Penerbangan Murah: Via Singapore atau Kuala Lumpur?

Penerbangan Murah: Via Singapore atau Kuala Lumpur?

Penerbangan Murah via Singapore atau Kuala Lumpur?

Pada suatu hari, saya lagi membaca koran di Jawa Pos, kemudian ketemu berita tentang Shanghai Expo. Waktu itu pikiran saya, waah, ini Expo pameran barang-barang buatan China.. Lho, tapi kok ada negara macam2, Indonesia, Jerman, Jepang, Inggris, dll…

Ternyata Shanghai Expo ini merupakan Expo dunia (World Expo), yang diadakan tiap 5 tahun sekali, dan sangat jarang diadakan di Asia, kebanyakan di Eropa atau Amerika. Salah satu peninggalan bangunan Expo yaitu Menara Eiffel di Paris.

Setelah itu, langsung semangat ’45 untuk pergi ke Shanghai, dan pencarian tiket penerbangan murah ke Shanghai dimulai…

Pilihan pertama, sudah pasti Air Asia! Tetapi kok harga sudah lumayan mahal, yaitu sekitar Rp. 3,4 juta-an, untuk penerbangan Kuala Lumpur-Hangzhou pp, lagian Air Asia turunnya di kota Hangzhou, dari situ kita harus naik kereta lagi ke Shanghai, untuk kereta cepat lamanya sekitar 1,5 jam.

Trus coba cari, cari dan cari, akhirnya ketemu juga tiket murah lain! Harga lebih murah dibanding AA, yaitu melalui Singapore (untuk AA kebanyakan melalui Kuala Lumpur terlebih dahulu).

Tiket tersebut saya beli melalui travel agent di Singapore. Sedangkan awalnya saya mencoba cek di beberapa website, antara lain:

Viasingapore.com

Chanbrothers.com

Airfares.com.sg

Akhirnya ketemu juga flight ke Shanghai di Chan Brothers Travel, Singapore-Shanghai (via Kunming) by China Eastern Airlines (MU) dengan harga SGD $ 392 (sekitar Rp. 2,7 juta waktu itu). Jadi flight ini nantinya langsung turun ke Shanghai Airport. Trus enaknya lagi kita dapet makan, lain dengan AA yang untuk makan kita harus pesan makanan sendiri..

Tapi ada juga repotnya, untuk pesan lewat travel agent Singapore ini, kita diberi batas waktu pembayaran hanya dalam waktu 1 hari. Untung waktu itu ada saudara yang bisa membantu, jadi akhirnya saya bisa juga berangkat ke Shanghai…!! 🙂

Jadi intinya, buat para backpackers dan teman-teman liburan murah, untuk tiket penerbangan murah selama ini yang kita tahu (atau yang saya tahu?) kebanyakan cuman melalui AA. Ternyata sekarang ada juga alternatif lain, yang tidak kalah murah…

Semoga bisa membantu teman-teman yang lain, dan nantikan posting-an tentang Shanghai Expo yaa..!! 🙂

NB: Harga di atas belum termasuk harga penerbangan dari Indonesia ke Kuala Lumpur, atau Indonesia ke Singapore…

INFO PENERBANGAN / TIKET PESAWAT TERMURAH, klik di sini:

http://liburanmurah.info/tiket-murah-cheap-flights

5 Comments

  1. joel
    Jun 25, 2010 @ 16:33:13

    wah mantab juga, tp berapa biaya penerbangan ke singapore nya? dan apa bisa kt beli tiket via agen singapore? itu masalah aturan visa nya gmn? maaf saya masih nubi om..

    Reply

  2. admin
    Jun 26, 2010 @ 01:54:50

    Kalo mau murah meriah, dari Jogja / Jakarta, cuman 500 ribu-an, udah pulang pergi ke Singapore, pake Air Asia…. 🙂

    Reply

    • azwar hamzah
      Sep 24, 2011 @ 15:04:35

      kl mau tahu info paket liburan ke singapura bagaimana caranya yah?

      Reply

      • andykristono
        Oct 18, 2011 @ 13:34:16

        Kita “info liburan murah” pak, jadi kita memberikan informasi cara-cara berlibur murah dengan cara bepergian mandiri. Mungkin bisa coba buka link header tentang “Singapore“, atau buka category “Singapore” di blog kita pak, semoga bisa membantu..

        Reply

  3. Turis Indie
    Jul 07, 2010 @ 17:51:42

    Nah ke Singapore nya itu yang kadang mahal kadang murah. anyway nice share 🙂

    Reply

Leave a Reply