Wisata Pulau Komodo Yuk!

Wisata Pulau Komodo Yuk!

wisata-pulau-komodo-pulau-kelor

Sekilas tentang Labuan Bajo & Wisata Pulau Komodo

Kota Labuan Bajo & Wisata Pulau Komodo

Tulisan Berseri Pertama (1) blog Liburan Murah tentang Wisata Pulau Komodo

Ada apa saja di Wisata Pulau Komodo? Awalnya saya tidak terlalu tertarik untuk pergi ke kepulauan Komodo, karena yang ada dalam pikiran saya cuma untuk melihat komodo saja, kenapa harus pergi jauh-jauh ke sana? Ternyata sangat berbeda dari pikiran saya, karena selain melihat komodo di habitat aslinya secara dekat, pemandangan di sekitar kepulauan Komodo ini sangat menakjubkan. Alam di sekitar kepulauan Komodo yang indah, pantai dengan air laut yang jernih, dan juga berbagai ikan, binatang & karang laut yang berwarna-warni, tidak kalah dengan traveling luar negeri seperti ke pantai di Phuket misalnya.

Setelah Pulau Komodo terpilih sebagai New 7 Wonders of Nature, saya semakin tertarik & mulai melirik pulau Komodo sebagai salah satu destinasi tujuan saya berikutnya di Indonesia. Yang menjadi masalah sekarang adalah harga, karena kebanyakan tour ke pulau Komodo mematok harga yang cukup mahal, dan tidak masuk ke dalam bujet Liburan Murah.

Untungnya setelah menghabiskan beberapa waktu di internet & mencoba melakukan perjalanan mandiri ke Labuan Bajo, saya mulai menemukan beberapa alternatif berlibur murah ke pulau Komodo, dan mengatur perjalanan ke pulau Komodo ini tidak sesusah yang dibayangkan. Berikut saya ulas beberapa tips untuk berlibur murah ke pulau Komodo.

Apa itu kepulauan Komodo?

Kepulauan Komodo di Flores ini merupakan satu-satunya kepulauan di dunia yang dihuni oleh habitat asli komodo yang masih alami. Komodo yang berada di Flores, Indonesia ini tidak hanya berada di pulau Komodo saja, tetapi juga ada di pulau lain, seperti pulau Rinca, dan pulau-pulau kecil lainnya. Panjang komodo bisa mencapai 3 meter, dengan berat 90 kilogram. Merupakan suatu kesempatan langka untuk menyaksikan binatang komodo di habitat aslinya, yaitu di alam liar di sekitar kepulauan Komodo.

Fakta Tentang Komodo

Komodo merupakan salah satu spesies kadal yang berbentuk besar, komodo ini dapat ditemukan di Indonesia. Binatang yang sudah mulai jarang ditemukan ini terdapat di kepulauan Flores, dan beberapa pulau kecil lainnya. Area kepulauan Komodo ini dikenal juga dengan nama Komodo National Park (Taman Nasional Komodo), dan pada tahun 1991 Taman Nasional Komodo ini diresmikan sebagai salah satu UNESCO World Heritage Site.

Perkiraan jumlah Komodo sekarang diperkirakan kurang dari 5500. Mereka tinggal di sekitar area Komodo National Park, dan beberapa ada yang terlihat di pulau kecil di sekitar kepulauan Flores. Komodo juga salah satu hewan yang terancam punah, sehingga termasuk satwa langka yang dilindungi di Indonesia.

Populasi komodo terbanyak di berbagai pulau:

  • Pulau Komodo: 1700
  • Pulau Rinca: 1300
  • Pulau Flores: 1000
  • Pulau Padar: 300
  • Pulau Matang: 100

Sedangkan sisanya tersebar di pulau kecil lain di kepulauan Flores.

Karakter fisik Komodo

Komodo atau seringkali disebut juga “komodo dragon” karena bentuknya yang menyerupai naga, dapat tumbuh hingga panjang 3 meter. Sedangkan rata-rata panjang Komodo normal yang dapat ditemui di kepulauan Komodo ini sekitar 2,5 meter dengan berat 90 kilogram. Untuk komodo betina, ukuran panjangnya biasa lebih kecil daripada komodo jantan, dengan rata-rata berat sekitar 65 kilogram. Untuk komodo yang masih kecil, ukuran sekitar 75 centimeter. Masa hidup komodo ini bisa mencapai umur 50 tahun.

Seperti ular, komodo ini mengunakan lidahnya yang bercabang untuk mengikuti jejak dari bau. Kebanyakan komodo mencari makan dengan menyergap mangsanya, tetapi mereka dapat juga bergerak hingga kecepatan 20 mil per jam (sekitar 32 kilometer per jam). Gigitan komodo ini sangat mematikan, karena air liur komodo mengandung berbagai jenis bakteri, yang dapat menimbulkan infeksi yang cepat. Komodo tumbuh dewasa pada umur 8-10 tahun, dengan komodo betina yang dapat bertelur antara 15-30 telur. Terdapat 4 kali lebih banyak komodo betina dibandingkan dengan komodo jantan.

Sekilas tentang Kota Labuan Bajo, kota pelabuhan terdekat menuju ke pulau Komodo dengan kapal

Berasal dari kata “Labuan” yang berarti tempat persinggahan, dan “Bajo” yang merupakan nama suku yang berasal dari Sulawesi. Terletak di ujung barat Pulau Flores, Labuan Bajo merupakan gerbang masuk utama Flores dari barat sekaligus gerbang masuk pelabuhan ke Taman Nasional Komodo. Ibu kota Kabupaten Manggarai Barat ini semakin ramai dipadati turis (terutama turis asing) yang ingin melihat Komodo di habitat aslinya. Dulunya merupakan kota kecil, sekarang berkembang menjadi kota turis / kota wisata yang ramai. Sekarang ini hotel, kafe, restoran, dan operator selam (diving) semakin banyak bermunculan di Labuan Bajo.

Dari kota Labuan Bajo, anda bisa mencari berbagai pilihan cruise yang berangkat ke wisata pulau Komodo dan sekitarnya. Ada berbagai pilihan cruise / kapal, dan anda juga bisa booking full 1 kapal, khusus dipakai untuk anda dan teman / sanak saudara! Dan biasanya fasilitas di dalam kapal ini sudah termasuk makan & minum.

Tunggu cerita #LiburanMurah tentang Flores, wisata Pulau Komodo dan kota Labuan Bajo berikutnya yah!

Leave a Reply