Wisata Murah Jepang – Panduan & Tips

Wisata Murah Jepang – Panduan & Tips

Panduan & Tips Wisata Murah Jepang

Foto: www.japan-guide.com

Panduan & Tips Wisata Murah Jepang

Baru akan pergi ke Jepang di akhir tahun 2017 ini, tapi seperti biasa sudah melakukan banyak survei terlebih dahulu, hehe.. Berikut survei saya untuk wisata murah Jepang dengan perjalanan mandiri, mulai dari tempat wisata, hotel, transport, sampai dengan makanan murah di Jepang. Mungkin bisa memberikan panduan & tips berguna bagi teman-teman yang akan pergi ke Jepang.

Harga Tiket Pesawat Murah Jepang

Untuk tiket pesawat, mumpung mungkin harga bahan bakar pesawat lagi turun, tiket pesawat ke Jepang sekarang ini termasuk lumayan terjangkau, bahkan untuk tiket pesawat dengan fasilitas full services sekalipun. Banyak diadakan travel fair, terutama di kota besar seperti Jakarta & Surabaya. Mulai dari Cathay Pacific, Singapore Airlines, sampai dengan airlines kebanggaan Indonesia, yaitu Garuda Airlines. Sayangnya untuk harga promo dari pesawat full service terdapat black out date, yaitu tanggal di mana tidak berlaku harga promo, umumnya pada tanggal liburan panjang atau hari raya besar, seperti Lebaran atau Natal / Tahun Baru.

Karena saya mencari yang bertepatan dengan libur akhir tahun, yaitu Natal & Tahun Baru, opsi saya yaitu mencari tiket pesawat murah dari budget airlines. Kebetulan salah satu teman traveling ada yang memberitahu untuk tiket murah Air Asia, dengan tanggal yang cukup pas untuk saya, yaitu di bulan Desember akhir tahun ini. Harga tiket pesawat yang bisa didapatkan yaitu sekitar Rp. 3,6 sampai Rp. 3,9 juta, tergantung tanggal keberangkatan dan kedatangan. Dan tentunya tiket pesawat murah ke Jepang dari budget airlines ini harus dipesan jauh-jauh hari.

Oh iya, untuk rute mainstream bagi pemula yang baru pertama ke Jepang seperti saya, disarankan untuk pesan tiket pesawat yang datang dari Tokyo, kemudian pulang dari Osaka, atau sebaliknya. Karena biaya tranportasi umum yang cukup mahal di Jepang, jadi tentunya lebih menghemat budget anda apabila rute sekali jalan dari Tokyo ke Osaka atau sebaliknya, tidak perlu pulang pergi.

JUST INFO: Apabila ada yang berminat untuk tiket pesawat murah dengan rute pulang-pergi dari Tokyo, Air Asia baru saja membuka rute baru penerbangan langsung Denpasar ke Tokyo pp. Harga tiket pesawat di libur panjang akhir tahun 2017 cuman Rp. 2,5 juta saja untuk pulang-pergi.

Tempat Wisata Jepang – Wisata Murah Jepang

Baru pertama ke Jepang, rute yang saya pilih masih merupakan rute mainstream untuk pemula. Beberapa kota yang terkenal untuk tempat wisata di Jepang antara lain Tokyo, Osaka, Nara, dan Kyoto. Selain itu untuk Anda yang suka pemandangan alam, pastinya ingin melihat pemandangan gunung Fuji, baik melalui Hakone maupun Kawaguchiko. Yang sekarang ini lagi booming yaitu Shirakawago Village, yang terkenal dengan pemandangan pedesaan yang tertutup salju di musim dingin, mirip seperti rumah Sinterklas.Selain itu masih ada Tateyama Kurobe Alpine Route, yang hanya dibuka di saat tertentu, di mana Anda dapat melewati jalan dengan dinding salju di bagian kiri & kanan Anda.

Untuk rute mainstream, biasanya banyak traveler yang memilih rute dari Tokyo ke Osaka, atau sebaliknya. Jadi rutenya sebagai berikut:

  • Tokyo – Nara – Kyoto – Osaka

Dari rute di atas, bisa Anda modifikasi sendiri. Seperti di Tokyo, Anda bisa menambahkan rute tambahan ke gunung Fuji, yaitu bisa melalui Hakone atau Kawaguchiko. Kalo rute saya nanti sebagai berikut:

  • Kawaguchiko – Tokyo – Takayama (Shirakawago) – Osaka (untuk rute Kyoto nantinya day trip dari Osaka)
    (rute di atas tapi masih sementara yah, sambil mengikuti survei terbaru nanti, hehe..)

