Wisata Murah New Delhi India

Zangoora Show Kingdom of Dream

Di posting ini saya akan membahas tentang catatan perjalanan wisata murah New Delhi, sedangkan untuk itinerary lengkap grup kita selama di India, dapat dibaca di:

Itinerary Liburan Murah India

Day 5: 9 November 2014 (Show Bollywood!)

Dari Agra kita memulai perjalanan ke Delhi. Sebelumnya mampir dulu ke Kingdom of Dream (KOD) yang terletak tidak jauh dari kota New Delhi, untuk melihat show Zangoora. Saya dapat info tentang Show Zangoora di KOD dari teman mbak Tris Sulis, dan setelah googling merupakan salah satu show khas Bolywood terbesar di India. Jadi terutama untuk anda yang suka dengan tarian2 massal (dengan jumlah orang yang banyak) khas Bollywood, Zangoora Show ini tidak boleh dilewatkan! Makan malam kita di sekitar area pertunjukan, yaitu di food court Cultural Gully.

Hotel Grand Godwin di Paharganj

Menjelang jam 11 malam, sampai juga di Paharganj, segera kita check in Grand Godwin Hotel. Kelihatannya apabila harga hampir sama, Ajanta Hotel di jalan yang sama juga bagus. Sedikit bermasalah di hotel Grand Godwin, masalah yang tipikal di hotel ini, yaitu kamar superior kita di downgrade menjadi kamar standart. Tapi ya sudah lah, daripada merusak suasana liburan kita, untungnya cuman 1 hari saja, setelah itu kita pindah ke kamar superior.

Day 6: 10 November 2014 (keliling New Delhi #1)

Pagi hari ini kita berkeliling Delhi menggunakan metro & tuk tuk. Pengalaman seruuu naik Metro Delhi! Untuk wisata murah New Delhi, mencoba transportasi lokal merupakan hal yang wajib, lebih lagi kita bisa berinteraksi langsung & merasakan seperti penduduk lokal India.

How to get there / bagaimana menuju ke berbagai tempat di Delhi dapat dibaca di sini: 25 Incredible Things to do in Delhi! Sangat membantu & anda tidak perlu susah-susah lagi untuk survei tempat wisata di New Delhi India, terutama bagi anda traveler mainstream. Untuk tempat wisata non mainstream, silahkan bisa anda googling atau mencari di TripAdvisor.com

Delhi Metro Subway

Di beberapa tempat di mana kita harus nyambung naik tuk-tuk, tidak perlu jauh-jauh berjalan kaki dari stasiun Metro, karena tuk-tuk dapat ditemukan dengan mudah hampir di setiap sudut kota Delhi. Yang agak sulit ditemukan mungkin subway di stasiun kereta Delhi, dimana kita harus naik escalator yang tempatnya di ujung paling belakang (pojok kanan) stasiun kereta, apabila kita masuk dari Paharganj Road. Naik escalator, kita berjalan kaki ke ujung jembatan penyeberangan yang terletak di atas stasiun kereta. Kemudian lihat ke arah kanan, akan terlihat bangunan New Delhi Metro Station yang terletak di tengah-tengah ratusan tuk-tuk yang sedang menunggu penumpang.

Rute kita hari ini:

• Lodi Garden: salah satu tempat yang cukup menyenangkan, banyak tempat duduk, cocok untuk wisatawan yang senang bersantai di taman, jauh dari suasana hiruk pikuk kota Delhi.
  • Humayun Tomb
  • Qutub Minar
  • Dilli Hat

Humayun Tomb - Wisata Murah New Delhi

Humayun Tomb & Qutub Minar must go / tempat wisata yang harus dituju menurut saya, karena merupakan UNESCO World Heritage, dan tujuan wisata utama di Delhi.

Harap hati2 terhadap scam dari tuk-tuk atau auto-rickshaw (baca catatan SCAM dari tips kita tentang India di postingan Tips Panduan Liburan ke India)

Malam harinya di hotel saya dengan Andre #turiskere sempat berjalan2 di sekitar hotel, dan mampir untuk mencoba menu McD di sekitar Paharganj. Kebanyakan berupa chicken burger & vegetarian burger, hehe, tidak tersedia menu daging sapi seperti di Indonesia. Maklum sapi di India merupakan binatang suci.

