Wisata Murah Jaipur India

Wisata Murah Jaipur India

Wisata Murah Jaipur India

Wisata Murah Jaipur India

DAY 2: 6 November 2014

Pagi hari ini kita menunggu penerbangan selanjutnya, naik airlines lokal di India yang sudah kita book secara online sebelumnya, yaitu INDIGO Airlines. Rute pertama di India ini kita akan keliling tempat wisata murah Jaipur India. Dudukan kursi INDIGO lumayan enak, makanan di pesawat standart seperti budget airlines. Saran saya jangan pilih menu nasi briyani, lebih cocok sandwich untuk lidah kita, hehe..

Sesampainya di Delhi Airport, setelah kita menuju pintu keluar sudah ditunggu oleh driver kita dari RFWD (Rajdhani Four Wheel Drive). Pertama kalinya berkenalan dengan pak Suri, nama panjangnya Surianto (bercandaaa, hehe..). Orangnya cukup ramah dengan senyum manisnya yang lebar khas orang India. Pagi ini kita akan melanjutkan perjalanan ke kota Jaipur, dan makan siang di tengah perjalanan.

Rute kita hari pertama di kota Jaipur, keliling tempat wisata murah Jaipur India:

Sisodia Rani Garden

Salah satu taman kerajaan di kota Jaipur. Taman yang besar & indah, terutama banyak spot untuk berfoto & bersantai sejenak menikmati pemandangan taman di sekitarnya.

Nahargarh Fort

Di sini ada beberapa spot untuk melihat pemandangan sunset yang mengarah ke kota Jaipur. Selain di view point yang berada dekat dengan entrance pintu masuk, jangan lupa berjalan lurus ke bagian benteng Nahargarh yang berada di paling belakang, karena di sini kita dapat melihat sunset / matahari terbenam dengan jelas. Pemandangan dari atas benteng ini kita dapat melihat seluruh kota Jaipur, karena letak Nahargarh Fort yang berada di atas bukit.

Nahargarh Fort Sunset Matahari Terbenam di Nahargarh Fort

Setelah itu kita check-in di hotel Pearl Palace Jaipur & makan malam di Peacock Rooftop Resto, salah satu tempat hang out yang cukup terkenal di antara turis backpacker.

DAY 3: 7 November 2014

Hari kedua kita untuk wisata murah Jaipur India. Berangkat dari hotel di pagi hari sekitar pukul 8 pagi, kita menjemput Mr. Mukesh guide kita terlebih dahulu di Hawa Mahal. Rute kita hari ini, dengan ditemani guide kita Mr. Mukesh yaitu menuju ke beberapa tempat wisata di Jaipur, antara lain:

Hawa Mahal

Di sini kita mengambil foto sebentar sambil dijelaskan tentang sejarah Hawa Mahal oleh Mr. Mukesh. Yang menarik & menjadi object foto sebagian besar turis di sini yaitu di bagian tampak depan Hawa Mahal. Beruntung di sini kita bertemu dengan salah satu pawang ular, yaitu peniup seruling dengan ular yang menggerakkan badannya mengikuti alunan musik dari seruling. Sangat menarik untuk difoto. Harap maklum, karena teman trip saya kali ini hampir sebagian besar penghobi fotografi, hehe..

Memegang Ular di Hawa Mahal Hawa Mahal

Amber Fort!

Salah satu tempat wisata utama di Jaipur, dan menurut saya merupakan tempat tujuan terbaik kita dalam hari ini. Sangat unik, di sini kita bisa memilih perjalanan naik gajah ke puncak bukit Amber Fort. Pengalaman yang baru & harus dicoba! Gajah ini hanya tersedia di pagi hari, jadi usahakan tujuan awal di kota Jaipur menuju ke Amber Fort terlebih dahulu. Antrian untuk naik gajah cukup panjang, tapi kita tidak terlalu lama menunggu, sekitar setengah jam saja. Kasihan juga melihat beberapa gajah yang dari ukurannya terlihat masih cukup kecil, tapi harus menanggung beban 2 orang dewasa.

Pemandangan sekitar dari atas bukit di Amber Fort ini juga sangat indah, dipadukan dengan bangunan benteng kerajaan Ambert Fort atau dikenal juga dengan Amer Palace. Fort di Jaipur ini merupakan salah satu bangunan arsitektur bersejarah di India, terkenal dengan bentukan bangunan yang indah dengan beraneka ragam aksesoris interior & arsitektur yang sangat detail. Di sisi lain bangunan Amber Fort juga terdapat sebagian bentuk bangunan yang menyerupai Great Wall di China. Sedangkan di dalam Amber Fort terdapat taman yang masih cukup terawat. Tidak cukup rasanya meluangkan waktu 2-3 jam untuk keliling Amer Palace ini. Setelah itu kita menuju ke tujuan berikutnya, yaitu Jal Mahal.

Amer Palace Danau di Amber Fort Amber Fort mirip Great Wall Taman di Amer Palace Naik Gajah di Amber Fort

Jal Mahal

Water Palace – Palace di tengah danau. Kita berhenti sebentar untuk berfoto. Sebenarnya kita sempat berfoto di sini di waktu malam hari, yaitu setelah turun dari Nahargarh Fort. Tapi kita menyempatkan untuk berfoto lagi di siang hari.

Waktunya makan siang! Di sini kita request ke tour guide untuk makan di resto orang lokal, jadi kita bisa merasakan taste yang autentik, sesuai dengan makanan penduduk lokal. Sangat enak & mengenyangkan, karena roti boleh tambah sepuasnya.

Jal Mahal malam hari Jal Mahal siang hari
Local Food India - Indian Food Penjual Makanan Lokal Jaipur India Street Food Jaipur

Albert Hall Museum

Museum yang terkenal di Jaipur. Merupakan salah satu museum terlama di kota Jaipur.

Albert Hall Museum Jaipur

Photo by: Joshua Buana (travelmate)

Burung di Albert Hall Museum

Jantar Mantar

Salah satu ornament untuk menghitung waktu di masa lampau. Sangat menakjubkan, pada jaman dahulu orang bisa menghitung jam, bahkan sampai ke detik, dengan sangat presisi. Merupakan rute terakhir kita, sebelum check-in di hotel berikutnya. Meskipun kita menginap 2 malam di Jaipur, sengaja kita pilih 2 hotel yang berbeda, yaitu di hotel budget Pearl Palace yang agak murah, yang satunya di modern heritage hotel, yaitu hotel dengan desain bangunan arsitektur & ornamen interior ruangan khas India.

Jantar Mantar Jantar Mantar Jaipur

Setelah seharian keliling tempat wisata murah Jaipur India, sore menjelang malam kita check in di Vimal Heritage Hotel. Sedikit di luar harapan kita, karena hotel yang kita pesan yaitu Umaid Bhawan sudah habis. Tapi paling tidak kita bisa beristirahat dengan nyaman. Tidak lupa malam harinya diajak om Andreas Prayoga untuk nge-bir dulu :v Oh iya, makan malam kita kali ini murah meriah, tidak sampai 10 ribu rupiah per orang, yaitu dengan mencoba makanan kaki lima di dekat hotel, berupa mie & dumpling, mirip seperti Chinese Food di Indonesia, tapi dengan harga sangat murah..

Tulisan tentang Wisata India

Posting blog Liburan Murah tentang India lainnya dapat dibaca di:

Pemandangan dari atas bukit Amber Fort

Leave a Reply