidak menanyakan, apa nama menu makan siang ini, yaitu berupa ikan yang disajikan dengan bumbu khas Turki dan dimakan bareng dengan salad, soup, dan roti. Minumnya tentu saja turkish tea. Cocok banget makan ikan yang disajikan di hot plate, menyeruput kuah soup hangat-hangat, dan minum teh yang masih panas, sedangkan di luar ruangan restaurant Ihlara Valley salju turun lagi.

Kemudian kita melanjutkan perjalanan ke Selime Monastery, yang dulunya merupakan biara terbesar di Cappadocia, dan lagi-lagi berada di dalam gua gunung batu! Di dalam biara Selime Monastery ini terdapat sekolah misionaris, tempat tinggal, semacam area berkumpul seperti ruang keluarga, dan juga terdapat gereja. Banyak terdapat lorong kecil dan gunung batu ini terbagi menjadi banyak ruangan kecil di dalamnya.

Setelah itu rute berikutnya kita mampir ke Derinkuyu Underground City, yang dulunya merupakan kota bawah tanah di Cappadocia Turki. Sungguh menakjubkan melihat kota yang berada di bawah tanah ini, membayangkan orang Turki di jaman dahulu benar-benar tinggal di dalam kota yang letaknya sampai dengan 8 tingkat di bawah tanah.

Rute terakhir, menuju ke beberapa pemberhentian singkat untuk berfoto ria, dengan latar belakang pemandangan khas Cappadocia yang indah, yaitu di Pigeon Valley & Goreme Panorama. Di tengah perjalanan, kita sempat mampir ke beberapa toko souvenir, antara lain toko yang menjual perhiasan onyx dengan sedikit demonstrasi cara pembuatan batu onyx menjadi perhiasan, dan toko oleh-oleh khas Turki, yaitu Turkish Delight. Overall, Green Tour Cappadocia ini recommended menurut saya. Semua tempat wisata yang dituju benar-benar memanjakan mata saya sebagai traveler yang menyukai pemandangan alam.

Malam harinya kita menghabiskan waktu dengan berkeliling kota & makan malam. Mampir dahulu ke information center Goreme untuk meminjam telpon free of charge, kita coba menelpon untuk menanyakan kabar tentang tour kita ke Nemrut. Tapi sayangnya (lagi-lagi) karena masalah cuaca, banyak jalanan yang tertutup salju, dan tour ke puncak gunung Nemrut banyak yang tidak jalan karena terkendala salju ini, jadi dengan terpaksa kita batalkan. Untuk tips wisata gunung Nemrut Turki, bisa dibaca DI SINI.

Makanan Khas Cappadocia

Untuk makan malam di Goreme Cappadocia, salah satu yang harus dicoba yaitu testi kebab atau disebut juga pottery kebab. Menu kebab yang unik, yaitu campuran daging dan rempah diletakkan di dalam pot yang dibakar, kemudian dimakan dengan cara memotong pot tersebut sebelumnya menjadi dua bagian. Rasanya beda dengan kebab pada umumnya, lebih enak menurut saya karena bumbu lebih terasa dengan perpaduan kuah yang cocok dimakan selagi hangat, di tengah suasana kota Goreme yang dingin.

Day 7. Cappadocia-Goreme 11 April – Wisata Cappadocia Turki

Goreme town all day!

Hari ini kita cuma berkeliling santai di dalam kota Goreme. Lazy day, kita jalan santai menuju Goreme Open Air Museum, tinggal jalan kaki dari kota Goreme sekitar 1-2 kilometer. Kemudian mengelilingi kota Goreme, mulai dari beberapa toko yang menjual souvenir khas Cappadocia, sampai dengan resto & cafe yang kita lalui sepanjang perjalanan dengan berjalan kaki.