Qutub Minar - Wisata Murah New Delhi

Day 7: 11 November 2014 (keliling New Delhi #2)

Rute hari terakhir kita untuk wisata murah New Delhi:

• Lotus Temple: mirip tapi kalah besar dengan bangunan Opera House di Sydney. Maklum belum pernah ke Opera House yang asli, hehe..
  • Connaught Place, kawasan yang cukup ramai, dan banyak penjual yang menawarkan bermacam barang dagangan, mulai dari makanan sampai dengan semir sepatu dengan agak memaksa. Harap berhati2 terhadap orang yang tidak dikenal di sekitar area Connaught Place ini yang “kelihatannya” bersahabat dan mengajak kita ngobrol, karena bisa jadi “scam”. Kita sempat kongkow beristirahat dulu sebentar di salah satu café yang punya banyak cabang di Delhi, yaitu Café Coffee Day.
  • Belanja oleh2 di Central Cottage, dekat dengan Connaught Place, yaitu di daerah Janpath.

Lotus Temple - Wisata Murah New Delhi

Tips di jalan seberang Central Cottage, ternyata banyak kios2 kecil yang kelihatannya menjual barang2 souvenir juga. Mungkin bisa jadi alternatif shopping yang lebih murah ketimbang di Central Cottage. Cuman enaknya di Central Cottage tidak tawar menawar, harga nett, thanks sarannya dari mbak Tris Sulis.

Ada satu tempat yang saya sedikit menyesal karena tidak sempat mampir, yaitu Red Fort di Delhi. Tapi membaca berbagai review, banyak yang bilang bahwa Red Fort ini tidak sebagus Agra Fort. Jadi lebih baik dilupakan saja, maklum waktu itu kita sudah “kekenyangan” pergi ke benteng, kerajaan, atau makam. Jadi di hari terakhir ini sudah agak eneg juga, hehe.. Akhirnya kita pilih untuk belanja oleh2 saja di Connaught Place & Central Cottage.

Kereta Kelas 1 di India

Sore harinya kita menuju stasiun kereta Delhi yang berdekatan dengan Paharganj area hotel tempat kita menginap. Hati-hati terhadap “petugas” di stasiun yang mengatakan bahwa tiket kita tidak berlaku, atau kereta kita dicancel dll, karena kebanyakan itu adalah scam. Cara terbaik selalu cek rute kereta kita di papan elektronik besar di bangunan utama stasiun kereta tersebut. Terdapat jadwal kedatangan kereta kita, dan di platform/jalur kereta yang mana kita harus menunggu. Untuk menuju ke jalur kereta tidak perlu dengan susah payah menyeberang rel, tapi terdapat jembatan penyeberangan di atas dengan papan petunjuk untuk masing-masing platform.

Kereta di India Sleeper Train India

Photo by: Albert Chandra www.foodgrapher.com

Sebelumnya kita sudah mengirit biaya di wisata murah New Delhi, untuk kereta kali ini sengaja kita ambil yang first class (1AC) & lumayan sesuai dengan harapan. Makanan yang cukup mengenyangkan (afternoon tea, dinner & breakfast), tempat tidur sleeper yang cukup bersih, dan ada WIFI on board! Yang saya sayangkan untuk kereta 1AC ini, kita tidak bisa memilih kursi. Pemilihan kursi baru ditentukan pada saat keberangkatan, yaitu dengan melihat semacam kertas pengumuman yang ditempel di gerbong kereta kita. Harusnya website booking tiket kereta api di India bisa dibuat online seperti di Indonesia & bisa memilih kursi sesuai keinginan kita.

Makanan di Kereta India

Tempat Wisata di New Delhi selama 2 hari

Karena pertimbangan kita ada sebagian tempat wisata New Delhi yang tutup di hari Senin, berikut rencana awal list tempat wisata apa saja yang bisa dikunjungi selama 2 hari kita di New Delhi, yaitu Senin & Selasa. Tempat wisata New Delhi kita pilih sebagian dari top 25 list di blog migrationology.com di atas.

SENIN (Hari Pertama)

