Wisata Rammang-Rammang Karst Maros Sulawesi Selatan

Tahukan anda, di Indonesia terdapat kompleks pegunungan kapur terbesar kedua di dunia, wisata Rammang-Ramang Karst Maros? “Karst Maros is the second largest karst area known in the world after the one in South-Eastern China.” – Wikipedia

Hari ketiga

Jam 9 pagi kita check out dari hotel, kemudian berangkat melanjutkan perjalanan menuju ke daerah Maros. Rute kita hari ini menuju ke wisata Rammang-Rammang Karst Maros di daerah Pangkep Sulawesi Selatan dan lanjut ke Bantimurung. Apabila sempat pengin mampir juga di Leang-Leang, tapi ternyata tidak keburu karena menghabiskan waktu terlalu lama di Rammang-Rammang Karst Maros. Kenapa ya?

Jawabannya karena wisata Rammang-Rammang Karst Maros ini salah satu wisata alam, yang menurut saya lho ya, berkelas international. Dibandingkan beberapa tempat wisata alam terkenal di luar negeri yang sudah pernah saya kunjungi, saya rasa Karst Maros ini sangat indah & tidak kalah dengan tempat wisata luar negeri, terutama apabila dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Kalo admin Andreas Prayoga di group FB Liburan Murah yang kapanhari tanya perbandingan dengan stoneforest (hutan batu) di Yunnan, jawaban saya utk bentukan batu kapur kecil, Yunnan memang jauh lebih banyak. Tapi utk karst (gunung batu kapur), di Ramang-Ramang ini lebih banyak, masih natural, ditambah dengan suasana pedesaan yg membawa kita kembali ke alam. Seakan kita dibawa memasuki dunia lain yg terpencil, dengan suasana kehidupan penduduk desa yang masih alami. MUST VISIT, terutama kalo pas mampir Makassar, Sulawesi Selatan!

Wisata Ramang-Ramang Karst Maros Sulawesi Selatan

Wisata Rammang-Rammang Karst Maros

Agak sulit juga mencari daerah Rammang-Rammang ini. Terlebih lagi supir mobil sewaan kita ternyata tidak pernah membawa tamu ke Rammang-Rammang. Sempat menelpon temannya, akhirnya kita coba bertanya ke orang di jalan. Tidak lama kemudian, akhirnya kita menemukan dermaga kecil tempat pemberangkatan perahu menuju ke wisata Rammang-Rammang Karst Maros.

Sepanjang perjalanan, kita akan dibawa menelurusi berbagai jenis batu kapur kecil dengan menggunakan perahu kecil. Agak terombang-ambing sedikit, tapi anak-anak justru malah senang dan dapat pengalaman baru. Begitu sampai di tengah pegunungan batu kapur, kita berhenti sambil beristirahat di satu-satunya warung di tengah pegunungan batu kapur Rammang-Rammang. Pegunungan kapur yang tinggi mengelilingi beberapa rumah penduduk, menimbulkan decak kagum bagi kita yang pertama kali melihatnya.

Suasananya sangat asri, melihat penduduk desa beraktivitas, lengkap dengan bebek, sapi di tengah persawahan, sampai dengan rumah penduduk di sekitar wisata Rammang-Rammang Karst Maros. Sangat indah & alami, pengin rasanya menghabiskan waktu di sini sampai sore. Sambil menyantap mie instan yang kita beli di warung, tapi rasanya seakan berada di resto suasana tropis alami yang sekarang ini banyak menjadi konsep resto maupun hotel di perkotaan. Agak lebay sedikit, tapi gpp kan, hehe :p

Perjalanan menuju Wisata Rammang-Rammang Karst Maros Rammang-Rammang Karst Maros Berbagai hewan di Ramang-Ramang Berbagai hewan di Rammang-Rammang Suasana alami di Rammang-Rammang

Wisata Bantimurung – Air Terjun & Rumah berbagai jenis Kupu-Kupu

Setelah dari Ramang-Ramang, kita mampir sebentar ke Bantimurung. Bantimurung merupakan tempat wisata yang sudah lebih dahulu terkenal di Maros. Merupakan tempat wisata luar kota bagi para penduduk kota Makassar, terutama untuk menghabiskan waktu di saat weekend atau libur panjang.

Air terjun dengan debit air yang keras, lengkap dengan sungai yang menerus dari air terjun di Bantimurung. Sangat asyik terutama bagi keluarga yang senang bermain air. Beda dengan waterpark buatan, di sini kita bisa bermain air secara alami, memanfaatkan debit air terjun yang keras dengan sungainya yang panjang. Banyak anak yang bermain seluncuran di sungai. Bisa dengan menggunakan ban, maupun langsung berseluncur di sela-sela bebatuan licin dibantu oleh dorongan air terjun. Kelihatannya asyik juga, tapi sayang kita sekeluarga tidak membawa baju renang ke Bantimurung. Tapi harap tetap berhati-hati ya teman-teman, terutama untuk keluarga dengan anak yang masih balita. Maklum batu cukup licin, cukup berbahaya terutama apabila kita terpeleset & terantuk batu.

Bantimurung juga terkenal sebagai rumah dari berbagai jenis kupu-kupu. Sayangnya waktu kita ke sana, mungkin bukan musimnya kupu-kupu keluar. Sangat jarang kupu-kupu yang beterbangan. Tapi kita masih dapat melihat berbagai jenis kupu-kupu di museum kupu-kupu, dekat dengan pintu masuk utama Bantimurung.

Bantimurung Kingdom of Butterflies Museum Kupu-Kupu Bantimurung Air Terjun Bantimurung Wisata Rammang-Rammang Karst Maros

One Comment

1. Inggit e
    Nov 10, 2015 @ 05:48:25

Kemarin mampir kesini, dan bermalam. Setelah melihat alam dan keramahan warga kampung berua, tempat ini memang bener2 recomanded untuk dikunjungi.