Wisata Murah Vietnam

International Airport Ho Chi Minh Vietnam Wisata Murah Vietnam

Catatan Perjalanan Liburan Wisata Murah Vietnam 22-31 Oktober 2012

Kebanyakan teman & saudara saya masih beranggapan bahwa perjalanan mandiri ke Vietnam cukup sulit apabila tidak melalui travel agent. Tetapi setelah trip traveling saya kemarin ke Vietnam, dari Ho Chi Minh (Vietnam Selatan) sampai ke kota Danang (Vietnam Tengah), tidak sama sekali! Perjalanan saya ke Vietnam sangat mudah & lancar, dan juga orang asli Vietnam yang masih terbilang cukup ramah, dibandingkan dengan trip saya ke China beberapa waktu yang lalu.

Bagaimana supaya perjalanan ke Vietnam dapat berjalan dengan mudah & lancar? Syaratnya harus mengumpulkan banyak-banyak informasi, baik dari buku maupun internet, tentang transportasi di Vietnam, pilihan hotel di Vietnam yang strategis & memudahkan kita untuk pergi ke tempat wisata yang berada di dekat hotel, dan juga alternatif tempat wisata apa saja yang hendak kita tuju. Apabila tidak mau repot-repot mencari informasi, anda bisa juga membeli buku yang cukup lengkap tentang Wisata Hemat di Vietnam. Buku pertama saya tentang Vietnam Utara (Hanoi & sekitarnya) sudah terbit dan bisa didapatkan di toko buku Gramedia, sedangkan rute perjalanan Vietnam Selatan & Tengah sedang dalam proses penulisan naskah, jadi harap sabar dulu yaaa! icon smile Wisata Murah Vietnam

Berikut di bawah ini catatan perjalanan saya ke Vietnam Selatan & Tengah, mulai dari kota Ho Chi Minh, Mui Ne, Dalat, Nha Trang, Hoi An, Hue & kota Danang.

22 Oktober 2012: berangkat dari Surabaya – Jakarta – Ho Chi Minh

Berangkat! Berhubung dapet tiket murah untuk penerbangan Jakarta – Ho Chi Minh dengan Air Asia, kita berangkat dahulu dari Surabaya dengan menggunakan penerbangan Merpati. Untungnya kita mendapatkan harga tiket yang cukup murah, yaitu 170 ribu nett untuk penerbangan Surabaya-Jakarta. Thanks infonya dari Louisa di grup FB Liburan Murah icon smile Wisata Murah Vietnam

Sampai di Jakarta terminal 2, kita makan dahulu di salah satu restaurant, Solaria. Setelah itu masih sedikit bingung, maklum orang udik, belum pernah ke ibukota, hehehe.. Kita bertanya ke petugas bandara untuk transportasi dari terminal 2 ke terminal 3. Cukup mudah & gratis, tinggal naik bus berwarna kuning, di beberapa tempat pemberhentian bus. Lihat saja tanda seperti ini di sepanjang jalur keberangkatan terminal 2..

Shuttle Bus Terminal 1 2 3 Bandara Airport Jakarta Wisata Murah Vietnam

Sampai di terminal 3, berhubung flight kita masih menunggu cukup lama sampai dengan jam 4 sore, kita menghabiskan waktu dulu di salah satu lounge di terminal 3. Sore harinya, penerbangan Air Asia berjalan tepat waktu, dan malam harinya sekitar pukul 19.30 kita sampai di Ho Chi Minh. Ketemu dengan mbak Atik, salah satu teman di grup FB Backpacker Dunia yang ternyata sama2 dari Surabaya (kota asal saya), bersama2 kita mengurus imigrasi terlebih dahulu, menukar uang di money changer persis di pintu keluar bandara, dan sewa kendaraan menuju ke tengah kota.

Imigrasi Ho Chi Minh Vietnam Wisata Murah Vietnam

Sedikit sharing tentang pengalaman di money changer, harap berhati-hati apabila menukar uang di sini! Dari beberapa money changer di depan pintu keluar bandara, kita melihat papan penukaran yang mempunyai nilai tertinggi terhadap US Dollar. Setelah itu salah satu petugas bertanya berapa Dollar yang akan kita tukar, misalnya 100 USD, mereka akan langsung menyiapkan & meminta dollar kita untuk ditukarkan dengan Vietnam Dong. Tetapi apa yang terjadi? Setelah uang tersebut kita hitung dan kita lihat perincian harganya, ternyata ada tambahan biaya charge / tax lagi, dan apa mau dikata, uang dollar saya sudah berada di tangan mereka, dan kemungkinan kecil mereka mau mengembalikan uang tersebut. Jadi saran aja buat teman-teman libmur, harap berhati-hati, kalau bisa tanya secara detail & hitung dahulu di kalkulator untuk keseluruhan uang yang akan kita tukar, jangan terlalu gampang percaya terhadap money changer di bandara. Di tempat lain seperti di hotel & kantor Sinh Tourist, penukaran uang juga tidak ada biaya tambahan apa-apa lagi kok. Tapi karena di bandara kita belum mempunyai mata uang Dong, jadi mau tidak mau harus menukar sedikit uang.