Karena saya adalah salah satu pecinta World Heritage, setiap kali saya bepergian ke suatu negara, tidak lupa saya selalu cek daftar World Heritage di negara tersebut, hehe.. Catatan situs World Heritage yang sudah saya kunjungi dapat dibaca di sini: World Heritage Liburan Murah.

Hotel Murah Jepang – Wisata Murah Jepang

Pilihan pertama untuk single traveler,tentunya bisa menginap di dorm, atau mungkin semacam hotel capsule di Jepang. Opsi lain, saya pernah membaca artikel tentang warnet di Jepang, di mana kita bisa membeli paket malam hari, mulai tengah malam sampai dengan pagi di bilik private warnet tersebut. Banyak traveler backpacker yang menggunakan bilik warnet ini sebagai tempat tidur juga loh..

Berhubung bersama keluarga, tentunya saya lebih memilih hotel atau penginapan yang cukup nyaman tapi dengan harga terjangkau. Pilihan sementara saya antara lain:

  • Jaringan Hotel Mystays yang tersebar di Jepang
  • AirBNB, yaitu semacam apartment yang disewakan, minimal untuk 2-3 malam.
  • Khaosan Hostel. Hostel dari Khaosan Group ini cukup banyak tersebar di Jepang.
  • Sakura Hostel. Khusus untuk Tokyo, Anda bisa mencoba Sakura Hostel.
  • J-Hoppers. Sedangkan di daerah Osaka dan sekitarnya, terdapat hostel J-Hoppers.
  • Toyoko Inn, merupakan jaringan hotel budget di Jepang. Untuk Toyoko Inn ini, mereka menyediakan free shuttle bus untuk tamu mereka. List free shuttle bus dari Toyoko Inn dapat dilihat di sini: FREE Shuttle Toyoko Inn.
  • Comfort Hotel atau Comfort Inn Hotel, merupakan jaringan hotel budget dari Choice Hotel.
  • Untuk Anda yang ingin mendapatkan pengalaman berbeda dalam menginap di Jepang, mungkin bisa coba menginap 1 malam di Ryokan. Harga agak mahal, tapi biasanya termasuk set menu untuk dinner & breakfast. List ryokan di Jepang dapat Anda lihat di sini: www.ryokan.or.jp/english

Makan Murah Jepang – Wisata Murah Jepang

Untuk makan murah di Jepang, cukup banyak alternatif makan murah. Mulai dari yang termurah yaitu dengan membeli makanan harga diskon di supermarket lokal (biasanya mulai dari jam 8 malam), sampai dengan jaringan fast food lokal Jepang seperti Yoshinoya. Pilihan saya yang harus dicoba antara lain:

  • Supermarket di Jepang. Ada banyak pilihan seperti Lawson Supermarket & Family Mart yang merupakan chain supermarket lokal di Jepang, sampai dengan 7-Eleven. Jangan lupa untuk menunggu diskon makanan siap saji di supermarket, umumnya di atas jam 8 malam.
  • Vending Machine, hehe.. Ya benar, di Jepang yang merupakan “surga”nya vending machine, bahkan makanan pun tersedia di vending machine ini. Tersedia berbagai pilihan makanan di hot vending machine, yang sudah dihangatkan terlebih dulu. Bahkan seorang Anthony Bourdain pernah mencicipi makanan di vending machine Jepang.
  • Selain itu masih banyak list chain fast food lokal di Jepang, seperti Co Co Curry House, Matsuya, Sukiya, Hanamaru Udon atau Yoshinoya. Tinggal Anda cari di google map, cabang mana yang terdekat dari tempat Anda menginap, atau cabang yang berdekatan dengan tempat wisata yang Anda kunjungi.
  • Sedangkan list chain fast food lokal dengan menu western food, Anda bisa mencoba di Saizeriya, Denny’s Resto, atau MOS Burger.
  • Untuk take away, Hotto Motto termasuk yang banyak direkomendasikan oleh traveler. Harga murah dengan porsi yang cukup banyak.
  • Untuk Anda penyuka sushi, jangan lupa mampir di resto conveyor belt untuk sushi murah seharga 100 Yen saja. Yang cukup terkenal & mempunyai banyak cabang untuk 100 Yen Sushi ini antara lain Kura Sushi & Kappa Sushi.
  • Ichiran Ramen. Tidak termasuk list makan murah di Jepang, tapi must try! Karena merupakan menu ramen yang termasuk digemari, baik di Jepang maupun negara lain di dunia. Ichiran Ramen termasuk ramen Jepang yang sudah mempunyai banyak cabang di dunia. Harga juga menurut saya masih cukup terjangkau, hampir sama dengan harga ramen khas Jepang di Indonesia.

