Wisata Murah Agra India

Wisata Murah Agra India

Wisata Murah Agra India - Liburan Murah Taj Mahal

Wisata Murah Agra India

DAY 4: 8 November 2014

Hari ini kita akan melakukan perjalanan menuju kota berikutnya, Agra. Dalam perjalanan wisata murah Agra India ini kita akan mampir ke 2 tempat yang lewat di dalam perjalanan menuju Agra. Sebelum check out hotel di Jaipur, Mr. Anil pemilik sewa mobil RFWD mampir di hotel kita untuk ngobrol sebentar. Sayang sekali saya tidak sempat bertemu dengan Sonia, anak Mr. Anil yang sangat bagus dalam melayani segala pertanyaan tentang trip India kita dan cukup cepat dalam menjawab email dari saya. Setelah itu kita segera berangkat melanjutkan perjalanan ke Agra, sambil mampir ke Chand Baori Stepwell & Fatehpur Sikri.

Chand Baori

Chand Baori

Chand Baori Stepwell, salah satu arsitektur di India yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air. Desainnya sangat unik, dan merupakan pemikiran yang sangat maju di masa itu. Bagi yang tidak tahu apa itu stepwell, bisa dibaca di wikipedia: Stepwell

Fatehpur Sikri

Fatehpur Sikri

Salah satu UNESCO World Heritage di India. Di sini kita harus naik bus pengelola tempat wisata dari parkiran mobil menuju ke pintu masuk Fatehpur Sikri, seharga 10 INR sekali jalan, begitu juga dengan pulangnya. Ongkos lainnya kita memberi tips 10 INR per sepatu untuk orang yang menjaga sepatu kita, karena semua alas kaki harus dilepas untuk masuk ke dalam.

Fatehpur Sikri merupakan bangunan bersejarah yang terkenal dari arsitektur Mughal, yang merupakan salah satu arsitektur terkenal India dari jaman dinasti kerajaan Mughal, selain Taj Mahal tentunya. Dan seperti bangunan bersejarah India lainnya, Fatehpur Sikri tidak kalah besar dari segi luasan bangunan.

Selepas dari Fatehpur Sikri, kita masih harus melanjutkan perjalanan ke kota Agra. Jalanan cukup macet, sehingga kita baru check in Atulyaa Taj Hotel sekitar 1,5 jam kemudian. Lokasi Hotel Atulyaa Taj dan Hotel Taj Resort lumayan strategis, tepat berada di tengah-tengah antara counter tiket Taj Mahal & gerbang Taj. Dan juga kita tidak harus naik tuk-tuk ke hotel, karena mobil masih diijinkan masuk ke hotel. Berbeda dengan hotel lain di kawasan area dalam Taj Mahal, di mana kita harus naik tuk-tuk karena mobil tidak diijinkan untuk masuk.

Makan malam kita hari ini tidak perlu jauh-jauh. Baik di hotel Atulyaa Taj maupun Taj Resort, terdapat resto yang terletak di lantai teratas roof top hotel. Rasa masakan lumayan, dengan harga yang cukup terjangkau.

Day 5: 9 November 2014

Our BIG DAY: TAJ MAHAL Day!

Hari kedua wisata murah Agra India. Jam 5.45 pagi kita sudah siap di depan hotel untuk menuju ke Taj Mahal. Ternyata kita tidak bisa langsung menuju ke gate Taj Mahal, melainkan harus membeli tiket dahulu di bangunan yang berbeda. Untungnya lokasi hotel kita cukup dekat dengan counter tiket Taj Mahal, hanya dengan berjalan kaki.

Segera bersama guide kita antri membeli tiket, dan khusus tiket foreign turis (cukup mahal seharga 750 rupee dibandingkan turis domestik) kita mendapat free air mineral dan mobil golf (free untuk tiket turis) yang mengantar kita ke antrian pintu gerbang terluar Taj Mahal. Maklum karena mobil di radius terdekat di Taj Mahal tidak diperbolehkan untuk masuk, jadi kita harus naik transportasi khusus dari pengelola wisata Taj Mahal.

Sesampainya di gerbang terluar Taj Mahal antrian sudah cukup panjang, segera kita antri sebelum jam buka Taj Mahal. Yang kita perhatikan di tempat wisata utama di India, cukup banyak petugas yang berjaga-jaga di sekitar tempat wisata tersebut. Di bangunan utama Taj Mahal, alas kaki tidak diperbolehkan menyentuh langsung lantai bangunan. Tapi sedikit berbeda dengan Fatehpur Sikri, di sini kita diberikan plastik untuk membungkus alas kaki kita, jadi tidak perlu repot-repot untuk mencopot sepatu, tinggal dibungkus dengan plastik yang sudah disediakan.

Turis di Taj Mahal Taj Mahal di pagi hari

AGRA Fort

Rute kedua kita di Agra dalam hari ini, setelah mengunjungi Taj Mahal. Agra Fort merupakan salah satu fort kerajaan di India yang terkenal & sering dikunjungi oleh turis. Umumnya apabila kita mengunjungi Taj Mahal di Agra, Agra Fort ini juga menjadi salah satu tujuan wajib. Bentuk arsitektur sepintas hampir sama dengan bentuk arsitektur di Amber Fort, bedanya Agra Fort tidak terletak di atas bukit. Taman di Agra Fort juga cukup terjaga, dan sama dengan fort benteng di India lainnya, secara keseluruhan bangunan Agra Fort ini sangat luas! Mungkin apabila tidak memakai guide, cukup sulit untuk menemukan tempat apa saja yang menarik di dalam Agra Fort ini.

Detail Agra Fort Detail Arsitektur Agra Fort Taman Agra Fort
Rute wisata murah Agra India kita dalam hari ini:

  • Taj Mahal : mungkin kita sudah 2-3 jam berada di Taj Mahal, tapi rasanya masih kurang puas untuk berfoto-ria, hehe :p
  • Breakfast dulu di hotel, kemudian check-out
  • Agra Fort
  • Perjalanan ke Delhi, dan mampir dulu ke Kingdom of Dream untuk melihat show Zangoora.

Tulisan tentang Wisata India

Posting blog Liburan Murah tentang India lainnya dapat dibaca di:

Leave a Reply