Singkat kata, setelah menukar uang & diantar oleh penyewaan mobil ke Ho Chi Minh, kita langsung check in di Luan Vu Hotel, yang berada di pusat backpacker kota Ho Chi Minh, yaitu di district Pham Ngu Lao. Setelah check-in hotel kita langsung mengurus tiket bus di kantor Sinh Tourist, dan malam ini kita habiskan dengan berjalan-jalan & makan malam di Benh Thanh Market, yang buka sampai dengan jam 11 malam.

Ben Thanh Night Market Wisata Murah Vietnam

23 Oktober 2012: pergi ke Cu Chi Tunnel & keliling kota Ho Chi Minh
 Tempat Wisata di Ho Chi Minh (klik di sini!)
24 Oktober 2012: melanjutkan perjalanan ke Mui Ne – Sand Dunes & Beach!
 Tempat Wisata di Mui Ne (klik di sini!)

Muine Backpacker Resort Beach Wisata Murah Vietnam

25 Oktober 2012: melanjutkan perjalanan ke Dalat

Pagi ini kita nyantai sebentar, sekaligus menghabiskan waktu di hotel Muine Backpacker Resort yang terletak di tepi pantai Muine ini. Nyantai sebentar di hotel , foto-foto di tepi pantai, dan kemudian makan pagi di Lam Dong Restaurant. Benar-benar restaurant yang recommended, dari segi tempat yang berada di tepi pantai & harga yang murah, hampir setara dengan warung nasi (COM). Kalau dari segi rasa, ya nggak terlalu istimewa, tapi juga tidak bisa dibilang nggak enak. Cukup OK bagi saya icon smile Wisata Murah Vietnam

Siangnya, kita makan sebentar di salah satu warung nasi (COM) terdekat dari Muine Backpacker Resort, dan naik taxi ke kantor Sinh Tourist untuk melanjutkan perjalanan ke Dalat. Sebenarnya mungkin bisa dijemput langsung di hotel tempat kita menginap, tetapi harus konfirmasi terlebih dahulu.

Eiffel Tower Dalat Vietnam Wisata Murah Vietnam

Sore hari sudah sampai di Dalat. Kita menginap persis di depan kantor Sinh Tourist, karena Trung Cang Hotel tempat kita menginap kebetulan juga dimiliki oleh Sinh Tourist. Posisi hotel sangat strategis, cuman 5 menit berjalan kaki santai ke depan danau. Pasar Dalat juga dapat dicapai dengan 10-15 menit berjalan kaki dari hotel. Sore ini kita sudah tidak ada acara, leyeh-leyeh menghabiskan waktu di pinggir danau sambil makan camilan dari para penjual kaki lima & melihat pemandangan “eiffel tower” dari seberang danau..

Makanan Kaki Lima Danau Dalat Wisata Murah Vietnam

26 Oktober 2012: keliling kota Dalat
 Tempat Wisata di Da Lat (klik di sini!)
27 Oktober 2012: stop over di Nha Trang, keliling kota Nha Trang, dan malam hari melanjutkan perjalanan ke Hoi An
 Tempat Wisata di Nha Trang (klik di sini!)
28 Oktober 2012: pergi ke My Son & keliling kota Hoi An
 Tempat Wisata di Hoi An (klik di sini!)
29 Oktober 2012: melanjutkan perjalanan ke Hue & keliling kota Hue
 Tempat Wisata di Hue (klik di sini!)
30 Oktober 2012: melanjutkan perjalanan ke Danang melalui Hai Van Pass, stop over di Ba Na Hills
 Tempat Wisata Hai Van Pass & Ba Na Hills (klik di sini!)
31 Oktober 2012: keliling kota Danang & pulang ke Surabaya melalui Kuala Lumpur
 Tempat Wisata di Da Nang (klik di sini!)

Keseluruhan tempat wisata di Vietnam Selatan & Tengah ini terbilang cukup murah & benar-benar tidak disangka! Satu-satunya yang cukup mahal mungkin adalah Ba Na Hills, dengan single cable car yang terpanjang di dunia (menurut Guinness World of Record). Tetapi harga tersebut tentunya terbayarkan dengan view dari cable car, pemandangan puncak Ba Na yang indah, dan juga fantasy park yang menakjubkan di Ba Na Hills. Dulunya saya selalu menganggap bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan pemandangan Halong Bay di Vietnam Utara, ternyata dengan traveling ke Vietnam Selatan & Tengah ini lebih membuka mata saya, dan bisa memperlihatkan bahwa banyak tempat wisata yang indah di Vietnam. Saya sendiri akan kesulitan untuk memilih, apakah lebih baik pergi lagi ke rute Vietnam Utara, atau ke rute yang sekarang ini, dari Vietnam Selatan sampai dengan Vietnam Tengah.