• Jama Masjid – 8 pagi – took the Metro to Chawri Chowk station, exited at Gate #3, and from there you just walk straight down the street for about 10 – 15 minutes and the road will lead you right to the mosque. You can then either take a left or right to get in either main gate of the mosque.
  • Gurudwara Bangla Sahib (Sikh Temple) – Take the Metro to Patel Chowk, from there walk along Ashok Road until you reach the back side of the temple. I think the walk took me about 10 – 15 minutes.
  • Laxmi Narayan Mandir – Hindu Temple – I took an auto rickshaw from the Sikh Temple for 40 INR, and I’d imagine you could get an auto rickshaw from Connaught Place for around 50 – 60 INR (Birla Temple)
  • Hauz Khas Complex – The easiest way to get to Hauz Khas Complex and Village is by taking the Delhi Metro to Green Park station and then hopping in an auto rickshaw to Hauz Khas. It should cost 20 – 30 INR.
  • Lodi Gardens – I took the Metro to Khan Market station and from there it was about a 30 minute walk to Lodi Gardens. If you don’t want to walk, take the metro to Khan Market station and then jump in an auto rickshaw. MUST GO!
  • India Gate – The nearest Metro station is Central Secretariat, but it’s a bit of trek from there, I think it took about 30 minutes walking, but it’s not a bad walk and right along Rajpath. You can alternatively take an auto rickshaw or take a shared little motorcycle rickshaw up to the entrance of the India Gate.
  • Jantar Mantar – Jantar Mantar is located just a short distance from Connaught Place and you can take the Metro to either Rajiv Chowk or Patel Chowk and the attraction is located right along Sansad Marg. I took the Metro to Patel Chowk and it took about 10 minutes to walk there
  • Qutub Minar – 10 pagi – Though there’s a Metro station named Qutub Minar, the actual site is sort of inconveniently located a bit of a distance away. It’s easiest to take the Metro and then take and auto rickshaw for 30 – 40 INR to the entrance.
  • Humayun’s Tomb – dekat Lodi Garden – There’s no real Metro station that will take you very close to Humayun’s Tomb, the closest is either Khan Market or JLN Stadium, but you still need to take an auto rickshaw from there. If you go to the Lodi Gardens, just take an auto rickshaw directly from there to the tomb.
    Raj Ghat – Gandhi Memorial – To get there I took an auto rickshaw from Chandni Chowk to Raj Ghat for 60 INR and leaving I took an auto rickshaw to the nearest Metro station (Indraprasta) for 40 INR.
  • Chandni Chowk & Chawri Bazar – Take the Metro to either Chawri Bazar or Chandni Chowk station and you’ll be in the midst of action.
  • Dilli Haat – Handicraft Village – Take the Metro to INA station and Dilli Haat is just a short walk from there => makan siang hari Senin atau Selasa di Dilli Hat? Dilli Hat ini juga Food Plaza!
  • Janpath – Central Cottage – tempat belanja seperti Dilli Hat – Metro Janpath
  • Connaught Place – Rajiv Chowk (& Palika Bazar) – Restaurant! – Take the Delhi Metro to Rajiv Chowk station and take any number of exits

SELASA (Hari Kedua)

• Lotus Temple – 9 pagi : Metro to Kalkaji Mandir station and from there it’s about a 10 minute walk to the entrance gate – you’ll see the giant lotus from the Metro as you approach. – MUST GO!
  • ISKCON Hare Krishna Temple: Located just a 15 minute walk from the Lotus Temple (though you have to walk around due to the fence) – The closest Metro station is Nehru Place and the temple is about a 10 minute walk from the station. As mentioned above, I visited after going to the Lotus Temple.
  • Kalkaji Mandir Hindu Temple – Take the Metro to Kalkaji Mandir station and it’s just a 5 minute walk from there, it’s right across the street from the entrance gate to the Lotus Temple.
  • Akshardham Temple – 9.30 – sama sekali tidak boleh bawa foto di dalam!!! – Take the Delhi Metro to Akshardham station (make sure you head towards NOIDA city center station), exit to the main street, turn right and then turn right again on the road and walk for about 10 minutes and you’ll be at the main entrance gate. Alternatively, you can take a rickshaw from the Metro to the temple.
  • Red Fort – You can easily walk in about 20 minutes or take a quick auto rickshaw ride from Chandni Chowk metro station to the Lahore Gate of the Red Fort. Just get off the Metro and walk straight down Chandni Chowk road until you reach the large main road, and you’ll see the fort across the street.
  • National Museum of New Delhi – 10 pagi – take the Metro to Central Secretariat, get out and head to Rajpath, walk towards the India Gate until you get to Janpath and that’s where the National Museum is located, about a 15 minute walk from the station.

UNESCO World Heritage di India

MUST GO (menurut saya): Qutub Minar, Lodi Garden, Humayun Tomb, Lotus Temple, Red Fort & Akshardham. Akhirnya Akshardham kita batalkan karena tidak diperbolehkan sama sekali untuk berfoto. Sedangkan untuk Red Fort, apabila waktu terbatas & anda sudah berkunjung ke Agra Fort sebelumnya, mungkin bisa dilewatkan. Kecuali apabila anda punya waktu lebih 🙂

UNESCO World Heritage India (rute Golden Triangle): Humayun Tomb – Qutub Minar – Red Fort Delhi – Jantar Mantar Jaipur – Amber Fort Jaipur – Taj Mahal – Agra Fort – Fatehpur Sikri