Wisata Murah Berastagi

Wisata Murah Berastagi

Pemandangan Tele Danau Toba

Wisata Murah Berastagi

2 Maret 2013

Setelah mengunjungi Tomok, kita melanjutkan perjalanan melewati Tele untuk melihat pemandangan danau Toba yang indah dari arah menara pandang Tele. Tapi harap berhati-hati untuk rute dari Samosir-Pangururan-Tele yang cukup berliku-liku dan sering terjadi longsor, jadi apabila cuaca sudah mulai masuk ke musim penghujan, sebaiknya anda menghindari rute Tele ini.

SONY DSC

SONY DSC

Dari Tele kemudian kita melanjutkan perjalanan ke Berastagi, dan sebelum sampai di Berastagi kita berhenti dahulu di air terjun Sipiso-piso, salah satu air terjun terkenal di daerah Sumatera Utara dengan ketinggian air terjun yang cukup tinggi. Cara mencapai lokasi Sipiso-piso dari Tele yaitu sekitar 20-30 km sebelum sampai di Berastagi, nantinya jalan akan terpisah menjadi 2 belokan, apabila ke kiri menuju ke Berastagi sedangkan ke kanan ke daerah Tongging / air terjun Sipiso-piso.

SONY DSC

Pemandangan air terjun ini sangat curam & bedanya dengan air terjun yang biasa saya lihat, di air terjun Sipiso-piso kita tidak perlu mendongak kepala ke atas untuk melihat air terjun, melainkan cukup melihat ke bawah, karena posisi air terjun berada di bawah pijakan kaki kita.  Dan lagi-lagi kita dapat melihat pemandangan yang berbeda menuju ke danau Toba dari atas bukit di air terjun Sipiso-piso, yaitu tepatnya view danau Toba yang dilihat dari daerah Tongging.

SONY DSC

Setelah itu kita bergegas menuju ke Taman Alam Lumbini karena hari sudah menjelang sore, lokasi sekitar 10-15 menit setelah melewati kota Berastagi dalam perjalanan ke arah kota Medan. Menuju ke Taman Alam Lumbini ini kelihatannya tidak terdapat petunjuk jalan, untungnya driver kita sudah beberapa kali ke sini. Apabila menyetir sendiri ke sini, mungkin bisa bertanya dahulu ke penduduk sekitar. Bangunan tempat berdoa umat Buddha ini cukup unik, didesain mirip seperti kuil / pagoda emas di Thailand dengan bentuknya yang bundar dan berwarna kuning keemasan. Apabila berfoto di sini mungkin orang tidak akan terpikir bahwa bangunan ini berada di Indonesia! 🙂

SONY DSC

Tips tempat wisata di sekitar Berastagi

  • Taman Simalem Resort, yang juga terkenal dengan view Danau Toba yang indah. Terdapat resort/hotel & restaurant di dalam kompleks Taman Simalem Resort ini.
  • Air terjun Sipiso-piso & pemandangan danau Toba dari arah Tongging
  • Pagoda Emas di Taman Alam Lumbini
  • Atau bisa ngadem aja di kota pegunungan Berastagi, banyak tersedia hotel & villa..

6 Comments

  1. estri
    Jun 11, 2014 @ 03:51:56

    Alamnya benar-benar sangat memanjakan mata.

    Reply

    • Yuli
      Nov 07, 2016 @ 14:23:26

      Ijin share kakak, jadi pingin kesana

      Reply

      • andykristono
        Nov 16, 2016 @ 02:09:47

        silahkan.. 🙂

        Reply

  2. Timothy Yoseph
    Nov 08, 2014 @ 08:31:29

    Saya tertarik tentang artikel anda tentang wisata di Sumatera Utara ini Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    Reply

  3. Tan
    Jan 26, 2015 @ 13:56:04

    Air terjun ini memang sangat menarik untuk dikunjungi, namun amat disayangkan bila Anda datang ke lokasi wisata alam ini Anda akan menemukan banyak tumpukan sampah karena kurangnya perhatian pemerintah setempat akan potensi wisata dan juga tidak bertanggung jawabnya para turis yang datang.

    Reply

  4. Bayu
    Jan 25, 2017 @ 02:42:34

    Pagoda emas. I’M comeing

    Reply

Leave a Reply