Wisata Gunung Nemrut Turki

Wisata Gunung Nemrut Turki

Wisata Gunung Nemrut Turki

Wisata Gunung Nemrut Turki

Gunung Nemrut adalah salah satu World Heritage di Turki

Wisata Gunung Nemrut ini masuk di salah satu tujuan kita waktu ke Turki kapanhari, tapi terkendala oleh anomali cuaca waktu kita ke sana, masih turun salju di beberapa bagian Turki padahal sudah memasuki bulan April.

Apabila anda ingin ke Nemrut, penjelasannya sebagai berikut:
Ada 3 kota yang berada di dekat gunung Nemrut ini. Dari ketiganya, anda bisa sewa mobil, atau lebih mudah bisa ikut tour harian dari ketiga kota tersebut. Untuk menuju ketiga kota tersebut yaitu Malatya, Kahta dan Adiyaman, anda bisa naik bus dari Goreme bus station. Atau paling mudah anda bisa menuju ke bus station di Nevsehir atau Kayseri, kota besar di Cappadocia dan tentunya lebih banyak pilihan bus menuju ke tiga kota di atas.

Cara Menuju Gunung Nemrut

Beberapa cara menuju Nemrut melalui kota terdekat yaitu:
• Malatya. Yang paling murah menurut saya menggunakan jasa tour & penginapan dari Gunes Motel. Harga sekitar 150 lira sudah termasuk semuanya. Coba bisa lihat di websitenya: nemrutgunesmotel.com
• Kahta, salah satu pilihan hotel Karadut Pansiyon. Harga tour harian ke Nemrut sekitar 80-100 lira.
• Adiyaman, salah satu pilihan hotel Zeus Hotel. Harga tour harian ke Nemrut sekitar 80-100 lira.
• Menginap di hotel bawah kaki gunung Nemrut, yaitu di Nemrut Kervansaray Hotel. Anda bisa meminta antar jemput dari kota Kahta menuju ke hotel ini: www.nemrutkervansarayhotel.com Dari sini cukup dengan berjalan kaki menuju ke puncak Nemrut (benar atau tidaknya, mohon anda bisa survey dahulu, karena info ini saya dapatkan dengan googling)

Tour Harian ke Gunung Nemrut / Day Tour Nemrut

Selain itu juga tersedia tour harian menuju ke gunung Nemrut, yaitu:
• Day tour dari Goreme, Cappadocia: ada Turco Travel yang berangkat setiap hari Sabtu & Minggu kembali. Tour lainnya berangkat hari Senin dari Goreme, bisa 2 hari atau 3 hari, termasuk ke Sanliurfa. Harga tour 2D/1N sendiri cukup mahal, berkisar antara 100-200 Euro.

Oh ya, meskipun saya belum pernah mencoba tour Nemrut dari Gunes Motel, tapi Hüseyin Aydin dari Gunes Motel sangat membantu dalam perjalanan kita menuju ke sana & respons by email cukup cepat dalam menjawab pertanyaan. Sayang pada hari H, kita terhalang salju yang cukup tebal. Semoga lain waktu apabila ke Turki, kita bisa berkesempatan mencoba tour menuju ke gunung Nemrut ini, salah satu World Heritage yang masih jarang dikunjungi di Turki. Semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman yang akan melakukan trip wisata gunung Nemrut di Turki.

Tentang Wisata Gunung Nemrut

Kota ini berada di persimpangan peradaban timur dan barat, Gunung Nemrut (Turkish Nemrut Dagi) adalah salah satu dari situs mengesankan di Turki, koleksi dari patung-patung kolosal di pegunungan terpencil di ketinggian 2150m, yang menghiasi kuil dan makan Raja Antiochus. Tempat ini tak diketahui hingga tahun 1881 ketika geologis Ottoman menemukan patung kepala setinggi 10 meter, kemudian para arkeologis mulai bekerja di tahun 1953 untuk menguak sejarahnya. Sejak saat itu tempat ini menjadi atraksi wisata penting, dengan para pemburu matahari terbit dan juga senja untuk melihat bebatuan ini dalam cahaya yang sempurna. Diganjar gelar Situs Warisan Budaya Dunia dari UNESCO, dan merupakan salah satu Taman Nasional terpenting di Turki. Selain patung-patung, situs ini juga menawarkan kesenian dari peradaban Commagene, Sekikale (Old Castle), Yenikale (New Castle) Karakus Hill dan Cendere Bridge. Kebanyakan pengunjung menginap di kota-kota terdekat seperti Malatya, Kahta atau Adiyaman. Rute menuju puncak dibuka hanya pada pertengahan April hingga pertengahan Oktober dikarenakan salju lebat terjadi di akhir tahun. (sumber: turkeytourism.com.my/destinasi/nemrut)

Leave a Reply