Untuk perincian biaya selama saya bepergian ke Ho Chi Minh sampai dengan Danang, dapat dilihat di sini:

Perincian Biaya & Harga Liburan Murah ke Vietnam Selatan & Tengah

Foto Selengkapnya di FB Page kita: Facebook Liburan Murah | Cheap Travel

Pilihan Hotel di Vietnam

Pilihan hotel saya di beberapa kota yang saya singgahi yaitu sebagai berikut (semua hotel yang saya pilih berada di lokasi yang sangat strategis, mempunyai review yang baik, dari Agoda maupun TripAdvisors, dan paling penting punya family room / triple room untuk bertiga yang sesuai dengan budget kita) :

Masih bingung memilih hotel di Vietnam? Sebenarnya memang ada banyak sekali pilihan hotel murah di Vietnam. Sebagian mempunyai lokasi yang strategis, dengan berbagai range harga (mulai dari 10 USD sampai dengan 50 USD ke atas). Jadi sebaiknya survei dahulu untuk menentukan pilihan hotel yang terbaik untuk anda. Atau apabila tidak mau repot, bisa membeli buku #WisataHematVietnam #Elexmedia #PesanSponsor :p

5 Comments

1. Fredy
    Mar 08, 2013 @ 06:34:19

Sangat bermanfaat isi website ini. Kebetulan saya juga suka travelling budget rendah ^^

2. nurma
    May 20, 2013 @ 10:33:20

saya rencana bulan juli mau ke hanoi halong bay, pengennya atur sendiri dari surabaya, tapi kata org2 disana susah, harus pake tour guide, mereka tdk bisa bahasa inggris. pengennya ke hanoi dulu trus ke ho chi minh,

saya pengennya tour berangkat antara tgl 02 juli ke atas (terserah kapan yang murah) rute sbb :

- JKT – Hanoi ke halong bay ( kapalnya yang bagus) cukup satu malam di halong bay nya, Sapa – Taphin Village – Lao Cai
    - Hanoi – Ho Chi Minh mau nya ke Ben Thanh Market, Saigon Notre-Dame, Sand Dunes (Mui Ne), Da Lat, Nha Trang

tolong informasinya, mengenai pesawat dan penginapnnya

thanks — nurma (nnanong@yahoo.com)

• andykristono
      May 21, 2013 @ 06:46:43

Kita bukan travel agent mbak Nurma, tapi kita bisa bantu memberi info liburan murah ke Vietnam. Pesawat murah / budget airlines seperti Air Asia, Tiger Airways atau Cebu Pacific sekarang ini tidak ada yg direct dr Jakarta ke Vietnam, baik Hanoi maupun Ho Chi Minh, tetapi saya belum cek ke Vietnam Airlines.

Untuk rute bisa dibolak-balik antara Hanoi & Ho Chi Minh, tetapi kalau mau menjelajahi seluruh tempat wisata saran saya sebaiknya dipisah, yaitu:
      * Hanoi, dengan pilihan wisata bisa ke Hanoi, Halong Bay, Tam Coc dan Sapa
      * Ho Chi Minh, dengan pilihan wisata bisa ke Cu Chi Tunnel, Ho Chi Minh City, Muine, Dalat, Nha Trang, kemudian bisa juga ditambah Danang, Hue & Hoi An.
      Karena apabila digabung tentunya membutuhkan waktu perjalanan yang cukup lama..

Pilihan tempat wisata di Vietnam tersebut dapat dibaca-baca dulu di blog kita: http://liburanmurah.info/category/liburan-ke-vietnam
      Sedangkan pilihan penginapan yang kita pilih bisa baca di: http://hotelmurahku.com/category/hotel-di-vietnam/

Terimakasih :)

3. hendra
    Jul 11, 2014 @ 12:10:48

Halo mas andy, saya member baru grup fb liburan murah. Menarik sekali membaca kisah perjalanan mas andy kristono di atas. kebetulan saya pengen jalan2 ke vietnam, tapi berhubung waktunya belum jelas dan mungkin sendirian, maka saya ingin pake tour saja biar tidak ribet. Saya lihat tour vietnam sunrise travel nya pak william tsb sangat recommended, jadi saya ingin pake tour tsb aja. Bisa diberitahu caranya mas, apakah guide tournya ada yg bisa bahasa indonesia? terima kasih

• andykristono
      Aug 07, 2014 @ 04:26:53

Maaf baru me-reply. Kalau yang saya pakai tour guide bahasa Inggris mas Hendra. Mungkin juga bisa request tour guide yg bisa Indonesia, coba saya tanyakan dulu. Berikutnya email saja ke kita liburanmurah.info(at)yahoo.com nanti saya bantu lebih lanjut. Thanks mas Hendra..