Wisata Tanjung Bira Sulawesi Selatan

Hari pertama Wisata Tanjung Bira Sulawesi Selatan

Kapal Phinisi, Amatoa Resort & Bira Beach

Hari ini kita akan langsung menuju ke wisata Tanjung Bira di Sulawesi Selatan. Breakfast dulu di Makassar, kemudian kita melanjutkan perjalanan langsung non-stop menuju Tanjung Bira melalui kota Gowa (kalau saya tidak salah ingat). Perjalanan cukup panjang, antara 4-5 jam. Hampir mencapai Tanjung Bira, kita stop dulu di tempat pembuatan kapal Phinisi, sambil melihat proses pembuatan kapal dan foto-foto dahulu. Segera melanjutkan perjalanan, 30 menit kemudian kita sudah sampai di Tanjung Bira.

Kita segera check-in hotel Patma Bira, menaruh bagasi di kamar, dan kemudian terdengar suara perut yang sudah mulai lapar, saatnya makan siang! Sudah planning dari awal, makan siang ini kita berjalan kaki naik bukit menuju ke Amatoa Resort. Dari pertama muncul keinginan ke Tanjung Bira, Amatoa Resort ini sudah masuk dalam list saya karena viewnya yang sangat indah. Biaya penginapan cukup mahal dan tidak terjangkau di kantong kita. Dapet saran dari salah satu teman mbak Tris Sulis, bahwa kita bisa lihat view di Amatoa Resort cukup dengan makan di sini. Dan ternyata makan siang di sini tidak terlalu mahal, harga ayam rica-rica plus nasi cuman 50 ribu dengan porsi lumayan banyak (bisa dimakan saya dan anak berdua). Kemudian porsi BBQ berdua cuman 150 ribu, dengan ikan+udang+sayur. Cukup mengenyangkan bahkan untuk dimakan kita ber-6, yaitu 4 dewasa & 2 anak.

Amatoa Resort Tanjung Bira Hotel Resto Kapal Bira Beach

Siang sampai dengan sore ini kita menghabiskan waktu santai makan di Amatoa Resort sambil berfoto, kemudian lanjut mampir sebentar ke pantai Bira. Sekeliling pantai Bira sangat bagus. Yang membedakan dengan pantai lain terutama di pinggir kiri pantai Bira, di mana terdapat bentukan batu yang menjorok ke pantai dengan bangunan villa khas Tanjung Bira. Sedangkan di pinggir kanan pantai terdapat hotel & restaurant yang berbentuk mirip seperti kapal.

Malam harinya, tidak ada kegiatan, kita mampir ke satu-satunya warung yang terlihat cukup nyaman di Tanjung Bira ini, yaitu warung Bambu. Rasa makanan cukup enak, dengan menu khas seafood, (lagi-lagi) ikan bakar! Tidak menyangka juga, ketemu salah satu bekas mahasiswa di Universitas Ciputra yang juga jago traveling, Martha Yuliana. Martha ini juga pernah menulis beberapa kali di blog Liburan Murah 🙂

Bara Beach Tanjung Bira

Hari kedua Wisata Tanjung Bira Sulawesi Selatan

Bara Beach, Penangkaran Penyu & Pulau Liukang

Hari ini rute kita cuman menuju ke pulau Liukang sampai dengan siang hari, kemudian balik perjalanan panjang menuju ke kota Makassar. Setelah tawar-menawar harga, sewa kapal kita dapatkan seharga 300 ribu dari pak Gansar (HP 0812 5694 2404), dengan rute ke pantai Bara, penangkaran penyu, spot snorkeling dekat penangkaran, dan pulau Liukang.

Pertama kali kita menuju ke pantai Bara. Kemudian menuju ke spot snorkeling dekat penangkaran penyu & berhenti lumayan lama untuk snorkeling. Setelah itu kita menuju ke tempat penangkaran penyu. Cukup banyak penyu di tempat penangkaran ini, mulai dari penyu yang masih kecil, sampai dengan penyu dewasa yang cukup besar. Pemberhentian terakhir kita di pulau Liukang. Kita berhenti sebentar untuk makan siang. Hmmm, makan siang ala rumahan yang enak, ada tempat berteduh di tepi pantai, minum kelapa sambil melihat anak-anak main pasir di pantai. Heaven!

Penangkaran Penyu Pulau Liukang Penangkaran Penyu Tanjung Bira Pulau Liukang Tanjung Bira

Snorkeling di dekat pulau Liukang ini juga termasuk surprise bagi saya, karena sebelumnya menganggap remeh keindahan wisata Tanjung Bira, dengan nggak membawa camera underwater. Ternyata spot snorkeling bawah laut di Tanjung Bira ini lebih bagus dari Karimunjawa (menurut saya). Tapi disatu sisi senang bisa mengajak anak saya yang besar pertama kalinya snorkeling, dan melihat keindahan alam bawah laut di Indonesia tercinta ini..

Selepas dari wisata Tanjung Bira, siang ini kita melanjutkan perjalanan kembali ke kota Makassar. Apalagi yang menarik sekitar tempat wisata di Sulawesi Selatan? Baca trip kita hari berikutnya ke Rammang-Rammang!