Wisata Murah Medan

Wisata Murah Medan

Wisata Murah Medan

2 Maret 2013

Malam hari sebelum sampai di kota Medan, kita makan malam dahulu babi panggang Karo, salah satu kuliner (non-halal) yang harus dicoba di sekitar Medan & Berastagi. Babi Panggang Karo (BPK) ini mempunyai rasa yang khas, berbeda dengan makanan khas babi di daerah lain seperti misalnya babi guling di Bali. BPK mempunyai cita rasa bumbu yang cukup tajam (menurut pendapat saya pribadi) dengan side dish sayuran daun ubi tumbuk pakai umbut jantung pisang (thanks infonya mas Immanuel Sembiring)ย yang sangat cocok untuk teman makan nasi & BPK.

SONY DSC

Setelah check-in hotel Swiss Belinn yang berlokasi sangat strategis di pusat makanan kota Medan, kita segera explore wisata kuliner yang berada di dekat hotel yaitu di jalan Selat Panjang & jalan Semarang kota Medan. Selain itu masih ada pusat kuliner lain seperti di Merdeka Walk Medan, tapi kita belum sempat mampir ke sana. Kebanyakan berupa makanan Chinese Food tetapi mempunyai cita rasa khusus yang hanya bisa didapatkan di kota Medan ini, seperti misalnya:

  • Jalan Selat Panjang = Bakmi Khek (Gek) Selat Panjang, Nasi Ayam Selat Panjang 10
  • Jalan Semarang = Mi Tiong Sim, Bihun Bebek Atak dengan samcam goreng, Sen Tien Sia makanan Ifumie dan Ciongfan goreng, Wokfen Aseng, kedai kopi Molly..

SONY DSC SONY DSC SONY DSC SONY DSC

3 Maret 2013

Pagi hari ini kita nyantai aja sambil istirahat di hotel, pagi-pagi saya sempatkan keluar hotel untuk minum kopi di kedai kopi Molly. Setelah itu kita breakfast di hotel, kecuali saya yang ingin mencoba kuliner pagi di jalan Selat Panjang. Salah satu makan pagi favorit di Medan yaitu nasi ayam Hainan Selat Panjang 10 (SP10), bahkan konon lebih enak dari nasi Hainan di Singapore. Sudah jauh-jauh datang di Medan, akhirnya saya melewatkan breakfast hotel & memilih makan pagi di nasi Hainan SP10 ini..

Mandi pagi dahulu setelah breakfast, kemudian kita naik betor (becak motor) mampir di Tjong A Fie Mansion untuk melihat sejarah mantan orang terkaya di kota Medan. Tjong A Fie Mansion ini juga merupakan salah satu sejarah peranakan di kota Medan, yang tidak kalah dibandingkan berbagai museum peranakan baik di Singapore, Penang, atau Malaka. Jadi kalau teman-teman liburan murah berkesempatan mampir di kota Medan, Tjong A Fie Mansion ini bisa menjadi salah satu jujugan utama.

SONY DSC SONY DSC SONY DSC SONY DSC

Makan siang kita kali ini di Tip Top Restaurant, Jalan Ahmad Yani, salah satu restaurant terkenal & legendaris di Medan. Lokasi berdekatan dengan Tjong A Fie Mansion, cukup dengan menyeberang jalan dan berjalan kaki tidak lebih dari 100-200 meter. Resto ini terkenal dengan menu ice cream & steak, rasa es krim sedikit mirip dengan resto ice cream yang sudah lama & terkenal di kota saya Surabaya, yaitu Zangrandi.

Siang setelah makan, kita langsung balik ke hotel untuk siap-siap check out. Sekitar jam 1 mobil yang kita sewa sudah datang. Tidak lupa kita mampir ke beberapa tempat oleh-oleh dahulu, sebelum sore hari menuju ke bandara untuk pulang ke Surabaya. Ada beberapa toko oleh-oleh yang kita kunjungi, beberapa oleh-oleh Medan yang cukup terkenal & menjadi favorit yaitu: Pancake Durian (ada di berbagai toko oleh-oleh, salah satunya di Durian House), Bika Ambon, dan Bolu Meranti.

Will coming back again to Medan, semoga bisa dapet tiket murah lagi dari Air Asia! ๐Ÿ™‚

Tips tempat wisata lain di kota Medan

  • St. Joseph Cathedral Medan
  • Istana Maimun Medan
  • Vihara Maitreya
  • Kuil Shri Mariamman
  • Gereja Katolik Maria Annai Velangkani
  • Tjong A Fie Mansion โ€“ Orang terkaya di Medan
  • Jalan Kruing & Sekip, pusat oleh-oleh Medan, atau di Jalan MT Haryono (Jalan Central Pasar) ada Pasar Sentral Medan, dan di jalan Majapahit untuk pesan di produsen langsung..

Sedangkan untuk tips wisata kuliner Medan, ada 2 website yang ingin saya rekomendasikan:

  • http://www.makanmana.net
  • http://indrahalim.com Salah satu teman yang saya kenal dari blog. Maaaaaf sekali waktu ke Medan kita nggak sempat bertemu ya bro Indra. Sekarang ini blog Indra Halim juga menjadi salah satu jujugan, baik artis maupun turis yang ingin menikmati kuliner di Medan..

Leave a Reply