Sedikit penjelasan tentang 4 daerah di sekitar Cappadocia, yaitu:

  • Goreme: tempat turis yang paling umum, kebanyakan tour balon dan hotel berada di sini. Yang paling terkenal di dalam kota yaitu Goreme Open Air Museum
  • Urgup: tempat turis kedua setelah Goreme, di kota Urgup ini mungkin campuran antara kota turis dengan penduduk lokal, dengan banyaknya perumahan penduduk lokal di sekitar Urgup. Beda dengan Goreme yang penuh dengan café & hotel. Jarak 10 kilometer dari Goreme.
  • Kayseri: airport dari luar kota, biasanya akan berhenti di Kayseri. Sekitar 1 jam lebih dari Goreme.
  • Nevsehir: airport kedua di Cappadocia, lebih jarang yang berhenti di Nevsehir, padahal jaraknya lebih dekat, uma 20-30 menit dari Goreme. Barusan di Nevsehir ditemukan kota bawah tanah terbesar di Cappadocia, kemungkinan akan dibuka untuk umum 2-3 tahun lagi.

Day 8. Cappadocia-Urgup 12 April – Wisata Cappadocia Turki

Urgup town all day!

Sepanjang hari ini, kita menghabiskan waktu dengan mampir ke kota Urgup, salah satu kota wisata Cappadocia Turki yang jaraknya tidak jauh dari kota Goreme. Bagaimana cara menuju ke kota Urgup? Mudah saja, kita tinggal menunggu dolmus yang berada persis di perempatan belokan jalan yang menuju Goreme Open Air Museum. Yang harus dilihat di kota Urgup yaitu Wish Hill, yang merupakan view point pemandangan terbaik dari atas bukit, mengarah ke kota Urgup dan pegunungan di sekitarnya.

Malam harinya kita mencoba menu khas Turki lainnya, yaitu Kofte, yang merupakan daging kebab yang dibentuk seperti bola-bola daging. Kofte ini bisa memakai kuah atau tidak, kebetulan yang kita coba di Hidden Cafe ini merupakan jenis menu kofte yang memakai kuah dengan rempah khas Turki. Saya dan teman saya suka sekali menu ini, sampai besok siang kita akhirnya mencoba menu kofte ini untuk kedua kalinya, hehe..

Day 9. Cappadocia-Istanbul 13 April – Wisata Cappadocia Turki

Shopping last day Goreme!

Pagi hari ini kita shopping di hari terakhir kita wisata Cappadocia Turki di Goreme. Sebelumnya kita mengurus refund dulu karena penerbangan balon di hari terakhir ini kembali dibatalkan. Sore menjelang malam naik kita pesan airport shuttle yang kita booking dari hotel menuju ke Kayseri Airport, untuk flight back to Istanbul.

Catatan Tips Wisata Cappadocia Turki

Best bargain for Goreme tour!
Akhirnya kita tidak dapat naik balon udara di Goreme karena faktor cuaca. Padahal harusnya kita mendapat penawaran terbaik dari travel agent di Pamukkale, yaitu cuman seharga:

  • Green Tour = 90 lira
  • Balloon Tour = 90 Euro!

Murah sekali, dibandingkan dengan harga di Goreme. Tapi repotnya, setelah itu balon dibatalkan, selama 3 hari berturut-turut kita menunggu balon, tapi karena faktor cuaca tidak dapat terbang. Akhirnya kita harus mengurus refund, dan karena travel agent di Pamukkale tidak punya kantor cabang di Goreme, kita harus mengurus refund dari partner mereka di Goreme. Tidak sulit, tapi lumayan memakan waktu, dan mungkin sebagai permintaan maaf, mereka memberi kita refund Euro dalam bentuk lira dengan kurs yang cukup tinggi dibandingkan money changer. Lumayan untuk tambahan belanja di Goreme 🙂

Saran saya, Anda sebaiknya mengambil paket wisata balon & green tour di hotel atau travel agent di Goreme saja, supaya tidak menyulitkan apabila mengurus refund, andai saja trip tour Anda dibatalkan karena terkendala cuaca atau lainnya. Dan sebaiknya Anda menyediakan waktu cadangan, mungkin sekitar 2-3 hari di Cappadocia ini, jaga-jaga apabila karena angin kencang, biasanya operator balon udara membatalkan acara sehari sebelumnya. Jadi Anda masih punya waktu lebih di esok harinya.

Leave a Reply