Wisata Murah Beijing

Wisata Murah Beijing

SONY DSC

Wisata Murah Beijing

Hari keempat – 4 April 2013

Temple of Heaven

Sehari sebelumnya kita sudah keliling Tian An Men, Forbidden City, mampir ke 2 taman terkenal di Beijing: Beihai Park dan Jinshang Park. Hari ini kita akan pergi ke Temple of Heaven & Summer Palace. Cara menuju Temple of Heaven yaitu turun di station Tiantan Dongmen exit A, mengarah ke kanan, tidak terlalu jauh maka kita akan sampai di East Gate Temple of Heaven.

Ticket Temple of Heaven

Sampai di pintu masuk Temple of Heaven, antri dulu cukup panjang untuk beli tiket. Meskipun banyak orang, tapi tidak memakan waktu terlalu lama. Di dalam Temple of Heaven ini banyak sekali orang tua penduduk lokal yang berkumpul. Baik hanya mengobrol bersama teman, melakukan olahraga ringan di pagi hari, sampai dengan senam Tai Chi dan bermain musik bersama. Sangat menyenangkan suasana pagi ini di Temple of Heaven. Apabila tidak ingat waktu & harus segera melanjutkan perjalanan ke Summer Palace, mungkin saya bisa seharian duduk-duduk santai di Temple of Heaven.

Jangan lupa untuk membeli peta, atau download map dari internet, jadi anda bisa menjelajahi semua bagian Temple of Heaven yang ternyata cukup besar juga. Tidak sebesar Forbidden City tapi lumayan juga untuk olahraga di pagi hari, hehe..

SONY DSC

Summer Palace

Lanjut ke Summer Palace, hujan mulai turun rintik-rintik. Tepatnya kita akan menuju ke Summer Palace di North Gate. Sampai di Beigongmen Station station exit D, kita akan melihat bangunan KFC di seberang jalan. Belok ke kiri, dan berjalan luruuus, maka kita akan menemukan pintu utara Summer Palace. Karena waktu sudah siang menjelang sore hari, akhirnya kita memutuskan untuk makan KFC dulu di seberang jalan.

Summer Palace ini bahkan lebih besar lagi dari Temple of Heaven. Masuk dari pintu utara, berarti kita harus naik ke bagian paling atas dari Kerajaan Musim Panas ini, dan kemudian menuruni “bukit” menuju ke danau. Lumayan capek, tapi terbayarkan dengan view Summer Palace yang indah dari pinggir danau.

Olympic National Stadium

Olympic Stadium

Rute terakhir kita menuju ke Olympic Stadium. Cara menuju ke sana yaitu dengan turun di Olympic Park Station, berjalan luruuuss, maka akan terlihat bangunan National Stadium di sebelah kanan dan Aquatic Marine Cube di sebelah kiri. Sambil kedinginan menunggu lighting Olympic Park menyala jam 7 malam, kita makan ketela bakar yang dibeli oleh salah satu teman, sederhana tapi terasa nikmat di tengah udara dingin. Maklum hujan turun rintik-rintik sepanjang hari, ditambah dengan lokasi Stadium di lapangan besar terbuka dengan angin yang berhembus kencang. Akhirnya tepat jam 7 malam bangunan National Stadium menyala disinari oleh lighting, terlihat lebih indah dari sebelumnya, begitu juga bangunan  dengan sinar kebiruan.

Aquatic Marine Cube Beijing

Yashow Market

Malam harinya masih ada sisa waktu sedikit, kita pergi ke Yashow / Yaxiu Market. Harap perhatikan, ternyata market ini tutup pada jam 8 malam, jadi sebaiknya anda mengatur waktu supaya tidak keburu tutup nantinya. Dari exit Tuanjiehu station exit A, anda berjalan ke arah kanan (membelakangi) pintu keluar station, dan pada perempatan / ujung jalan pertama anda akan menemukan petunjuk jalan Yaxiu menuju arah kanan jalan. Berjalan kaki luruuuss saja, maka anda akan sampai di mall Yaxiu Market, yang terletak di sebelah kanan. Pada pertigaan jalan persis sebelum Yaxiu Market, apabila berbelok ke kanan maka anda akan menemui area bar Sanlitun, bahkan di ujung jalan ini terdapat sex shop dan toko tattoo!

TIPS

Rata-rata tempat wisata bersejarah di Beijing cukup luas berskala besar dan lumayan menyita waktu apabila anda ingin menjelajahi seluruh bagian. Apabila anda memang senang bangunan bersejarah, siapkan waktu lebih dan juga siapkan tenaga untuk jalan kaki sehari penuh. Rata-rata tempat wisata seperti Forbidden City, Temple of Heaven dan Summer Palace, menghabiskan waktu sampai dengan setengah hari atau bahkan lebih untuk meng-explore seluruh tempat wisata tersebut.

Temple of Heaven Park Summer Palace BeijingEntrance Summer Palace SONY DSC

List Tempat Wisata Utama Beijing & Cara Menuju ke sana

*HOW TO GET THERE*

Temple of Heaven

Subway Line 5: turun di Tiantan Dongmen Station, keluar dari Exit A dan anda akan menemukan East Gate of the Park.

Summer Palace

Subway Line 4: turun di Beigongmen Station (Beigongmen artinyan North Palace Gate) exit D; atau turun di Xiyuan Station, keluar dari Exit C2 (southwest exit) dan berjalan ke barat.

Olympic Park

Take Subway Line 10 ke Beitucheng kemudian pindah ke Subway Line 8 (Olympic Special Line): turun di Olympic Sports Center Station, keluar dari Exit B1 (northwest exit) atau Exit B2 (northeast exit), dan berjalan ke utara.
Subway line 8: turun di Olympic Sports Center Station

Forbidden City

Subway Line 1: turun di Tiananmen West or Tiananmen East Station, berjalan ke utara melewati Tiananmen Tower (Gate of Heavenly Peace), dan anda akan sampai ke Meridian Gate (south gate)
Subway Line 2: turun di Qianmen Station dan berjalan ke utara melewati Tiananmen Tower.

Tian An Men Square

Subway Line 1: turun di Tiananmen Dong / Tiananmen Xi Station.
Subway Line 2: turun di Qianmen Station. Keluar dari Exit A or B dan berjalan ke utara.

Wangfujing

Subway: Line 1 (Station Wangfujing)

Beihai Park

Subway Line 4 turun di Ping’anli Station. Keluar dari Southeast Exit dan berjalan sepanjang Dianmen Xi Dajie ke timur selama 20 menit menuju ke north gate (pintu utara).
(NEW) Sekarang pintu utara Beihai sudah bisa diakses dari Beihai North Station Line 6

Drum Tower

Guloudajie Station Line 8

Jingshan Park

Subway Line 5 ke Dongsi Station. Keluar dari Exit C dan cari bus 101 ke Gu Gong (Forbidden City) Station. Atau bisa juga anda ke Forbidden City dahulu, kemudian tinggal menyeberang ke Jingshan Park. Lokasi Jingshan terletak di seberang pintu utara Forbbiden City.

Yashow Market

Subway station terdekat: Exit A, Tuanjiehu station, Line 10
Nearby building: Beijing Workers’ Stadium & Sanlitun bar street

Beijing South Railway Station

Line 4 Beijing South Railway