Wisata Murah Istanbul Turki

Wisata Murah Istanbul Turki

Wisata Murah Istanbul Turki

Wisata Murah Istanbul Turki

Perjalanan wisata murah Istanbul Turki kita dimulai dari pertama kali menginjak negara Turki di kota Istanbul. Kedatangan kita di Turki awalnya cuma semalam saja di Istanbul, kemudian setelah itu melanjutkan perjalanan keliling negara Turki dengan rute mainstream seperti tour pada umumnya. Rute itinerary lengkap Liburan Murah Turki dapat di baca DI SINI.

Perjalanan kita menjelajahi Istanbul berlanjut pada hari ke 9 setelah kembali dari Cappadocia, sampai dengan hari ke 12 yaitu saatnya kita pulang dari Turki menuju ke Denpasar, Bali, Indonesia!

Day 1: Istanbul 5 April 2015 – Wisata Murah Istanbul Turki

Penerbangan kita mendarat malam hari di Istanbul Ataturk Airport, langsung kita bergegas ke lantai bawah airport, yaitu menuju ke stasiun Metro Istanbul. Antri di mesin jeton dan cukup bingung awalnya, ternyata tidak semua mesin menjual Istanbulkart, hanya di mesin yang letaknya di paling kiri. Tidak ada petugas, untungnya ada salah satu warga lokal yang memberitahu kita, dari langkah awal memasukkan uang sampai dengan kita mendapat Istanbulkart. Trimakasih banyak atas bantuannya!

Tidak menunggu lama, kita naik metro menuju ke Zeytinbumu, untuk pindah moda transportasi yaitu tram menuju ke Sultanahmet. Ada 2 opsi, yang pertama yaitu turun di Zeytinbumu ini, atau yang kedua kita bisa turun di Aksaray kemudian pindah tram Yusufpasa menuju ke Sultanahmet. Cara kedua mungkin lebih mempersingkat waktu, karena jumlah stasiun tram lebih sedikit, tapi repotnya kita harus berjalan kaki cukup jauh dari metro Aksaray ke tram Yusufpasa. Kalau di stasiun Zeytinbumu, lokasi metro stop sudah langsung berhadapan dengan tram Zeytinbumu, tapi perjalanan lebih lama karena lebih banyak pemberhentian.

Malam ini kita makan kebab dulu di daerah Sultanahmet, tuker uang di money changer yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitaran Sultanahmet, kemudian menuju ke hostel untuk beristirahat. Besok paginya kita akan melanjutkan perjalanan keliling Turki, dimulai dari kota Bursa sampai dengan Cappadocia.

Day 9: Cappadocia-Istanbul 13 April 2015 – Wisata Murah Istanbul Turki

Dari Cappadocia kita menuju ke Istanbul melalui Bandara Sabiha Gokcen. Beda dengan bandara Istanbul Ataturk Airport yang sudah dilalui oleh jalur Istanbul Metro, bandara Sabiha Gokcen ini sedikit lebih jauh dari pusat kota, dan pilihan transportasinya lebih ribet & mahal. Keuntungannya banyak penerbangan murah dari budget airlines yang mendarat di bandara Sabiha Gokcen ini, seperti rute kita dari Cappadocia yang memakai Pegasus Airlines.

Jadwal kita kemarin begitu sampai di bandara Sabiha, kita naik bus HAVATAS menuju ke Taksim, kemudian naik taxi menuju ke Sultanahmet. Alternatif lain bisa menggunakan airport shuttle, kalo tidak salah harga dalam Euro, yang akan mengantar anda langsung menuju tempat tujuan di Sultanahmet, klik websitenya di sini: http://www.sabihagokcenairportshuttle.com. Travel lain yang menyediakan airport shuttle, yaitu Efendi Travel: http://www.efenditravel.com

Alternatif transport dari bandara Sabiha Gokcen ke hostel Istanbul mungkin lebih murah apabila kita memesan sebelumnya dari hostel tempat kita menginap, untuk transport dari bandara Sabiha Gokcen ke hostel Istanbul.

Day 10: Bosphorus & Tulip Festival, Istanbul 14 April 2015 – Wisata Murah Istanbul Turki

Hari ini kita naik Bosphorus Cruise yang sering digunakan warga lokal, tentunya dengan harga jauh lebih murah dari Bosphorus Cruise untuk turis. Berangkat dari dermaga Eminonu persis jam 10.30, kita menuju ke dermaga paling ujung di benua Asia Turki, yaitu dermaga Anadolu Kavagi, yang merupakan pemberhentian terakhir sebelum cruise balik ke dermaga Eminonu. Usahakan untuk membeli tiket minimal setengah jam sebelumnya.

