Wisata Murah China: Beijing-Shanghai

Wisata Murah China: Beijing-Shanghai

SONY DSC

Wisata Murah China: Beijing-Shanghai

Perjalanan traveling 2 hari Shanghai – 3 hari Beijing bareng 2 teman fotografer om Nicky Setiabudi & om Eko Setiawan. Hasil foto super banyak & bagus2. Overall nice trip & best travel friends, thanks to GOD! Total biaya kurang lebih 6,7 juta untuk semuanya, di luar biaya oleh2.

Keuntungan dibanding ikut tour: harga lebih murah, lebih fleksibel dalam mengatur waktu (ikut tour biasanya waktu di tempat wisata terbatas & harus ikut shopping ke tempat obat, teh, pijat, dll), bahkan tempat wisata yang kita kunjungi selama di Beijing-Shanghai bisa jadi lebih banyak daripada rute/itinerary tour standart..

Pengalaman unik lainnya yaitu kita bisa menikmati pengalaman jalan kaki & naik subway, merasakan bagaimana menjadi orang lokal di Beijing-Shanghai. Makanan juga bisa merasakan semuanya, mulai dari makanan street food, makanan khas yang biasa dimakan penduduk lokal, fast food, sampai dengan makan di cafe mahal & restaurant berkelas 🙂

Seperti biasa, perjalanan saya dimulai dari airport Juanda, Surabaya menuju Kuala Lumpur, transit sebentar kemudian melanjutkan perjalananan dari KL ke Beijing dengan menggunakan Air Asia.

SONY DSC

Start the Journey!

Sampai di bandara Capital International Beijing, kita menuju ke bandara departure terminal 2 domestik, untuk kemudian tidur di sana. Pagi hari, antri check-in untuk mendapatkan boarding pass dari China Eastern Airlines yang akan membawa kita dari Beijing ke Shanghai. Jangan lupa setelah mendapat boarding pass, siap2 untuk melepas semua barang bawaan yang ada dalam kantong baju maupun celana, karena pemeriksaan di penerbangan domestic China menuju ke gate ini sangat ketat, bahkan dompet pun harus melalui screening pemeriksaan, lain dengan di Indonesia.

Perjalanan dengan pesawat China Eastern ini cukup menyenangkan, kursi lebih longgar dan lebih nyaman ketimbang Air Asia, dan lebih penting lagi kita dapat makan pagi yang lumayan mengenyangkan, meskipun cuman berupa bubur, roti isi daging, dan yoghurt.

* Day 1 & 2: Wisata Murah Shanghai

* Day 3: Wisata Beijing Forbidden City dan sekitarnya

* Day 4: Wisata Murah Beijing

* Day 5: Wisata Great Wall Beijing

Jangan lupa baca postingan tentang perincian biaya:

Harga wisata murah China: Beijing-Shanghai

Dari Beijing sama seperti rute keberangkatan sebelumnya, kita balik ke Kuala Lumpur dahulu, kemudian lanjut ke Surabaya. Selesai sudah liburan kita kali ini. Sampai ketemu di posting blog LM berikutnya: Liburan Murah Filipina! 🙂

Rekomendasi Hotel di Shanghai

Yang kita pilih: Blue Mountain Bund Youth Hostel, 10 menit dari East Nanjing Road Station exit 1. Lokasi Blue Mountain Bund Youth Hostel ini cukup strategis & tidak terlalu jauh dari subway metro Shanghai. Kalau punya budget lebih, Lakeside Holiday Inn Hotel bisa jadi pilihan, kamar hotel sedikit lebih nyaman & tersedia breakfast setiap paginya. Kalo terdekat dari subway station, pilihannya adalah Nanjing Hotel.

Harga triple room 45 USD / malam di Agoda, lebih murah ketimbang di website Hostel maupun di HostelWorld

Pilihan lain:

Untuk hotel lain di Shanghai, bisa cek di: Review Hotel di Shanghai

Rekomendasi Hotel di Beijing

Yang kita pilih: Happy Dragon Hostel, Beijing, 5 menit dr Dongsi Station exit E. Lokasi tidak sedekat Hotel Wahaha, tapi masih tidak terlalu jauh untuk berjalan kaki. Keuntungannya: reception bisa berbahasa Inggris, dan tersedia tour murah ke Great Wall Mutianyu (menurut saya lebih bagus dari Great Wall Badaling). Tour di Happy Dragon Hostel ini juga no-shopping, jadi kita tidak akan dibawa shopping masuk ke toko obat, teh, perhiasan dan sebagainya.

Harga triple room ensuite (kamar mandi dalam): 210 RMB (336 ribu rupiah) / malam

Pilihan lain:

Untuk hotel lain di Beijing, bisa cek di: Review Hotel di Beijing

Liburan Murah Info