Transportasi Murah Jepang – Wisata Murah Jepang

Untuk transportasi dalam kota, Anda bisa membeli IC Card, yaitu kartu Subway semacam EZ-Link Card di Singapore. Kartu IC Card untuk Tokyo Metro yaitu Pasmo & Suica, kemudian kartu ICOCA di Osaka. Tetapi apabila Anda hanya traveling selama beberapa hari saja, Day Pass di masing-masing kota bisa menjadi alternatif. Jadi pilihannya sebagai berikut:

  • IC Card Tokyo: Pasmo & Suica.
  • IC Card Osaka: ICOCA.
  • Day Pass Tokyo Metro, mulai dari 24 jam sampai dengan 72 jam. Berlaku untuk Tokyo Metro & Toei Subway Lines. Cara mendapatkan day pass untuk Tokyo Subway Ticket dapat dibaca di sini: Tokyo Subway Ticket 24-72 hours
  • Untuk daerah Kyoto, Osaka dan sekitarnya, terdapat Kansai Thru Pass.
  • Sedangkan untuk kota Osaka saja, tersedia berbagai day pass. Catatan Day Pass Osaka, dapat dibaca di sini: Day Pass Osaka
  • Untuk Kyoto, terdapat kartu untuk bus, yaitu Kyoto Bus Pass.
  • Selain itu ada juga FREE bus di Tokyo. Rute free bus dapat dilihat di sini: List Bus Tokyo & di sini: FREE BUS Tokyo
  • Situs www.hyperdia.com, untuk mengkalkulasi biaya & pilihan rute yang bisa Anda tuju dari satu tempat ke tempat lainnya di Jepang.

Untuk transportasi luar kota, apabila yang Anda butuhkan adalah kecepatan waktu, tentunya Shinkansen (kereta cepat) di Jepang yang paling bisa diandalkan. Tetapi apabila Anda ingin berhemat, bus Willer dapat menjadi alternatif. Di beberapa kota kecil, juga terdapat bus Willer lainnya, seperti Nohi (Nouhi) Bus di Takayama.

Website tentang Jepang

Setelah googling beberapa kali tentang Jepang, beberapa website yang menurut saya cukup membantu untuk info traveling mandiri ke Jepang yaitu sebagai berikut:

  • www.japan-guide.com termasuk yang paling lengkap menurut saya. Mulai dari info transportasi sampai dengan berbagai tempat wisata di Jepang.
  • id.japantravel.com
  • www.jnto.go.jp yang merupakan website resmi dari tourism Jepang, tepatnya dari Japan National Tourism Organization (JNTO)
  • www.gotokyo.org Info wisata khusus Tokyo dan sekitarnya
  • www.osaka-info.jp Info wisata khusus Osaka dan sekitarnya
  • shirakawa-go.org Info wisata khusus Shirakawago dan sekitarnya
  • www.fujisan.ne.jp Info wisata khusus daerah gunung Fuji, Kawaguchiko dan sekitarnya
  • www.hida.jp Info wisata khusus Hida Takayama dan sekitarnya
  • Lonely Planet
  • Trip Advisor. Kedua website yang saya sebutkan terakhir merupakan website yang sering menjadi acuan para traveler pejalan mandiri dalam mencari berbagai informasi tentang traveling di seluruh negara di dunia. Tersedia berbagai informasi mulai dari tempat makan, hotel, transportasi sampai dengan tempat wisata di Jepang.

Sementara itu dulu ulasan saya untuk panduan & tips wisata murah Jepang. Ke depan saya bakal survei lagi, semoga bisa memberikan lebih banyak info tentang wisata murah Jepang, tentunya sebelum saya ke sana yah. Semoga bisa membantu! 🙂

Silahkan apabila teman-teman bisa menambahkan info tentang Wisata Murah Jepang, di komen postingan di bawah ini. Very much appreciate!

2 Comments

  1. Ann
    Mar 26, 2017 @ 08:19:48

    Agan jual tiket gak?

    Reply

    • andykristono
      Mar 26, 2017 @ 08:41:15

      Maaf nggak jual gan, cuman kasih info liburan murah saja, hehe..

      Reply

Leave a Reply