Tiket cruise paling murah dapat anda dapatkan di kantor cruise yang terletak di paling kiri bernama Bogaz Iskelesi, apabila anda menyeberang jalan dari trem Eminonu. Ada beberapa operator cruise & ferry dari dermaga Eminonu, tetapi papan nama masing-masing operator dapat dengan jelas dilihat dari jauh. Dalam perjalanan kita akan berhenti di beberapa dermaga, dan melewati 2 jembatan besar, salah satunya yaitu jembatan terkenal, yaitu Bosphorus Bridge. Setelah sampai kita jalan kaki keliling di dermaga ferry Anadolu Kavagi, naik ke puncak bukit di mana terdapat reruntuhan castle dan makan siang sebentar di sini.

Dari Anadolu Kavagi, kita menyeberang naik ferry kapal kecil menuju ke Sariyen, harga cukup murah hanya 2,5 Lira dengan menggesek kartu Istanbulkart. Perhatikan ferry dari Anadolu ke Sariyen ini hanya ada di jam-jam tertentu, jadi tentukan jam pilihan anda, karena jadwal keberangkatan transportasi di Turki ini tepat waktu. Di Sariyen, kita naik bus 25E, jangan lupa halte bus bukan berada di seberang jalan sebelah kanan, jadi kita harus menyeberang jalan dahulu, jalan kaki sedikit menuju ke arah kanan, dan menunggu bus 25E untuk menuju ke Emirgan Park.

Rute selanjutnya kita akan mampir ke Emirgan Park, yaitu tempat diadakannya tulip festival selama bulan April di Istanbul. Hampir di semua sudut kota Istanbul akan ada tulip, tapi di Emirgan Park ini merupakan salah satu tempat tulip terbanyak.

Hari berikutnya, rute wisata murah Istanbul Turki kita akan menuju ke Blue Mosque, Topkapi Palace, dan Grand Bazaar. Yaitu di sekitaran tempat kita menginap di daerah Sultanahmet.

Day 11: Istanbul 15 April 2015 – Wisata Murah Istanbul Turki

Hari ini kita tidak perlu jauh-jauh, cukup dengan berjalan kaki mengelilingi area Sultanahmet, dimana banyak terdapat tempat wisata utama di Istanbul yaitu: Blue Mosque, Topkapi Palace, kemudian naik tram ke Grand Bazaar. Dari tram Sultanahmet cuman 2 stop ke Grand Bazaar. Apabila punya waktu lebih, kita bisa berjalan kaki saja dari Sultanahmet menuju Grand Bazaar, tinggal mengikuti jalur tram yang ada.

Untuk makan murah, anda bisa blusukan di gang-gang kecil sepanjang jalan utama antara Sultanahmet dan Grand Bazaar. Salah satu yang jadi langganan kita yaitu di Makarna Sarayi Restaurant. Harga makanan di Resto Makarna Sarayi ini terbilang cukup murah, dengan rasa masakan yang cocok di lidah kita. Saking banyaknya menu di sini, sampai bingung mau pilih yang mana, hehe..

Tips tempat wisata lain di sekitar Istanbul Turki:
•    Anda bisa naik cable car ke puncak bukit Istanbul dan ngafe di Pierre Loti Cafe, yaitu tepatnya dari Eyup mosque menuju ke Pierre Loti Café. Petunjuknya yaitu: Anda bisa naik bus T1 atau TB1 dari Taksim ke Teleferik (Cable Car station) di Eyup. Atau bisa juga jalan kaki menuju ke Eminonu dan naik Golden Horn ferry (dermaga Golden Horn ferry berada di sebelah Stork building di Eminonu, di belakang stasiun bus) menuju ke Eyup ini.
•    Alternatif lain tempat wisata yaitu Taksim Square, untuk merasakan sisi modern kota Istanbul, dan melihat Galata Bridge & Galata Tower.

Day 12: Istanbul-Doha 16 April 2015 – Wisata Murah Istanbul Turki

Hari ini kita balik ke Grand Bazaar untuk last day shopping, kemudian mampir ke Hagia Sophia, dan saatnya pulang! Transport ke airport Istanbul Ataturk sudah kita pesan sebelumnya melalui Orient Hostel.

Tips Transport – Wisata Murah Istanbul Turki

•    Transportasi metro, tram, bus & kapal di Turki cukup tepat waktu, jadi harap hati-hati jangan sampai terlambat.
•    Moda transportasi dari dan ke tempat wisata utama di Istanbul dapat anda cari di Google. Misalnya Anda cari keyword: “Hagia Sophia to Grand Bazaar”, di halaman atas Google akan langsung tertera moda transportasi apa saja yang bisa dipakai, lengkap dengan jam keberangkatan.
•    Info kereta dapat dicari di www.seat61.com
•    Info transport lain di sekitar Istanbul, Bursa dan beberapa kota lain dapat dicari di www.buradanoraya.com

Leave a Reply